Wisata Belanja di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat

Beragam Golok Galonggong

Terletak di tenggara daerah Priangan, Kabupaten Tasikmalaya sejauh ini dinilai sebagai kabupaten paling besar dan berperan penting di wilayah Priangan Timur. Sebagian besar wilayah Kabupaten ini merupakan daerah hijau, terutama pertanian dan kehutanan, sementara petani menetap sebagai mayoritas penduduk.

Sejak dulu, masyarakat Kabupaten Tasikmalaya dikenal sebagai masyarakat kreatif memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia, khususnya bahan alam, untuk membuat barang-barang kerajinan tangan yang inovatif.

Sentra Kerajinan Anyaman Pandan

Produk Tas Anyaman Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya (https://www.mamansoleman.net)

Lokasi sentra produksi kerajinan pandan terletak di sebelas desa yang berada di lima wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Rajapolah, Kecamatan Cibalong, Kecamatan Cikalong, Kecamatan Cipatujah dan Kecamatan Pagerageung.

Usaha kerajian pandan sudah sejak lama ditekuni oleh sebagian penduduk secara turun temurun di lokasi sentra produksinya. Kegiatan proses produksi kerajinan pandan dikerjakan dengan menggunakan alat sederhana sehingga sangat mudah dikerjakan oleh siapapun termasuk ibu-ibu rumah-tangga. Pengadaan sarana produksi dan bahan baku usaha kerajinan pandan diupayakan sendiri oleh perajin. Bahan baku dan penunjang industri kerajinan pandan yang biasa digunakan oleh para perajin adalah: anyaman pandan, kain, benang jahit, kancing batok kelapa, lem, zat warna/pengkilap, vernis, resluiting, tambang dan karton.

Sentra Kerajinan Mendong

Tanaman Mendong atau Fimbristylis Globulosa (https://daridesakita.wordpress.com)

Lokasi sentra pengrajin Mendong di Kabupaten Tasikamalaya di Kecamatan Manonjaya, Kecamatan Cineam, kecamatan Karangnunggal, Kecamatan Karangjaya, Kecamatan Gunungtanjung, Kecamatan Sukahening, Kecamatan Cikatomas, dan Kecamatan Salopa.

Sentra Kerajinan Bambu

Pak Oman dari IKM Cahaya Mandiri dengan rantang dari anyaman bambu (https://kerajinanindonesia.id)

Lokasi sentra pengrajin Bambu di Kabupaten Tasikamalaya di Kampung Nanggorak, Desa Jayamukti, Kecamatan Leuwisari, Kecamatan Cisayong, Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu dan Kecamatan Singaparna.

Produk dari IKM Serumpun Bambu (http://kknm.unpad.ac.id)

Diambil dari rizkiabdillah, sentra Bambu Leuwisari yang berada di berbagai Desa di Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya. Di Sentra ini ada beberapa IKM yang sudah cukup terkenal diantaranya :

1. IKM Serumpun Bambu
Terletak di RT 10 RW 05 Kampung Nanggorak, Desa Jaya Mukti, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya. Dipimpin oleh H. Didi.

2. IKM Dungus Tamiang
IKM Dungus Tamiang berada di Desa Cigadog, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya. Dipimpin oleh Pak Tata.

3. IKM Cahaya Mandiri
IKM Cahaya Mandiri berada Kampung Paniis Hilir, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten  Tasikmalaya. Dipimpin oleh Pak Oman.

4. IKM Anyaman Bambu
IKM ini berada di Kampung Paniis, Desa Mandalagiri, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya. Pemilik IKM ini bernama Kamaludin.

5. IKM Makmur Jaya
IKM ini berada di wilayah Kampung Nanggorak, Desa Jayamukti, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya. Pemilik IKM ini bernama Bapak Amuy.

6. IKM Maju Lancar Craft
IKM ini berada di wilayah Kampung Ceungceum, Desa Jayamukti, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya. Pemilik IKM bernama Imam Mundar.

Sentra Kerajinan Golok

Beragam Golok Galonggong (http://tribunnews.com)

Terletak di Kampung Galonggong, Desa Cilangkap, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Menurut cerita, Kampung Galonggong memang sudah terkenal sebagai sentra produksi golok sejak zaman Belanda. Namun, para perajin di kampung itu baru menggelar dagangan secara terbuka pada medio 1990-an.

Pengrajin Alat Musik

Pak Engkus Koswara sedang mencoba seruling bambu (https://tabloidlintaspena.com)

Pak Engkus Koswara lebih dari 5 tahun ini dia menggeluti kerajinan alat musik tradisional dari bambu, seperti angklung, suling dan lainnya tidak berputus asa untuk melestarikan dan mengembangkannya yang beralamat di Kampung Mageung, Desa Sirnasari Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya.

Pengrajin Sapu Ijuk

Seorang pengrajin sedang membuat sapu ijuk (https://www.inibaru.id)

Terletak di Kampung Gajahbarang, Desa Ciawang, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya. Kerajinan sapu ijuk dari tangkal kawung (pohon aren) di lereng Gunung Galunggung itu sudah berlangsung beberapa generasi. Kini produk mereka terancam oleh sapu pabrikan dari plastik.

Pusat Kerajinan Tangan Rajapolah

Pusat Kerajinan Tangan Rajapolah (https://www.kompasiana.com)

Terletak di Rajapolah Permai, Jalan Rajapolah-Tasikmalaya No. 183, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya. Rajapolah merupakan tempat resmi dijadikan sebagai sentra penjualan kerajinan tangan di Kabupaten Tasikmalaya.

Beragam produk yang dihasilkan di Rajapolah Permai (https://www.kompasiana.com)

Berbagai macam kerajinan yang dijual di Rajapolah Permai seperti Kriya, hiasan lampu, tas dan sandal dari anyaman pandan dan mendong, payung geulis, wayang golek, seruling bambu, assesoris, miniatur, dan masih banyak lagi.

One thought on “Wisata Belanja di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.