Batik Berau Kalimantan Timur

Beragam motif Batik Berau

Batik Indonesia memiliki banyak motif dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari sabang sampai merauke. Kita biasanya mendengar dan mengenal batik banyak yang datang dari daerah Jawa. Tapi ternyata daerah Berau, Kalimantan Timur juga sudah memiliki batik yang bisa dijadikan oleh-oleh tangan bagi wisatawan yang berkunjung.

Motif

Pada awalnya Berau sudah memiliki batik Berau Motif Cawul yang memiliki beberapa motif busak kangkung dengan tiga motif awal, yaitu Busak Kangkung Balilit, Busak Kangkung Sarayak dan Busak Kangkung Taggu, penyu dan pernik asesoris kerajaan daerah Berau juga melengkapi corak motif ini, yang telah di kenalkan pada masyarakat sekitar tahun 2010 lalu.

Motif Penyu

Tapi yang unik adalah daerah Berau memiliki batik dengan motif penyu. Alasan pemilihan penyu pun dinilai karena Berau adalah salah satu tempat berkembangnya habitat penyu terbesar, khususnya di Kepulauan Derawan.

Motif Rutun Penyu

Motif Rutun Putih

Rutun adalah sejenis tumbuhan khas paku-pakuan yang hidup pada daerah berawa, denhan bentuk unik dengan daunnya yang meyerupai jenis daun paku. Namun lebih kecil dan lembut, sehingga jenis tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai salah satu jenis tumbuhan sayuran tradisional yang biasa dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Berau jaman dulu pada khususnya. Namun sangat disayangkan, warisan leluhur ini semakin hilang tergerus oleh jaman.

Daun Rutun

Batik Berau motif Rutun ini menjadi khas dan unik, karena coraknya yang bernuansa tradisional menggambarkan unsur-unsur kekayaan potensi alam wilayah berau: daun Rutun, penyu hijau, bintang laut juga sulur-sulur rotan yang melatarinya.

Motif Rutun Penyu

Motif Rutun Penyu

Motif Linang Caramin

Motif Linang Caramin

Menggambarkan tradisi lokal penduduk yang jernih dan bersahaja, bahwa hidup ini akan tenang jika menjadikan alam sebagai cerminan kehidupan, senantiasa mawas diri, bersatu dengan alam anugerah Sang Penguasa Kehidupan.

Motif Ikan Pari Manta

Motif Ikan Pari Manta

Motif batik wisata nan unik ini dalam versi lukisan batik ini berpadu dengan daun rutun dan rotan yang menambah kesan natural kekayaan alam Berau Kalimantan Timur. kesan eksklusif makin nampak dengan adanya motif tumpal berupa susunan kerang berjejer apik…inilah sisi lain seni batik, Yang biasa, jadi luar biasa.

Motif Ikan Pari Manta warna Gold

Motif Ikan Pari Manta warna Gold

Motif Hiu Tutul Talisayan (Whale Shark)

Motif Hiu Tutul Talisayan

Motif Black Hiu Tutul Talisayan

Motif Black Hiu Tutul Talisayan

Motif Kakao


Motif Kakao

Sumber: batikberau

One thought on “Batik Berau Kalimantan Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.