Camilan Khas Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat

Kerupuk Gurilem

Kalau anda pergi ke Bandung, selain bertujuan untuk rileksasi atau liburan dengan beragam suasana yang menyenangkan, juga tidak lupa akan berburu kuliner yang ada di Bandung Raya, hampir semua kuliner dan camilan enak itu memang berasal dari Kota Paris van Java tersebut.

Wajit Cililin

Wajit Cililin (https://blogunik.com)

Untuk mendapatkan di Hj. Siti Romlah, Jl. Raya Radio No. 1, Cililin,  Kabupaten Bandung Barat, merupakan camilan khas Kabupaten Bandung Barat. Atau anda temukan di beberapa gerai oleh-oleh khas Bandung seperti di Terminal Leuwi Panjang atau Pasar Kosambi.

Wajit Cililin terbuat beras ketan, gula aren, kelapa dan sedikit vanili untuk menambah harum aroma dari wajit Cililin. Bentuk nya mengerucut dan terbungkus cantik oleh daun jagung yang sudah kering.

Kerupuk Gurilem

Kerupuk Gurilem (http://explorebandungbarat.com)

Merupakan kerupuk berbentuk panjang seperti mie yang dibumbui dengan berbagai bumbu lainnya seperti garam, cabai kering dan bawang. Beberapa orang menyebut gurilem ini dengan sebutan kerupuk cacing, karena bentuknya seperti cacing.

Kerupuk Gurilem (http://explorebandungbarat.com)

Jika anda berminat mencicipi pedasnya kerupuk gurilem, anda bisa mendapatkannya di daerah Cililin, Kab. Bandung Barat.

Tahu Susu Lembang

POM Tahu Susu Lembang (https://tempatwisatadibandung.info)

Berlokasi di Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

POM Tahu Susu Lembang (https://www.pergidulu.com)

POM (Pusat Orang Makan) Tahu Susu Lembang ini konsepnya mirip pom bensin yakni ada drive through kalau mau beli tahu saja dan malas parkir. Jadi tinggal pesan dari jendela tanpa harus turun dari mobil. Bentuknya pun mirip sekali dengan pom bensin yang didominasi warna merah. Awas jangan sampai salah masuk untuk isi bensin ya..:)

Namun sebenarnya kalau mau turun juga lebih seru karena ada kawasan pabrik tahu susu lembang di mana pengunjung bisa melihat proses pembuatannya dan membeli berbagai jenis tahu yang ditawarkan.

Kue Pia Lembang (New So-Phia )

New So-Phia (https://takaitu.id)

New So-Phia berlokasi di Jl. Dharma No.10, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Yogyakarta terkenal dengan Bakpia Pathuk-nya. Kini mungkin Anda bisa merasakan pia yang lain dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Berbeda dengan kulit bakpia asal Yogya, So-Phia, nama pia dari Lembang ini kulitnya dibuat sangat rapuh.

Tumpukan kulit So-Phia seperti kulit molen pisang keju, tetapi super tipis dan sensitif. Ini tebukti ketika mencoba memotong pia dengan tangan, sebelum sang kue ini terbelah, si kulit permukaan atas ternyata mudah sekali lepas.
Tidak seperti sisi-sisi bakpia Yogya, bagian dalam pia ini berongga. Sisi bawah So-Phia lebih renyah. Pangkal rasa gurih muncul dari sini. Aroma dan karakter rasa bakpia asal Jalan Dharma No. 10 ini timbul dari isi pia dalam balutan kulit.

Bolu Susu Lembang

Bolo Susu Lembang (https://www.bukalapak.com)

Bolu Susu Lembang terletak di Jl. Raya Lembang No.275, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Bolu yang terbuat dari bahan kabocha sejenis buah labu halloween. Rasanya mantap dan khas, ditaburi keju dengan rasa pandan, juga tersedia varian lain. Lembut bolunya berpadu dengan kelezatan kabocha dan pandan. Begitu juga dengan bolu susu Lembang. Merupakan perpaduan gurihnya keju dan susu dengan varian rasa coklat, vanila, dan original. Bolu-bolu ini merupakan ikon jenis kue Lembang.

Serba Susu Lembang

Produk Serba Susu (https://sky-adventure.com)

Terletak di Jalan Sesko AU Lembang, Anda bisa mendapatkan hasil olahan dari susu sapi perah dari Kelompok Ternak Serba Susu yang beranggotakan 15 orang peternak yang memelihara 70 ekor sapi perah di Parongpong Lembang Bandung Barat.

Tersedia susu murni cair dan botolan, yoghurt cair dan krim, dodol susu, permen susu, kerupuk susu dan rempeyek susu. Produk terbanyak adalah dodol dan permen. Untuk yoghurt, memiliki beberapa rasa seperti leci, melon, moka, coklat, strawberi, sirsak, mangga, durian dan jeruk. Tanpa pengawet sehingga kalau di luar pendingin hanya bertahan 12 jam tetapi jika disimpan di dalam lemari pendingin bisa bertahan tahan sebulan.

One thought on “Camilan Khas Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.