Wisata Sejarah di Kabupaten Ciamis Jawa Barat

Rumah Kuno di Desa Wanasigra

Ciamis merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian tenggara Jawa Barat yang telah berdiri sejak tahun 1642. Keberadaan Ciamis tercatat dalam berbagai naskah sejarah sebagai pusat Kerajaan Galuh. Situs Karangkamulyan adalah bukti kuat peninggalan kerajaan bercorak Hindu-Buddha tersebut dan kini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Ciamis.

Stasiun Ciamis

Stasiun Ciamis (http://keretaapikita.com)

Stasiun Ciamis terletak di Jl. Stasiun, Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat merupakan stasiun kereta api kelas II, berada dalam Daerah Operasi II Bandung. Terletak pada ketinggian +199 meter di atas permukaan laut, Stasiun Ciamis mulai beroperasi sejak tahun 1894.

Stasiun Ciamis (https://railfansid.fandom.com)

Stasiun Ciamis menjadi bagian dari lintas Bogor-Bandung-Banjar-Kutoarjo-Yogyakarta. Menuju arah timur, stasiun berikutnya adalah Bojong. Sedangkan ke arah barat, stasiun selanjutnya adalah Manonjaya. Memiliki 4 jalur, hanya 2 jalur Stasiun Ciamis yang dipakai untuk kereta. Jalur 1 sering menjadi tempat persilangan atau tempat kereta melintas langsung. Sementara itu, jalur 2 biasa dipakai sebagai tempat berhenti atau persilangan kereta.

Rumah Kuno Sindangkasih dan Cikoneng

Arsitektur Rumah Kuno di Sindangkasih dan Cikoneng Ciamis Jawa Barat lebih bergaya Eropa dan China. ini terlihat dari kaca depan rumah yang berwarna warni serta tembok berupa susunan batu besar dengan motif ukiran cat hitam putih khas bangunan eropa. Di bangun sekitar tahun 1920 sampai 1930.

Cerita masyarakat sekitar menyebutkan bahwa pada masa lalu, di wilayah Sindangkasih dan Cikoneng terkenal dengan Tembakau serta Kain batik. dan keberadaan rumah kuno tersebut dulunya di miliki oleh para juragan batik dan tembakau.

Rumah Kuno Sidangkasih

Rumah Kuno (https://www.denianggoleta.com)

Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tercetak tahun 1933 pada atas pintu utama.

Di Desa Warnasigra, terdapat 23 rumah kuno yang dibangun pada masa sebelum kemerdekaan. Dari jumlah itu, tiga diantaranya dibangun pada sekitar tahun 1930-an. Sementara 20 rumah kuno lainnya dibangun pada tahun 1940-an.

Rumah Kuno (https://www.denianggoleta.com)

Rumah Kuno (https://www.denianggoleta.com)

Rumah Kuno Cikoneng

Bangunan kuno bergaya arsitektur China-Eropa ini banyak ditemukan di wilayah Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Rumah Kuno (https://travel.detik.com)

Rumah Kuno Cimari

Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, sedikitnya ditemukan 5 bangunan rumah kuno yang hingga kini masih terawat dengan baik. Bahkan, 5 bangunan rumah kuno di Desa Cimari diperkirakan lebih tua usianya dibanding rumah kuno yang berada di Desa Warnasigra. Pasalnya, ada salah satu rumah kuno yang pada dindingnya bertuliskan angka 1901. Diduga angka itu menunjukan tahun saat dibangunnya rumah tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.