Wisata Belanja di Kota Tasikmalaya Jawa Barat

Boneka Jepang

Tasikmalaya adalah sebuah kota kecil yang berada di lerang Gunung Galunggung wilayah Provinsi Jawa Barat, kota ini terkenal dengan sebutan sang Mutiara dari Periangan Timur. Selain sebutan itu Tasikmalaya terkenal dengan nama Kota santri dan juga Kota Kerajinan.

Periangan timur dan selatan yakni membentang dari Kota Banjar di ujung timur Jawa Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Periangan Selatan dari Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi, berada di ujung barat Jawa Barat. Wilayah periangan timur dan selatan ini mencapai 40% total keseluruhan wilayah Jawa Barat, itu artinya sepertiga lebih dari pusat perekonomian yang ada di Jawa Barat berada di Kota dan Kabupaten ini.

Kerajinan Tangan
Payung Geulis (Payung Cantik atau Molek)

Sentra UKM Payung Geulis

Beragam motif Payung Geulis dari kain (https://twitter.com/payung_geulis)

Terletak di Jl. RE. Martadinata, Kp. Panyingkihan No. 47,  Kota Tasikmalaya, Telp. 0813.9009.3504.

Payung Geulis merupakan ikon dari Kota Tasikmalaya yang keberadaannya hampir punah. Pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1926 dipakai oleh none–none Belanda. Payung geulis yang terbuat dari bahan kertas dan kain mengalami masa kejayaan pada era 1955 sampai 1968. Namun masa kejayaan itu berangsur-angsur surut setelah pemerintah pada tahun 1968 menganut politik ekonomi terbuka. Sehingga payung buatan pabrikan dari luar negeri masuk ke Indonesia. Hal ini berdampak pada hancurnya usaha kerajinan payung geulis di Tasikmalaya. Usaha kerajinan ini mulai bersinar kembali sejak tahun 1980-an. Para perajin mulai membuka kembali usaha pembuatan payung walau dalam jumlah kecil.

Beragam motif Payung Geulis dari kertas (http://produktasik.com)

Terdapat dua motif payung geulis yaitu motif hias geometris berbentuk bangunan yang lebih menonjol seperti garis lurus, lengkung dan patah-patah, dan motif hias non geometris diambil dari bentuk alam seperti manusia, hewan dan tanaman. Payung geulis ini rangkanya terbuat dari bambu.

Kerajinan Boneka kayu Tasikmalaya

CV. Atlas Duta Kriya

Produk CV. Atlas Duta Kriya (https://kerajinanindonesia.id)

Terletak di Jl. Leuwi Anyar No. 123, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Telp. 081320457767.

Produk CV. Atlas Duta Kriya (https://jabarprov.go.id)

CV. Atlas Duta Kriya didirikan tahun 1998, dengan memproduksi boneka buah-buahan, sayuran, ondel-ondel dan boneka Jepang. Selain itu diproduksi berbagai jenis pajangan, pot tanaman kaktus dari kayu jati, serta bermacam produk-produk souvenir yang dibuat dengan memproses kayu gelondongan, pemotongan dan penghalusan serta pengukiran kayu.

Sentra Kerajinan Mebel (Furnitur)

Produk sentra kerajinan Mebel Kota Tasikmalaya (https://geograph88.blogspot.com)

Sentra dari pengrajin mebel berada di daerah Sindangkasih, Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya, kualitas yang dihasilkan oleh para pengrajin mebel ini tidak kalah bagus dari yang telah dihasilkan para pengrajin dari kota lain yang sudah terkenal seperti kerajinan mebel kayu Jepara. Beberapa hasil kerajinan mebel yang banyak di produksi seperti kursi, meja, ranjang juga lemari dan lainnya.

Fashion
Sentra Kerajinan Batik Tasikmalaya

Sentra Batik Kota Tasikmalaya

Terletak di Kampung Ciroyom dan Cigeureung, Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya.

Di Lokasi ini, tersedia gerai-gerai Batik Tasik, mulai dari harga termurah puluhan ribu rupiah hingga kisaran jutaan rupiah per potongnya. Rata-rata showroom ini didesain seakrab mungkin dengan pengunjung. Bentuknya menyerupai rumah biasa saja dengan etalase ala kadarnya.

Batik Tasikmalaya (http://yuniarinukti.com)

Batik @gnesa
Jl. Cigeureung No.188, Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya
Telp. (0265) 7040669, Hp. 0852223339808

Batik Tasik Deden
Jl. Cigeureung No.80 Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya 46132
Telp/Fax. (0265) 2353153-7085591
Hp.081323011888-085223527778
email : deden@dedenbatik.com
Website : http://dedenbatik.com

Batik Tasik Nagarihardja
Jl. Cigeureung No. 60 Kelurahan Nagarasari,  Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya
Telp. +62 897-7777-795

Sentra Kerajinan Bordir Kawalu

Sentra Kerajinan Bordir Tasikmalaya (http://anepaoji.blogspot.com)

Kawalu adalah sebuah kecamatan di Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Ibu kota kecamatan ini berada di Kelurahan Karsamenak.

