Jenis-Jenis Perak untuk Perhiasan

Beragam produk perak

Sebagai bahan dasar perhiasan, perak harus memiliki kadar tertentu. Kadar ini menentukan seberapa murninya kandungan perak di dalam perhiasan. Jika kadar perak terlalu banyak, perhiasan akan mudah berubah bentuk karena terlalu lunak, sedangkan bila kadar perak kurang atau kadar bahan campuran terlalu tinggi, perak akan semakin mudah teroksidasi dan berubah warna menjadi kusam. Beberapa contoh perak yang digunakan dalam pembuatan perhiasan perak antara lain sebagai berikut:

Sterling Silver

Perak Celuk Bali (https://www.rentalmobilbali.net)

Jenis ini merupakan yang paling umum digunakan untuk pembuatan kerajinan dan perhiasan, dan juga telah ditetapkan sebagai standar perak internasional. Di Indonesia perak jenis ini sering juga disebut sebagai perak 925 karena perak murni yang terkandung dalam sterling silver sebesar 92,5%. Umumnya 7,5% lainnya adalah campuran tembaga. Sterling silver ini memiliki keunggulan beratnya yang ringan dan mudah dibentuk. Namun demikian, secara nilai, sterling silver tidak seberharga seperti perak murni (kadar 99,9%).

Silvadium

Salah satu contoh paduan perak dengan logam lain adalah silvadium. Logam ini mengandung emas dan palladium (salah satu bagian dari kelompok logam platinum). Campuran perak menyebabkan warna silvadium lebih terang dari emas atau platinum, mirip dengan warna emas putih berkarat 14 dan memiliki tingkat kekerasan yang lebih dari sterling silver. Keunggulannya adalah lebih tahan dari efek pemudaran/oksidasi. Campuran perak juga menyebabkan nilai logam ini lebih murah dari emas putih dan platinum. Logam ini pertama kali diperkenalkan oleh United Precious Metal Refining, USA.

Argentium

Logam campuran ini memiliki kandungan 970 kadar perak murni. Dibanding dengan sterling silver, logam ini memiliki kilauan yang lebih putih, penampilannya seperti emas putih, tapi harganya jauh lebih murah. Secara teknik, logam ini dapat dipanaskan hingga hampir dua kali lipat tahan suhu panas dari logam sterling silver biasa. Jenis logam perak ini diperkenalkan pada tahun 2009, dipatenkan dan menjadi merek dagang dari Argentinum Silver Company.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.