Hutan Mangrove Batu Karas Cijulang Kabupaten Pangandaran Jawa Barat

Gerbang PRPM Batu Karas Kabupaten Pangandaran (https://travel.kompas.com)

Hutan Mangrove Batu Karas terletak di Dusun Sanghyang Kalang, Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, merupakan Muara Sungai Cijulang yang langsung berhubungan dengan laut (Samudra Hindia). Pengaruh pasang surut sangat jelas terlihat. Hutan Mangrove Batu Karas dikenal sebagai Kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Batu Karas.

Adapun di dalam area seluas 20 hektare itu ada berbagai jenis mangrove mulai dari bruguiera exaristata, gymnorrhiza, parviflora, dan lain-lain. Proses penghijauanà terus dilakukan bertahap di sepanjang pantai di Pangandaran.

PRPM Batu Karas Kabupaten Pangandaran (https://www.cicuit.my.id)

Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokwamas) Batukaras, Kabupaten Pangandaran, bertugas sebagai Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), termasuk mengawasi konservasi Mangrove, terumbu karang, penyu dan lainnya, berada di bawah naungan Dinas Kehutanan, Pertanian dan Kelautan (KPK) Kabupaten Pangandaran.

Sejak bulan Desember 2013, Ade Supriatna, Kepala Seksi Sumber Daya Kelautan dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir bersama Pokwamas mulai mengidentifikasi daerah-daerah manggrove. Salah satu hutan manggrove yang sudah ada yaitu di Blok Cikalapa, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Dermaga PRPM Batu Karas Kabupaten Pangandaran (https://www.cicuit.my.id)

Keberadaan PRPM Batu Karas ini diharapkan selain sebagai kawasan konservasi juga diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata agar semakin banyak wisatawan datang ke Kabupaten Pangandaran.

Flora

Peta lokasi PRPM Batu Karas Kabupaten Pangandaran (https://www.cicuit.my.id)

Di Muara Cijulang ditemukan 6 jenis pohon mangrove yang merupakan mangrove sejati yaitu Rhizophora mucronata, Rhizophora apiculata, Avicennia alba, Avicennia marina, Bruguiera gymnorhiza dan Sonneratia alba.

Aksesbilitas

Peta ke PRPM Batu Karas Kabupaten Pangandaran (https://www.cicuit.my.id)

Untuk menuju PRPM Batu Karas dapat dijangkau dari 4 tempat. PRPM Batu Karas paling mudah dijangkau dari Pantai Batu Karas. Selain itu, dapat juga dijangkau dari Dermaga Green Canyon, Bandara Nusawiru atau Bojong Salawe.

One thought on “Hutan Mangrove Batu Karas Cijulang Kabupaten Pangandaran Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.