Produk Sentra Kerajinan Bordir Tasikmalaya (http://www.disparbud.jabarprov.go.id)

Saat ini kecamatan Kawalu dikenal sebagai daerah penghasil ”home industry” Bordir di Kota Tasikmalaya. Dengan 33 Sentra Bordir yang tersebar di 10 Kelurahan, Kawalu mengalami percepatan ekonomi paling pesat dibanding kecamatan lain. Produksi bordir Kawalu selain merambah pangsa pasar kecil di Priangan Timur, juga merambah pasar di kawasan Ibu Kota Jakarta khususnya Pasar Tanah Abang dan Manca Negara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Saudi Arabia, Singapura, dan Afrika.

Bordir Tasikmalaya dirancang oleh Desainer Nani Oktaviani (http://www.suarajabarsatu.com)

Sentra Kerajinan Kelom Geulis

Sentra Kerajinan Alas kaki atau Kelom Geulis (https://rizkiabdillah.wordpress.com)

Sentra kerajinan Kelom Geulis Tasikmalaya terdapat di dua kecamatan yaitu pertama, Kecamatan Tamansari yang meliputi Dusun Gobras di Desa Sukahurip, Dusun Ciledug di Desa Tamanjaya, Dusun Nyemplong di Desa Setiawargi, dan Dusun Sukamaju di Desa Mulyasari. Kedua, Kecamatan Cibeureum yang meliputi Dusun Nagarakasih di Desa Kersanagara.

Kelom Geulis Tasikmalaya (https://jabarprov.go.id)

Kelom Geulis diambil dari bahasa Belanda yaitu ‘kelompen’ yang artinya sandal kayu. Istilah Kelom Geulis Tasikmalaya sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti sandal kayu cantik. Sandal kelom biasanya di pakai untuk acara hajatan ataupun acara resmi.

Kelom Geulis Tasikmalaya (https://jabarprov.go.id)

Kelom Geulis Tasikmalaya terbuat dari kayu mahoni atau albasia. Kelom Geulis ini di buat secara manual dengan menggunakan tangan. Agar tampak menarik, kelom di berikan hiasan. Hiasan kelom umumnya adalah hiasan ukiran dengan motif bunga. Sekarang ini, terdapat juga kelom dengan menggunakan hiasan cat air brush dan juga hiasan batik atau yang lebih di kenal dengan kelom batik.

Sagitria Collection

Kelom Geulis produk Sagitria Collection (https://jabarprov.go.id)

Terletak di Jl. Dadaha No. 6, Kota Tasikmalaya, Telp. (0265) 320445, HP. 081 6466 0900 atau email ke sagitriakelombatik@yahoo.co.id, telah memulai usahanya sejak tahun 2000. Dengan berbagai inovasi dari sisi motif, warna dan bentuk kelom geulis. Kelom geulis hasil karyanya ini banyak diminati bukan saja di Tasikmalaya atau cakupan nasional tetapi juga internasional. Kelom Geulis Tasikmalaya telah di ekspor ke wilayah Asia Tenggara, Korea, Jepang, Swedia, Afrika, Panama, Timur Tengah dan sebagian wilayah Eropa.

Sentra Kerajinan Mendong

Sentra Kerajinan Mendong (http://hayutravelling.blogspot.com)

Pusat pengrajin mendong di Kota Tasikmalaya ada di daerah Kecamatan Purbaratu, Kecamatan Cibeureum, Kecamatan Tamansari, dan Kecamatan Indihiang.

Beragam produk dari Mendong (https://jabarprov.go.id)

Mendong (Fimbristylis Globulosa) adalah salah satu tumbuhan yang hidup di rawa, tanaman ini tumbuh di daerah yang berlumpur dan memiliki air yang cukup. Mendong merupakan salah satu jenis rumput, dan biasanya tumbuh dengan panjang lebih kurang 100cm. Di daerah Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, mendong biasanya dijadikan bahan dasar untuk pembuatan tikar dan sebelum dipergunakan, tanaman ini dijemur terlebih dahulu hingga kering.

Dari Mendong dapat diproduksi tikar, tempat pensil, dompet, tempat sampah, tempat tisu, tempat toples, tas, piguradan lainnya banyak dihasilkan para pengrajin mendong.

Al Sinkta

Beragam produk dari Mendong (https://jabarprov.go.id)

Terletak di Jl. Purbaratu No. 45, Kota Tasikmalaya, telp (0265) 326318 dan HP. 08122378745 – 08122283960. Memproduksi mulai dari tikar, tempat pinsil, dompet, tempat sampah, tempat toples, tas, dan lainnya.

CV Mendong K Craft

Terletak di Komplek Tiara Fortuna Tataruang Blok D 20 & Blok D 26 Jl. Ir. H. Juanda no 18 Kota Tasikmalaya.

Produk-produk yang dihasilkan diantaranya Cosmetic packaging, Storage boxes, Stationeries, Bags (tas), Baskets (tempat sampah) dan Mirror prame.

One thought on “Wisata Belanja di Kota Tasikmalaya Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.