Camilan Khas Kabupaten Purwakarta Jawa Barat

Colenak

Setelah kita keliling “berkuliner” di kabupaten Purawakarta, tidak enaknya tidak membawa oleh-oleh untuk sanak saudara. Tahunya Kabupaten ini mempunyai potensi beragam camilan yang perlu dikembangkan lagi, apa saja ya. Yuk kita sambangi bersama.

Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul (https://phinemo.com)

Camilan ini mirip dengan peuyeum atau tape kebanyakan terbuat dari tape singkong yang difermentasikan, diletakkan menggantung. Nama Peuyeum Bendul sendiri diambil karena nama daerah asalnya. Camilan ini biasa kita temui di Jalan Raya Bendul dan harganya murah meriah bisa dijadikan oleh-oleh.

Browyeum

Browyeum (https://phinemo.com)

Browyeum atau Brownies dan Peyeum merupakan kuliner yang menggabungkan dua bahan yaitu brownies dan peyeum. Rasa kuliner ini sangat unik karena menggabungkan cita rasa manisnya brownies dan rasa asam dari peyeum. Browyeum terkenal dengan merk Gadiza Cake & Cookie.

Colenak

Colenak (https://phinemo.com)

Kuliner ini pertama diperkenalkan pada tahun 1930 oleh Aki Murdi. Kuliner ini lebih sering menjadi hidangan kudapan atau cemilan karena rasanya yang manis dan sedikit asam.

Kuliner ini sendiri merupakan peyeum yang dibakar dan disiram dengan gula yang sudah dicairkan dan ditaburi kelapa yang dilembutkan di atasnya. Kadang hidangan ini juga disajikan dengan buah nangka, kacang, dan ceri di beberapa restoran.

Simping

Simping (https://phinemo.com)

Simping (Jawa: Sempe) merupakan makanan khas daerah Purwakarta yang bentuknya lembaran pipih, bundar tipis, berwarna putih, dan rasanya gurih. Kuliner ini terbuat dari tepung beras yang diberi beberapa bumbu. Simping mirip dengan lembaran yang dipakai untuk menjepit gulali (camilan anak-anak: rambut nenek atau Arumanis atau Gulali).

Simping dengan Arumanis (https://travelingyuk.com)

Simping memiliki beragam rasa mulai dari dari rasa kencur, bawang, pandan, nanas, durian, dan stroberi hingga nangka, dapat kita temui di Kampung Kaum, Jalan Baing Marzuki, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta Kota berjarak beberapa ratus meter saja dari alun-alun Kota Purwakarta.

Semprong

Semprong Purwakarta (https://travelingyuk.com)

Semprong merupakan makanan khas Kota Purwakarta, yang bahan bakunya terdiri dari Tepung terigu, Tepung Tapioka, Gula, Santan, dan Perisa Makanan.

Simping bentuknya pipih, beda lagi dengan semprong yang menyerupai tabung panjang. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat proses pembuatannya ada di Desa Sawah Kulon, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Surabi Kedai Koka

Surabi Kedai Koka (https://bisnishotel.com)

Berlokasi di Jl. Tugu Pahlawan Nomor 2, Kabupaten Purwakarta. Surabi dengan bahan pembuatan adonan yang merupakan campuran dari tepung beras, terigu, juga kelapa, surabi ini mampu membuat lidah berdansa.

Surabi Kedai Koka (https://putratravel.net)

Surabi yang disajikan terdiri dari surabi manis dan asin dengan berbagai rasa mulai dari keju, susu, cokelat, ayam, oncom, telur, ayam dan sosis.

Jika anda merasa masih lapar, bisa dilanjutkan dengan memesan makanan berat diantaranya adalah nasi goreng, mie goreng, gulai kambing, aneka seafood, sosis, capcay, omelet, dan beraneka ragam steak.

Manisan Pala

Manisan Buah Pala (http://www.purwakartakab.go.id)

Sangat tepat jika dikatakan buah pala penuh manfaat. Selain bisa diolah menjadi sirup, manisan dan camilan, pala juga bisa digunakan untuk menghangatkan badan, sebagai obat masuk angin, obat insomnia, serta untuk menambah nafsu makan. Air hasil rendaman pertama buah pala sendiri bisa digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi, sementara kulit buah pala dijadikan obat dan bijinya digunakan sebagai bahan bumbu masakan.

Buah Pala di pohon (http://desawanayasa.blogspot.com)

Di Purwakarta, anda bisa menemukannya di Desa/Kecamatan Wanayasa. Letaknya kira-kira 25 km dari pusat kota Purwakarta ke arah Ciater. Warga setempat tidak hanya memanfaatkan buah pala untuk diambil bijinya. Daging buah itu diolah menjadi manisan. Deretan penjual manisan buah pala itu terpusat di sekitar Situ Wanayasa.

Gula Cikeris

Gula Cikeris (https://travelingyuk.com)

Gula Cikeris merupakan gula yang dibuat dari gula Aren, berbentuk seperti gula merah (Gula Kelapa atau Gula Jawa) kebanyakan dan dibungkus dengan daun kelapa. Sesuai namanya, kuliner ini banyak ditemukan di Cikeris, Kecamatan Bojong.

Gula Cikeris (https://travelingyuk.com)

Es Ciming

Jalan Jenderal Sudirman No.117, Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Es Ciming merupakan es yang sudah melegenda dan nama es ini tercetus karena sang penjual memiliki nama Ciming. Ia merupakan keturunan Tionghoa.
Es ini cukup sederhana, isiannya adalah potongan potongan cincau, cendol, kacang ijo, kelapa dan jelly yang dipadu dengan serutan es dan sirup berwarna merah. Rasanya manis dan harganya terjangkau.

One thought on “Camilan Khas Kabupaten Purwakarta Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.