Candi Palgading Sleman Yogyakarta

Reruntuhan Candi Palgading (https://tempo.co)

Candi Palgading adalah tinggalan budaya bercorak agama Buddha, peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang terletak di Dusun Palgading, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Situs Palgading ini pertama kali ditemukan masyarakat 22 Mei 2006.

Tepatnya di depan Kantor Kecamatan Ngaglik, selepas lampu lalu lintas di Jl. Kaliurang km 9 ada sebuah pertigaan kecil di sisi timur jalan. Ikuti jalan di pertigaan itu untuk menuju Dusun Palgading. Arahkan kendaraan anda ke pemakaman desa yang terletak tak jauh dari masjid. Candi Palgading terletak tak jauh dari sana.

Candi ini berasal dari masa kejayaan agama Hindu dan Buddha di Nusantara, tepatnya abad ke 9 – 10 Masehi. Hal itu tampak dari struktur bebatuan yang membentuk stupa berukuran kecil. Juga, diperkuat oleh keberadaan arca Awalokiteshwara yang merupakan simbol penyembahan Bodhisatwa dalam agama Buddha, dan dikenal pula sebagai dewa kasih sayang, dewa asih serta dewa penjaga dalam pantheon Buddha Mahayana.

Tim Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jogja diawal penemuannya telah melakukan ekskavasi di situs Candi Palgading dan sudah berhasil menyingkap tiga buah candi di kawasan itu. Candi di bagian utara berukuran 8,85 meter x 8,85 meter, candi di bagian tengah berukuran 8,6 meter x 6,35 meter, dan di bagian selatan berukuran 13,23 meter x 17 meter.

Bangunan A Candi Palgading (https://www.redowlicious.com)

Candi Palgading merupakan candi Budha dengan 4 buah bangunan yaitu:

Bangunan A yang merupakan bangunan berstupa dapat direkonstruksi, sehingga dapat dipugar. (Saat kedatangan kami stupa sudah berdiri) Material bangunan asli yang ditemukan pun banyak, yaitu 80,26%, sisanya belum ditemukan.

Bangunan B yang merupakan kaki kanci belum dapat dipugar karena material yang sudah ditemukan hanya sekitar 50%. Bangunan C belum tahu dapat dipugar atau tidak karena belum digali secara keseluruhan. Bangunan D masih terkendala pembebasan tanah.

Situs Palgading yang sudah ditemukan adalah candi perwara, sementara candi induk masih belum ditemukan.

One thought on “Candi Palgading Sleman Yogyakarta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.