Permainan Tradisional Rimau Langkat Sumatera Utara

Ilustrasi Permainan tradisonal Rimau (https://lelungan.net)

Satu jenis permainan tradisional yang menarik dari Kabupaten Langkat, provinsi Sumatera Utara yaitu Permainan Rimau. Rimau dalam bahasa Melayu artinya Harimau. Dalam permainan ini ada peran Harimau dan peran musuh Harimau yaitu Manusia.

Peserta

Peserta permainan ini adalah seluruhnya anak laki-laki. Untuk melaksanakan permainan diperlukan jumlah yang agak banyak mungkin sampai 15 orang. Para pelaku ini pada umunya berumur 10 sampai 14 tahun.

Ilustrasi Permainan tradisonal Rimau (https://nurfaizianshori.blogspot.com)

Peralatan

Untuk menyelenggarakan permainan ini diperlukan tempat bermain yang agak lapang, mengingat pesertanya mencapai 15 orang. Jika permainan diadakan di pantai, mereka tidak segan-segan melumuri tubuhnya dengan lumpur agar licin, sehingga sang Harimau sulit menembus pagar tangan yang mereka bentuk. Selesai permainan mereka langsung mandi ke sungai.

Jalannya Permainan

Persiapan

Keinginan untuk melaksanakan permainan dapat saja timbul spontan di kalangan anak laki-laki. Setelah berkumpul lebih kurang 15 orang anak maka dipilihlah siapa yang akan menjadi Harimau, dan siapa pula menjadi musuhnya, dengan mengadakan undian.

Aturan Permainan

Rimau dikurung

Saat permainan dimulai, Harimau dikurung dalam lingkaran pada tangan yang dihubungkan satu dengan lainnya dengan pegangan yang kuat, hingga sukar ditembus. Harimau berusaha dengan sekuat tenaga untuk menerobos rintangan dengan tujuan menangkap musuhnya yang bergentayangan di luar. Harimau dapat ke luar jika pagar tangan menghalangi terbuka.

Kalah atau Menang

Akhir permainan yang berupa tercapainya kalah atau menang ditentukan oleh berhasilnya sang Harimau menangkap mangsa, yang berarti paga dapat ditembus, dan mangsa dapat dipegang. Dengan demikian si Harimau-lah yang menang. Tetapi jika sebaliknya, walaupun Harimau berhasil menembus halangan pagar, namun tidak dapat juga menangkap mangsanya, karena mangsanya segera menghilang masuk ke tengah-tengah lingkaran atau pagar, maka setelah sampai waktu yang ditetapkan, Harimau dinyatakan sebagai pihak yang kalah. Bagi yang kalah dalam permainan ini diberikan hukuman sesuai kesepakatan.

Sumber: E-book Permainan Anak-Anak Daerah Sumatera Utara, Bakar, Abu, dan Kawan-kawan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, tahun 1981/1982

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.