TWAL Pulau Moyo Sumbawa NTB

TWAL Pulau Moyo (https://id.wikipedia.org)

Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Pulau Moyo terletak di Desa Labuan Aji dan Desa Sebotok, Kecamatan Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB, dengan luas 6.790,46 Ha. Memiliki pantai putih dengan tipe ekosistem terumbu karang yang cukup unik yang relatif masih baik dan karakteristik biofisik perairan yang salah satunya berbentuk seperti tembok cina (cina wall) dengan berbagai keanekaragaman jenis biota laut.

Kondisi Umum

Kondisi airnya secara umum jernih dan khususnya di bagian yang dangkal penetrasi sinar matahari dapat mencapai dasar perairan. Hal tersebut memungkinkan pertumbuhan berbagai biota dasar perairan menjadi subur. Adapun pola arus nampaknya cenderung dipengaruhi oleh keadaan laut di sekitarnya seperti cuaca, tinggi gelombang dan pasang surut. Selain itu khususnya di perairan bagian selatan Pulau Moyo arus laut umumnya relatif deras mengingat daerah tersebut merupakan selat antara pulau tersebut dengan daratan Pulau Sumbawa.

Flora

Tipe vegetasinya merupakan vegetasi hutan pantai dataran rendah yang terdiri dari vegetasi pohon-pohonan, perdu atau semak belukar dan padang savana yang luas.

Fauna

Pulau Moyo juga merupakan surga bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa anda temukan di sini. Diantaranya adalah Kakatua kecil berkepala kuning (Cacatua sulphurea) serta burung Gosong (Megapodius reinwartditii). Burung yang terakhir memang unik karena mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.

Terumbu Karang

Lokasi Brang Sedo, Pulau Moyo

Beberapa jenis terumbu karang dapat ditemukan antara lain Acropora sp., Porites sp., Montastraea sp., Xenia sp., Sinularia sp., Pocillopora spp., Montipora venosa, Pachygeris spp., Cyphastrea sp. Jenis ikan antara lain ; Amphiprion ocellaris, Chromis amboinensis, Chromis caudalis, Chromis lincata, Chromis ralandi, Acanthurus nigrofuscus, Chaetodontoplus mesoleucus.

Daya Tarik Wisata

Lokasi Ai Manis, Pulau Moyo

Pulau Moyo merupakan salah satu destinasi wisata kelas dunia yang kerap dimanfaatkan selebritis mancanegara untuk berwisata sunyi.

Aktivitas wisata

  • Menikmati alam bawah laut dengan menyelam dan snorkeling, jet ski, fotografi bawah air dan pengamatan satwa perairan, juga anda dapat pula berjemur di hamparan pasir putih menikmati sengatan matahari, keindahan dan kesunyian alam Pulau Moyo.

Lokasi Tanjung Pasir, Pulau Moyo

  • Beberapa jenis kegiatan wisata yang dapat dilakukan meliputi jungle tracking, pengamatan satwa, dan wisata goa.
  • Pulau Moyo juga menawarkan akti1itas wisata pendidikan dan penelitian terhadap keanekaragaman hayati.

Waktu Kunjungan

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada bulan Juni dan Juli setiap tahunnya meskipun gelombang air laut mulai tenang dari April.

Aksesibilitas

  1. Mataram – Kayangan (darat ± 2 jam), – Pototano (ferry ± 2 jam, 80 km) – Sumbawa Besar (darat ± 2 jam) – Pulau Moyo (laut ± 1,5 jam).
  2. Bandara Internasional Lombok (BIL) – Praya – Kayangan (darat ± 2 jam) – Pototano (ferry ± 2 jam) – Sumbawa Besar (darat ± 2jam) – Pulau Moyo (laut ± 1,5 jam).

Informasi lebih lanjut hubungi

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat (Balai KSDA NTB)
Jl. Majapahit No.54B Mataram 83115
Fax / Telp: (62370) 627851
Email: bksdantb@gmail.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.