Wisata Belanja di Kabupaten Ciamis Jawa Barat

Tali Tambang made in Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Kabupaten Ciamis terdiri atas 27 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Ciamis. Potensi produk kreatif masyarakat Kabupaten Ciamis beraneka macam berupa Batik, Tenun Lidi, Tali Tambang, dan lain sebagainya.

Sentra Kerajinan Batik Ciamis

Batik Ciamisan (https://infobatik.id)

Terletak di Dusun Ciwahangan, Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Dengan empat motif ciri khas Ciamisan, seperti batu hiu, ciung wanara, galuh pakuan dan parang sontak, Batik Ciamisan kini akan menjadi produk unggulan dan tak kalah bagusnya dengan batik kota lainnya.

Sentra Kerajinan Tali Tambang

Kebanyakan ibu-ibu di Kampung Saguling Kolot, Ciamis, meproduksi tali tambang setelah pekerjaan rumah selesai

Lokasi sentra produksi kerajinan Tali Tambang (Besar) di Kampung Saguling Kolot, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bekerja menjadi perajin tali besar atau tambang. Geliat aktivitas tersebut sudah berlangsung sejak zaman dulu, sejak 1940, saat zaman penjajahan Jepang kemudian diwariskan secara turun temurun.

Alat seperti katrol yang diputar-putar untuk menggulung tali, alatnya dinamakan kincir

Proses membuat tambang secara tradisional ini tetap dipertahankan warga setempat. Tambang berbahan daun pandan dan mendong.

Tambang berbahan daun pandan dan mendong buatan warga Kampung Saguling Kolot, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Dulunya pembuatan tali tambang berbahan ijuk. Tali itu berfungsi membangun rumah bambu dan menangkap ikan saat nelayan melaut. Namun tali ijuk sudah jarang digunakan, kini warga beralih membuat tambang dari mendong dan pandan untuk keperluan kerajinan. Bahan bakunya mudah didapat karena rutin disuplai dari daerah lain.

Sentra Kerajinan Tenun Lidi

Beragam produk dari sapu lidi (https://deskgram.net)

Letak sentra kerajinan Tenun Lidi di Dusun/Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, mampu menghasilkan aneka produk tenun dan kerajinan berbahan baku lidi kelapa yang kreatif dan menghasilkan sebagai aksesoris menarik. Karya kreatif berbahan alami ini ternyata juga menembus pasar Eropa dan Asia.

Produk dari sapu lidi (https://kerajinanindonesia.id)

Produk ini merupakan hasil kerajinan tangan berbahan lidi kelapa dan benang yang dikerjakan secara manual dengan menggunakan alat tenun sederhana.

Sedang menenun Sapu Lidi

Aneka produk seperti kantong tempat tisu, kotak buku dan compact disc, tempat cucian, kotak lamaran, tempat perhiasan, wallpaper dinding, gorden dan aksesoris lainnya.

Sentra Kerajinan Sapu Lidi

Produk kerajinan Sapu Lidi berupa piring (http://pusatkerajinansapulidiciamis.blogspot.com)

Terletak di Dusun Sumanding, Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Keberadaan warga setempat yang sudah hampir belasan tahun menggeluti kerajinan berbahan baku sapu lidi ini, membuat mereka semakin mahir dan mampu membuat berbagai hasil kerajinan yang fariatif, Seperti piring, keranjang buah-buahan, baki lamaran dan asesories lainnya yang sangat diminati.

Pemasaran telah dilakukan kesejumlah tempat tempat wisata dan kota-kota besar, seperti Bandung, Jakarta, Jogjakarta hingga ke sejumlah kota diluar pulau jawa, bahkan sejumlah pesanan mulai datang dari Korea dan China. Sumber: Kerajinan Indonesia.

Sentra Kerajinan Angklung

Perintis Angklung Alimudin (Mumu) dengan produk Angklung siap untuk dikirim

Terletak di Kampung Nempel RT 02/07 Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Sebanyak 40 kepala keluarga (KK), menjadikan kerajinan angklung sebagai andalan untuk kehidupan ekonomi keluarga. Geliat produksi kerajinan angklung di Kampung Nempel ini sendiri dirintis warga setempat bernama Mumu Alimudin. Ada yang berbeda angklung Mumu dengan produksi lainnya, yaitu angklung Nempel bercorak batik.

Ini menjadi ciri khas angklung Ciamis, dari kekhasan tersebut angklung Ciamis ini sebenarnya sudah lebih dulu di kenal oleh sejumlah negara, seperti India, Singapura, dan Malyasia. “Jika melihat ada angklung dengan motif batik pada bambunya maka sudah bisa dipastikan jika angklung tersebut produksi Ciamis,” kata Mumu. Sumber: Kerajinan Indonesia.

Sentra Kerajinan Bendera

Produk Bendera Cimari (https://kerajinanindonesia.id)

Terletak di Dusun Ranjirata, Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, hanya sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Ciamis arah Tasikmalaya. Terletak di belakang Balai Desa Cimari, ratusan penduduknya berkecimpung dalam usaha bendera. Mereka menjadi bandar, tukang menjahit, termasuk menjajakannya di tepi jalan di banyak sekali tempat. Sumber: Kerajinan Indonesia.

Follow me!

One thought on “Wisata Belanja di Kabupaten Ciamis Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.