Candi Kadisoka Sleman Yogyakarta

Candi Kadisoka tinggal fondasinya akibat luapan lahar dingin dari sungai Kuning (https://www.tuguwisata.com)

Candi Kadisoka berada di Dusun Kadisoka, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Kadisoka ditemukan pada tanggal 7 Desember 2000 oleh seorang penambang pasir. Penemuan ini dilaporkan ke BP3 Yogyakarta (dahulu SPSP).

Setelah diadakan peninjauan ke lokasi temuan, selanjutnya pada tahun 2001 dilaksanakan kegiatan penggalian dan penyelamatan. Kegiatan tersebut berhasil menampakkan seluruh bagian candi sisi timur. Candi Kadisoka berdenah segi empat berukuran 6,90 M x 6,49 M. Bangunan menghadap ke arah barat. Dilihat dari profil bangunan yang ada (perbingkaian sisi genta dan setengah lingkaran), bangunan ini bercirikan bangunan candi di Jawa Tengah.

Candi Kadisoka (https://id.m.wikipedia.org)

Bangunan Candi Kadisoka terbuat dari bahan batu andesit. Data stratigrafi menunjukkan bahwa Candi Kadisoka terpendam oleh endapan sekunder yang merupakan luapan atau banjir lahar dari Sungai Kuning yang berada di sebelah timur candi. Proses pengendapan yang terjadi akibat dari banjir lahar dingin yang terjadi melalui dua tahap dengan selang waktu cukup lama.

Pengendapan tahap pertama dimungkinkan juga menggenangi Candi Sambisari. Pada saat banjir lahar dingin tahap pertama, Candi Kadisoka masih dalam proses pembangunan. Dengan demikian, terdapat kemungkinan bahwa Candi Kadisoka dibangun lebih dahulu dari Candi Sambisari. Candi Kadisoka mempunyai perigi di tengah dan di dalamnya ditemukan peripih berupa lempengan emas segi empat bergambar bunga teratai dan batu-batu mulia. Dari hasil temuan – temuan tersebut dapat diperkirakan bahwa Candi Kadisoka berlatar belakang agama Hindu.

Sumber: purbakalayogya

One thought on “Candi Kadisoka Sleman Yogyakarta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.