TWAL Teluk Kupang NTT

Pulau Kera (http://paradizhop.blogspot.com)

Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Kupang berada di bagian barat Pulau Timor dan berbatasan dengan Laut Timor, terletak ±3 km dari Kota Kupang dengan luas 66,138 Ha. Secara administrasi pemerintahan, masuk ke Kecamatan Kupang Barat dan Kecamatan Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

 

TWAL Teluk Kupang mencakup hampir seluruh perairan teluk yang terletak tepat di depan Kota Kupang. Kota Kupang merupakan ibukota Provinsi NTT sehingga merupakan kota terbesar dengan berbagai pusat kegiatan pemerintahan, perdagangan, dan pelayanan jasa di Provinsi NTT.

Teluk Kupang Nomor 18/KPTS-II/93 tanggal 28 Januari 1993, adalah 50.000 ha, yang terbentang sepanjang pantai Teluk Kupang, Pulau Burung, TWAL Teluk Kupang, Pulau Tikus, Pulau Kera, Pulau Kambing, Pulau Tabui, dan Pulau Semau.

Pulau Kera

Pulau Kera yang nggak ada Kera-nya (http://dearaujotourism.blogspot.com)

Pulau Kera adalah salah satu pulau kecil di dalam kawasan TWAL Teluk Kupang yang terletak antara Pulau Semau dan Pulau Timor, dan memiliki ciri khas tersusun atas hamparan pasir putih. Tekstur pasir di Pulau Kera sangat berbeda dengan tekstur pasir di Pulau Semau dan Pulau Timor. Pulau Kera, di samping memiliki hamparan pasir putih, juga memiliki berbagai jenis ikan karang, terumbu karang, dan pemandangan laut yang sangat indah merupakan antraksi wisata yang dapat ditawarkan pada para wisatawan. Apabila Anda ingin mengunjungi pulau tersebut maka kita bisa menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh 1-2 jam bergantung pada keadaan laut.

Diving di Pulau Kera, TWAL Teluk Kupang (http://sengpaku.blogspot.com)

Flora

Beringin, Waru laut, Ketapang, Kelapa, Kesambi, Asam, Bidara, Puat, dan Lontar.

Fauna

Duyung, Lumba-lumba, Penyu sisik, Penyu hijau, burung Kuntul karang, Camar, Elang laut, Koakiu, Raja udang, serta lebih dari 21 biota karang yang didominasi oleh keluarga Acroporidae.

Aktivitas Wisata

Snorkeling, menyelam, berenang, selancar, bersampan, ski air, fotografi bawah air, berlayar, wisata pendidikan dan penelitian, dan berfoto.

Aksesibilitas

  • Kupang – Sulamu – Kupang – Tenau
  • Untuk mencapai pulau-pulau yang berada dalam kawasan TWA Teluk Kupang dapat dijangkau mengunakan perahu motor dari pelabuhan laut Tanau, Bolok dan Namosain.

Informasi lebih lanjut hubungi

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Timur (BBKSDA) NTT
Jl. SK Lerik, Kelapa Lima, Kupang, Nusa Tenggara Timur 85228.
Email: bbksda_ntt@yahoo.co.id
Telp.: (62380) 832211 atau +62 811 3810 4999

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.