Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang Sumatera Selatan

Menara pandang dengan replika Kapal Cheng Ho (http://www.tamansriwijaya.sumselprov.go.id)

Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya terletak Jl. Syakhyakirti, Karanganyar, Gandus, Palembang, Sumatera Selatan. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya atau sebelumnya dikenal dengan nama Situs Karanganyar adalah taman purbakala bekas kawasan permukiman dan taman yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijaya yang terletak tepi utara Sungai Musi di kota Palembang, Sumatera Selatan.

Berdasarkan interpretasi foto udara pada tahun 1984 menunjukkan bahwa penampilan situs Karanganyar merupakan sebuah fitur berupa bangunan air yang secara keseluruhan terdiri dari kolam dan dua pulau yaitu pulau Nangka dan pulau Cempaka, serta kanal, dengan luas areal meliputi 20 ha. Parit-parit yang berada di kanan-kiri Pulau Nangka merupakan penghubung menuju Sungai Musi.

Keberadaan kolam dan kanal tersebut diduga berfungsi sebagai waduk atau penampungan air untuk mengendalikan pasang-surut Sungai Musi. Bangunan air ini adalah hasil teknologi bangunan basah yang mencerminkan kemampuan Sriwijaya beradaptasi dengan lingkungannya. Kondisi ini sesuai dengan isi prasasti Talang Tuo yang menyatakan bahwa Sriwijaya membuat taman yang dilengkapi dengan bendungan dan kolam-kolam.

Bukit Siguntang

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (https://wikimapia.org)

Menurut kitab sejarah melayu Bukit Siguntang merupakan tempat turunnya makhluk setengah dewa yaitu Sang Sapurba, yang di kemudian hari menurunkan raja-raja Melayu di Sumetera, Kalimantan, dan semenanjung malaysia. Menurut sejarah Melayu, Sang Sapurba menikah dengan Wan Sundari putri penguasa Palembang, Demang Lebar Daun. Keturunan mereka kemudian menjadi raja-raja di kawasan Semenanjung Malaka.

Makam Raja Segentar Alam (http://www.tamansriwijaya.sumselprov.go.id)

Di Bukit Siguntang terdapat makam-makam keturunan Kerajaan Sriwijaya yang dianggap keramat dan dipenuhi peziarah. Mulai dari makam Raja Segentar Alam, Puteri Kembang Dadar, hingga makam Panglima Bagus Kuning.

Gedung

Di dalam lokasi Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya memiliki luas lahan sekitar 20 hektar yang dilengkapi oleh tiga bangunan utama yaitu:

1. Gedung Museum

Gedung Museum (http://syakyakirty.blogspot.com)

Koleksi-koleksi yang dipamerkan diklasifikasi dalam dua jenis, yakni Arkeologika dan Keramologika. Penataan koleksi disajikan secara kronologis, yaitu masa Pra Sriwijaya, Sriwijaya, dan Pasca Sriwijaya.

Koleksi prasasti banyak dipamerkan di sini. Ada juga koleksi arca dan keramik. Yang khas adalah arsitektur Candi Bumiayu karena berlatar agama Hindu. Koleksi-koleksi lain bercirikan agama Buddha.

Arca (http://syakyakirty.blogspot.com)

2. Gedung Pendopo Agung untuk keperluan pameran-pameran, temporer, seminar dan lain-lain.

Gedung Pendopo Agung (https://id.wikipedia.org)

3. Gedung Prasasti yang menyimpan replica prasasti Kedukan Bukit serta prasasti TPKS.

Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
Jalan Syakhyakirti, Karanganyar, Gandus, Palembang, Sumatera Selatan
tel: (0711) 5640976
fax: (0711) 5640949

Buka Museum
Selasa – Jumat: pukul 08.00—16.00 WIB
Sabtu dan Minggu: pukul 09.00—16.00 WIB
Senin & Libur Nasional : Tutup

One thought on “Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang Sumatera Selatan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.