TWAL Gugus Pulau Teluk Maumere Sikka NTT

TWAL Gugus Pulau Teluk Maumere (http://kristiantospi.blogspot.com)

Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Gugus Pulau Teluk Maumere terletak di kawasan utara Pulau Flores dan berbatasan dengan Laut Flores. Secara administrasi pemerintahan, kawasan ini termasuk ke dalam empat wilayah kecamatan, yaitu, Kecamatan Waigete, Kecamatan Talibura, Kecamatan Alok dan Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Prov NTT. Kawasan terdekat yang berada sekitar 1 Km dari Kota Maumere, ibukota Kabupaten Sikka, memiliki luas sekitar 59.450 Ha yang membentang sepanjang pantai Teluk Maumere dan Laut Flores.

Kondisi Umum

TWAL Teluk Maumere (http://bbksdantt.menlhk.go.id)

Iklim di Kabupaten Sikka adalah iklim kering yang dipengaruhi oleh angin Muson, dengan musim hujan yang pendek, yang jatuh pada sekitar bulan Nopember hingga bulan Mei. Wilayah Kabupaten Sikka mempunyai curah hujan per tahun berkisar antara 1.000 mm– 1.500 mm, dengan jumlah hari hujan sebesar 60-120 hari per tahun. Pada akhir tahun 2009 musim penghujan datang tidak menentu berkisar antara bulan September. Kondisi ini dipengaruhi perubahan iklim global yang berdampak periode atau musim hujan dan kemarau yang sulit untuk diprediksi dan fenomena musim hujan dan musim kemarau yang ekstrim.

Flora

Hutan di TWAL Gugus Pulau Teluk Maumere (http://bbksdantt.menlhk.go.id)

Ekosistem TWAL Gugus Pulau Teluk Maumere terdiri atas hutan mangrove, hutan pantai, hutan savana, dan hutan dataran rendah. Hutan mangrove TWAL Gugus Pulau Teluk Maumere disusun oleh 16 spesies dari 8 famili, antara lain Sonneratia alba, Rhizophora apiculata, Pemphis acidula, Bruguiera gymnorhiza, dan Avicenia lanata. Hutan pantai didominasi oleh jenis Barringtonia asiatica, ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), dan pandan (Pandanus tectorius).

Jenis alang-alang (Imperata cylindrica) mendominas hutan savana. Adapun hutan dataran tinggi didominasi antara lain jenis bintangur (Calophylllum soulattri), emba (Podocarpus inibricatus), ipi (Intsia bijuga), keam (Cynometra reniiflora), wiilo (Grewia oriocarpa), pelawan (Eucalyptus urophylla), solo (Myristica sp), dan angsana (Pterocarpus indicus).

Fauna

Rusa Timor (http://bbksdantt.menlhk.go.id)

Rusa Timor, Elang, Tekukur, Perkutut, Pergam, Puyuh, Koak, Bangau putih, Penyu hijau, Penyu sisik, dan Duyung, beraneka jenis terumbu karang berbagai jenis ikan hias dan ikan karang serta jenis ikan komersial seperti Tenggiri, Tuna dan Layar.

Padang lamunnya tersusun atas 8 spesies, yaitu Enhalus acoroides, Halophilla ovalis, Halophila decipiens, Thalasia hempricii, Halodule uninervis, Syringodium isoetifolium, Cymodocea serrulata, dan Thalasia hemprichi. Padang lamun dan terumbu karang di TWAL Teluk Maumere juga menjadi sumber pakan bagi penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan duyung (Dugong dugon). Lumba-lumba (Dolphinus dolpin) juga dapat dijumpai pada kawasan perairan ini.

Terumbu Karang dan Biota

Beragam Terumbu Karang (http://bbksdantt.menlhk.go.id)

Sebanyak 24 jenis karang (soft dan hard coral) menyusun ekosistem terumbu karang dengan dominansi famili Acroporidae, dengan genus di antaranya di antaranya Montipora, Acropora, Lobiphyla, Pictirina, Stylophora, Porites, Pavana, Merlina, Varia, Hydropora, dan Galaxea.

Keberadaan terumbu karang mendukung kehidupan aneka ikan karang (262 jenis, 39 genus) dari keluarga Chaetodotidae, Serranidae, Lutjanidae, Lethrinide, dan Haemulidae dan ikan komersial seperti ikan tengiri (Scomberomorus conunerson), ikan tuna (Thunnus albacares), dan ikan layar (Isthoporus orientalis). Biota laut lainnya yaitu kima (Tridacna sp), troka/lola (Trocus niloticus), kepala kambing (Casis cornuta), nautilus, tedong-tedong (Lambis lambis), dan gastropoda lainnya.

Aktivitas Wisata

Menikmati panorama alam, lintas alam, pengamatan satwa, snorkeling, menyelam, berenang, selancar, bersampan, ski air dan fotografi bawah air.

Aksesibilitas

Kupang – Maumere (ferry ± 12 jam), dan dilanjutkan perjalanan darat.

Informasi lebih lanjut hubungi

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Timur (BBKSDA) NTT
Jl. SK Lerik, Kelapa Lima, Kupang, Nusa Tenggara Timur 85228.
Email: bbksda_ntt@yahoo.co.id
Telp.: (62380) 832211 atau +62 811 3810 4999

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.