Permainan Tradisional ABC Lima Dasar

Permainan ABC 5 Dasar (https://www.keepsoh.com)

Permainan ABC 5 Dasar merupakan permainan tradisional yang sangat populer di era 1990-an. Ini salah satu permainan edukasi yang menyenangkan dan mudah dimainkanm karena tidak membutuhkan alat atau benda khusus untuk memainkannya.

Manfaat

Selain seru dan menyenangkan, permainan ABC 5 Dasar juga memiliki beberapa manfaat untuk mengasah kecerdasan bahasa anak, antara lain:

Pertama, sebagai media menghapal huruf yang menyenangkan. Permainan ABC 5 Dasar salah satu media untuk menghapal huruf dengan cepat dan menyenangkan. Anak akan cepat hapal, karena dalam permainan tersebut secara bersama anak-anak menyebutkan huruf sesuai jari yang diacungkan secara berulang-ulang. Semakin banyak permainan diulangi akan semakin cepat anak hapal huruf secara urut.

Kedua, mengenalkan anak pada kosakata baru. Dalam permainan ini, anak harus menyebutkan kosakata yang berbeda dengan temannya. Misalkan jari yang dihitung jatuh pada huruf “K”, anak-anak harus menyebutkan kosakata yang berawalan huruf “K”. Misal kursi. Kata “kursi” tidak boleh disebutkan kembali oleh anak yang belum menyebutkan, mereka harus mencari kosakata berbeda. Melalui kosakata yang bervariasi ini, anak akan semakin banyak mengenal kosakata baru yang belum diketahui, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan bahasa anak.

Ketiga, mengenalkan berbagai kelompok nama-nama benda, hewan, tumbuhan, dan lain-lain. Benda dapat ditentukan kelompok jenisnya. Misal permainan ABC 5 Dasar dengan menyebutkan nama buah, menyebutkan nama transpotasi, menyebutkan nama benda yang ada di dalam rumah atau kelas, dan lain-lain. Oleh karena itu, permainan ini juga dapat menjadi sebuah strategi pembelajaran untuk mengenalkan suatu tema tertentu, misal subtema tubuhku.

Keempat, mengasah kecerdasan bahasa serta konsentrasi anak. Dalam permainan ini anak berlomba menyebutkan kata yang tepat secara cepat dan berbeda. Hal ini dapat melatih kecerdasan bahasa serta konsentrasi kecepatan berpikir anak untuk menemukan kosakata yang dimaksud dengan benar. Anak akan semakin kaya pembendaharaan kosakata, sebagai suatu peningkatan kecerdasan bahasa pada anak.

Permainan ABC 5 Dasar (https://moondoggiesmusic.com)

Cara Bermain

Pertama, anak-anak duduk melingkar saling berhadapan.

Kedua, buatlah aturan permainannya: benda kategori apa yang disebutkan dalam permainan ABC 5 Dasar tersebut. Misal, nama hewan; dan berapa jari yang boleh diacungkan oleh masing-masing anak. Biasanya jari 1 sampai 5 untuk tingkatan dasar, 1 sampai 10 untuk tingkatan tinggi, dan boleh juga 1 hingga 20 termasuk jari kaki untuk menambah keseruan permainan.

Ketiga, semua anak mengucapkan kalimat, “ABC 5 Dasar” sambil mengacungkan jarinya sesuai yang diinginkan.

Keempat, salah satu anak mengurutkan jumlah jari sesuai dengan urutan alfabet untuk menentukan huruf apa yang akan menjadi dasar ditebaknya kata pada jari terakhir. Misal pada jari terakhir didapatkan huruf “K”, maka setiap anak menyebutkan satu kata yang didasari huruf “K” sesuai aturan kategori yang ditentukan. Misal, kategori nama-nama hewan, seperti kucing, kerbau, kadal, dan lain-lain. Permainan bisa dimainkan berulang-ulang. Anak yang tidak bisa menyebutkan kosakata yang benar, maka akan mendapat konsekuensi sesuai kesepakatan.

Melalui bermain ABC 5 Dasar yang menyenangkan dan menantang, tanpa terasa mereka telah meningkatkan kecerdasan bahasda anak. Permainan ini bisa juga dimainkan oleh orang tua dan anak sebagai sarana edukasi dan membangun kedekatan emosional.

Sumber: ruanggurupaud

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.