Candi Lawang Boyolali Jawa Tengah

Candi Lawang (https://merahputih.com)

Candi Lawang terletak di Desa Dangean, Kelurahan Degangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, provinsi Jawa Tengah.

Mengenai Candi Lawang, pertama kali dilaporkan oleh Kepala Perkebunan Sukabumi di Paras, Kabupaten Boyolali, P.A. Hadiwijaya pada tahun 1919. Ia melaporkan tentang sebuah candi yang terkubur di tengah-tengah area kebon kopi. Pada tahun 1920 kemudian dilakukan penggalian di area tersebut yang sekarang telah menjadi perkampungan penduduk.

Candi Lawang merupakan suatu komplek percandian, terdiri atas satu candi induk dikelilingi empat candi perwara namun batas halamannya tidak diketahui lagi. Halamannya tidak rata, sisi utara, selatan, dan timur lebih rendah daripada permukaan tanah sebelah barat.

Candi induknya sudah tidak utuh lagi, hanya terlihat sebagian tubuhnya, berdenah bujur sangkar, dua buah dengan tinggi masing-masing 1,24 m berupa bingkai rata yang tebal. Di atasnya terdapat bagian kaki. Pipi tangganya berbentuk ikal lemah (voluut). Tubuh candi hanya tinggal sebagian, yaitu di sudut barat daya serta lantainya rusak dan terlihat lubang sumuran.

Candi Lawang (https://merahputih.com)

Candi Lawang memiliki perbingkaian Gaya Klasik Tua di bagian kaki dan sebagian tubuhnya. Ragam hias penghias bangunan (ornamental) berupa simbar (antefix) dan hiasan untaian bunga (quirlande) serta hiasan geometris antara lain motif gawang (kotak-kotak).

Candi perwara di sebelah utara dan selatan masih ada sebagian, berdenah bujur sangkar, berbeda dengan candi perwara di sebelah timur yang berdenah persegi panjang. Temuan-temuan di sekitar candi, antara lain sebuah yoni arca Agastya, arca Durga mahisasuramardiri bertangan delapan (sekarang disimpan di Museum Radya Pustaka, Solo), pecahan makara, dan simbar. Dari ciri arca-arcanya, Candi Lawang bersifat agama Hindu Syiwa, namun siapa pembangun candi tersebut belum dapat diketahui.

Candi Lawang

Sumber: Candi Indonesia Seri Jawa, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013

One thought on “Candi Lawang Boyolali Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.