Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Puasa saat Traveling

Puasa pada bulan Ramadan adalah saat yang spesial bagi seluruh muslim. Momen dibukakannya banyak pintu pahala dan ampunan. Puasa tentunya bukan halangan bagi kita untuk melakukan beragam aktivitas, termasuk traveling.

Nah, agar puasa kita tetap bisa terjaga ada baiknya anda tidak melakukan hal-hal ini selama traveling.

1. Mendatangi tempat-tempat yang terlalu ekstrem

Gunung Api Purba Nglanggeran (https://www.visitingjogja.com)

Berwisata boleh saja, namun pertimbangkan untuk memilih tempat-tempat wisata yang memiliki medan-medan yang tidak terlalu berat. Hal ini karena medan yang berat, seperti saat pendakian gunung, membutuhkan konsentrasi tinggi dan tenaga ekstra. Saat sedang puasa, kita dituntut untuk menahan lapar dan dahaga. Secara otomatis, asupan cairan dan gizi kita berkurang hingga rentan untuk mengalami dehidrasi. Sebaiknya traveling yang beresiko menguras tenaga ekstra sebaiknya dihindari.

Baca juga: Gunung-Gunung yang Cocok bagi Pendaki Pemula

2. Jalan-Jalan sambil ghibah

Ghibah (https://twitter.com)

Ghibah atau membicarakan kejelekan orang lain bisa mengurangi nilai pahala kita. Saat traveling bareng teman dekat biasanya kita tak luput dari aktivitas bercakap-cakap, istilahnya ngobrolin orang. Nah saat puasa seperti sekarang ini, ada baiknya Anda menahan diri untuk tidak membicarakan kejelekan orang lain. Cobalah untuk melakukan hal-hal asyik seperti mencari tahu sejarah tempat yang anda kunjungi, atau mengobrol dengan warga sekitar.

3. Bagaimana dengan berenang?

Berenang adalah aktivitas yang menyehatkan. Bahkan berenang termasuk olahraga yang disarankan dalam Islam. Tapi ketika puasa, sebaiknya anda mempertimbangkan jika ingin berenang. Karena ketika berenang, terdapat resiko anda menelan air yang tentunya bisa membatalkan puasa anda.

4. Mendatangi destinasi wisata kuliner

Bukan masalah sebenarnya datang ke tempat-tempat yang menjual banyak makanan enak. Asalkan anda orang yang kuat iman, tentunya hal ini bukanlah masalah. Hanya saja, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk mendatangi tempat-tempat semacam ini ketika waktu berbuka tinggal sebentar lagi. Sehingga jika ada makanan yang benar-benar anda inginkan, anda tidak perlu menunggu lama untuk menikmatinya.

5. Lupa waktu shalat

Pengingat Sholat (https://www.hipwee.com)

Traveling adalah hal yang tidak wajib. Maka jangan sampai karena alasan traveling anda justru mengabaikan hal-hal wajib seperti halnya shalat wajib 5 waktu. Tetap melaksanakan shalat dan puasa di bulan ramadahan tentunya adalah hal yang pantas diupayakan supaya ibadah kita di bulan puasa berjalan sempurna.

Sumber: kompas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.