Camilan Khas Kota Cimahi Jawa Barat

Kue Semprong Kremes

Kota Cimahi merupakan wilayah yang memiliki banyak fasilitas dan pusat pendidikan militer ini, selain terkenal dengan Kota Tentara juga memproduksi berbagai olahan makanan dan camilan. Bagi Anda yang sedang bingung mencari oleh-oleh apa yang cocok untuk dijadikan kenangan berkesan, bisa menyimak ulasan berikut, tentang oleh-oleh khas Cimahi, Jawa Barat.

Onde Ketawa

Onde ketawa (https://www.daerahwisata.com)

Onde ketawa yang terkenal dari Cimahi adalah Onde Ketawa 99, di jalan RH. Abdul Haliim, No.14 Cigugur Tengah, Setiamanah, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Onde-onde biasanya berukuran sebesar bola pingpong dan diisi dengan kacang hijau, ditaburi wijen dan berkulit kenyal. Tapi jika onde ketawa itu kecil seukuran kelereng, ditaburi wijen dengan rasa manis renyah.

Kue Balok Cimahi

Kue Balok Cimahi (https://wisatawaw.blogspot.com)

Camilan Cimahi paling enak kali ini adalah Kue Balok merupakan kue yang sangat sederhana tapi memiliki rasa yang khas enaknya. Kue Balok ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan empuk. Apalagi jika varian rasa yag disajikan dapat memanjakan lidah selera pelanggan yang menginginkan rasa yang beragam. Kuliner Cimahi paling enak ini di Jl. Jendral Sudirman tepatnya setelah SMP N 2 Kota Cimahi.

Dendeng Jantung Pisang (Denjapi)

Dendeng Jantung Pisang atau Denjapi (https://www.daerahwisata.com)

Untuk membeli Denjapi bisa mendatangi rumah Mas Bambang di Puri Cipageran Indah Blok A no. 136, Cimahi, Jawa Barat. Bisa juga Sobat traveller dapatkan di POCI (Pusat Oleh-Oleh Cimahi) yang berlokasi Jalan Gandawijaya, Cimahi Mall, Setiamanah, Cimahi Tengah.

Pada umum dengan dendeng berbahan dasar dari daging sapi. Tapi masyarakat Cimahi yang kreatif, membuat produk dendeng berbahankan jantung pisang. Diolah sedemikian rupa sehingga jika dikunyah rasanya tidak beda jauh dengan dendeng daging yang sering kalian santap. Bukan cuma rasanya nikmat namun juga menyehatkan ya.

Warga kreatif itu ialah Mas Bambang yang mengolah jantung pisang tersebut bukan hanya menjadi dendeng, tapi juga sosis, bakso, nugget hingga menghantarkan Kota Cimahi meraih penghargaan Lomba Ketahanan Pangan Nasional.

Keripik Daun Singkong

Keripik Daun Singkong (http://www.daerahwisata.com)

Untuk membeli Keripik daun singkong di Toko Oleh-Oleh Sariwangi, Jl. Raya Barat No. 637, Setiamanah, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Daun singkong tidak saja untuk pakan ternak atau hanya dibuang begitu saja. Cimahi memiliki kuliner yang berbahan dasar daun singkong ini. Meskipun terlihat sepele dan sederhana masakan ini akan membuat Kamu ketagihan. Selain rasa kriuk, daun singkong juga memberikan aroma lain yang tentu semakin membuatnya enak dan lezat. Bahan yang digunakan dari olahan ini tentu daun singkong itu sendiri, tepung beras, ketumbar, bumbu penyedap dan telur. Bahan baku tersebut dicampur dengan rempah-rempah dan digoreng. Hampir sama dengan membuat peyek.

Kue Semprong Kremes

Kue Semprong Kremes (http://www.wisataku.id)

Camilan Kue semprong kremes ini menjadi menu wajib untuk anda ketika melancong ke Cimahi. Sebab dahulu kue ini hanya ada ketika lebaran tiba. Namun, berkembangnya waktu kue yang spesial ini dapat ditemukan kapan saja. Kue jenis ini terbilang sulit dalam membuatnya sehingga hanya toko-toko besar yang membuatnya. Kue ini selain gurih juga memiliki tekstur yang lembut dan kriuk ketika digigit. Cocok deh untuk dijadikan hidangan ketika ada tamu ke rumah. Kalau ke Cimahi segera memborongnya karena makanan ini banyak yang mencarinya.

Kue Semprong Kipas

Kue Semprong Kipas (https://www.daerahwisata.com)

Kue semprong yang biasa berbentuk tabung ramping itu ditangan masyarakat Cimahi, memprakarsai kue semprong dengan bentuk kipas sehingga membedakannya dengan kue semprong dari kota lainnya. Rasa kue yang kriuk-kriuk renyah ditambah aroma sedapnya pasti memikat. Untuk membeli kue semprong dengan inovasi rasa di Toko KSC (Kue Semprong Cimahi) di jalan Citeureup No. 35 Citeureup, Cimahi Utara.

Bandrek Babennagen

Bandrek Babennagen (http://www.wisataku.id)

Jenis minuman tradisional yang memiliki banyak khasiat, salah satu khasiatnya adalah dapat menghangatkan badan. Ini tidak terlepas dari bahan dasar yang digunakan, yaitu jahe, gula aren serta rempah-rempah lainnya yang menjadikan minuman ini semakin kaya manfaat. Minuman ini sangat cocok diminum ketika malam hari saat cuaca dingin. Selain itu, pas juga untuk menghangatkan tubuh saat berpergian jauh.

Yogurt Cimahi

Yogurt Cimahi (http://www.wisataku.id)

Yogurt merupakan olahan yang tebuat dari susu yang telah difermentasi. Olahan ini dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Yogurt Cimahi ini memiliki khasiat yang tinggi untuk tubuh, yaitu sebagai obat anti diare, mencegah kuman dan bakteri, anti kanker, dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

One thought on “Camilan Khas Kota Cimahi Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.