Wisata Sejarah di DKI Jakarta

Istana Negara (https://id.wikipedia.org)

Jakarta adalah ibukota dari Indonesia, banyak orang berbondong-bondong pergi ke Jakarta dengan berbagai tujuan, salah satunya adalah untuk mencari lapangan pekerjaan. Begitu dikenalnya Jakarta sebagai pusat bisnis Indonesia membuat jumlah penduduk di Jakarta dalam setiap tahunnya meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Museum Bank Indonesia (https://wisatasekolah.com)

Sedikit melirik sejarah Jakarta, perlu diketahui bahwa dulunya sebelum memakai nama Jakarta,Ibukota Indonesia banyak mengalami perubahan nama dimulai pada abad ke-14 dengan sebutan Sunda Kelapa, kemudian berganti menjadi Jayakarta. Tahun 1961 dibentuk Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya. Pada tanggal 31 Agustus dengan UU No. 10 tahun 1964 dinyatakan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya tetap sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia dengan nama Jakarta. Tahun 1999 sebutan pemerintah daerah berubah menjadi pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Wilayah Jakarta yang terbagi menjadi 6 wilayah yaitu 5 wilayah kotamadya (Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan) dan satu kabupaten kepulauan Seribu.

  1. Jakarta Barat
  2. Jakarta Utara
  3. Kabupaten Kepulauan Seribu
  4. Jakarta Pusat
  5. Jakarta Timur
  6. Jakarta Selatan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.