Tempat Pentas Seni Budaya di Kabupaten Buleleng Bali

Buleleng Festival (Bulfest) 2019 (http://bali-travelnews.com)

Ibukota Kabupaten Buleleng adalah kota Singaraja. Sebelum kemerdekaan Indonesia, dan sebelum penerbangan komersial, Singaraja adalah gerbang masuk ke Bali, pelabuhan utama untuk penumpang dan kapal pesiar. Kawasan utara Bali memang kaya akan warisan seni budaya yang harus terus dilestarikan.

Buleleng Festival (Bulfest) 2019 berlangsung dari tanggal 2 – 6 Agustus 2019 dipusatkan di Monumen Singa Ambara Raja, Puri Kanginan, dan Pusat Budaya Sasana Budaya, di Kabupaten Buleleng, Bali. Sudahkah anda mempersiapkan liburan untuk bergabung di Buleleng Festival 2019 di Bali?

Kawasan Tugu Singa Ambararaja
Jl. Ngurah Rai, Kelurahan Paket Agung, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali

Tugu Singa Ambararaja (https://dispar.bulelengkab.go.id)

Tugu ini di bangun untuk mengenang keperkasaan “I Gusti Ngurah Panji Sakti” beliaulah seorang penguasa wilayah utara pulau dewata bali di tahun 1660an. Yang berhasil membangun wilayah tersebut menjadi maju dan disegani. Patung singa ambara raja di lambangkan singa bersayap yg mencengkram buah jagung gembal, itu melambangkan kekuatan, kesatria, kekuasaan pemimpin Bali Utara yang gagah berani.

Rangkaian Nyepi akan diwarnai dengan diaraknya ogoh ogoh sebagai symbol Butha Kala (http://www.koranbuleleng.com)

Jembatan Tua Pelabuhan

Terletak di Jl. Erlangga, Kampung Bugis, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali, merupakan peninggalan Pemerintahan Kolonial Belanda di kawasan Pelabuhan Buleleng, Singaraja, Kabupaten Buleleng.

Puri Sasana Budaya
Jl. Veteran No.7, Kelurahan Paket Agung, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

Staf Dinas Kebudayaan Buleleng sedang berlatih menari barong ket persiapan Gebyar Seni dan Budaya sebagai event mingguan di Puri Seni Sasana Budaya (https://www.nusabali.com)

Pemerintah Kabupaten Buleleng awal tahun ini bakal “me-launching” Gelar Seni Budaya bertajuk “Pagelaran Rutin Topeng dan Barong” yang merupakan program anyar Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng. Penampilan seni dan Budaya bakal diluncurkan perdana, Jumat (18/1/2019) akan menampilkan berbagai kesenian dan budaya Bali. Tak hanya itu pagelaran seni dan budaya akan secara berkesinambungan di gelar setiap hari Jumat di Puri Sasana Budaya, Buleleng, Bali.

Puri Kanginan Buleleng
Jl. Gajah Mada, Kampung Singaraja, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

Wayang Wong saat pementasan di Puri Kanginan, Singaraja berkaitan dengan Buleleng Festival ke-4

Kedudukan Puri Kanginan yang berfungsi sebagai tempat kediaman keluarga bangsawan dan juga sebagai pusat pemerintahan pada jamannya, berlokasi pada posisi yang strategis. Puri menghadap ke arah Barat dengan halaman depan langsung mengakses perempatan jalan utama atau yang disebut Catus Pata.

Gedung Kesenian Gede Manik Singaraja
Jl. Udayana, Banjar Tegal, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali, Telp. (0362) 3303668

Gedung Kesenian Gede Manik Singaraja (http://rri.co.id)

Merupakan tempat berbagai kegiatan berupa pameran pendidikan, Job fair, Olimpiade sains terapan, lomba band akustik, pementasan kesenian dan lain sebagainya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.