Pohon Mangrove Raksasa di Halmahera Maluku Utara

Hutan Mangrove Purba di Halmahera, Provinsi Maluku Utara (https://michaelrisdianto.blogspot.com)

Bersyukurlah kita masih ada pohon mangrove raksasa di suatu kawasan yang masih alami di pantai timur Halmahera, Maluku Utara. Daerah tersebut berupa hutan mangrove yang jarang terjamah.

Udara lembab dan bau khas daerah rawa terasa begitu menyengat, saat memasuki hutan payau di pesisir Teluk Buli ini. Akar yang tumbuh tak beraturan di sana sini, kerap menjadi penghalang dan memaksa kami untuk berhati-hati. Lumpur sedalam paha dan lutut pun selalu siap menyambut, jika tak pandai meniti jalan.

Tegakan mangrove tua di Halmahera Timur yang didominasi bakau Tanjang Merah (Bruguiera gymnorrhyza) dan bakau Rhizophora mucronata

Saat terjebak dan tak bisa bergerak, ratusan adas dan nyamuk serentak menyerbu dari segala penjuru. Segala jurus pun dikeluarkan untuk menghalau serangga pengganggu ini. Belum lagi ancaman ular dan buaya muara, mengintai kami setiap saat.

Saat berada di tengah-tengah hutan mangrove, dibuat takjub oleh ratusan pohon bakau berukuran besar yang tumbuh tegak, lurus, tinggi menjulang. Akar-akarnya tumbuh berjuntai dari batang utama, jauh di atas kepala kami. Akar ini kemudian tumbuh melengkung, menghujam bumi dan menjadi penopang bagi sang bakau yang tumbuh di atas tanah berlumpur yang labil.

Hutan Mangrove Purba di Halmahera, Provinsi Maluku Utara (https://michaelrisdianto.blogspot.com)

Tegakan mangrove tua di Halmahera Timur yang didominasi Tanjang Merah (Bruguiera gymnorrhyza) dan Rhizophora mucronata. Dari hasil pengukuran yang dilakukan, lingkar batang mangrove di hutan ini rata-rata mencapai lebih dari 40 cm dengan tinggi pohon lebih dari 30 meter, dengan umur diperkirakan lebih dari 50 tahun.

Pulau Pakal

Kepiting Raksasa di Hutan Mangrove Purba di Halmahera, Provinsi Maluku Utara (https://michaelrisdianto.blogspot.com)

Sebuah pulau di Teluk Buli dengan luas sekitar 500 hektar. Pulau ini berbukit-bukit dan kelihatan tak berpenghuni. Hutan mangrove yang tumbuh tergolong tipe mangrove tepi (fringing mangrove) dan mangrove sungai (riverine mangrove).

Saat berjalan di sekitar hutan bakau ini, dikejutkan saat melihat dari dekat ukuran akar tunjang yang begitu besar. Akar ini menopang sebatang pohon bakau minyak (Rhizophora apiculata) yang sangat lurus dan besar, lingkar batang 201 cm, diameter batang 63,70 cm, 30 meter tingginya. Usia bakau ini kami perkirakan: 75-80 tahun, bakau ini benar-benar bakau raksasa.

Fauna

Pergam Laut Ducula bicolor (kiri atas), Nuri Pipi Merah Geoffroyus geoffroyi (kiri bawah), Kakatua Putih Cacatua alba (tengah atas), Ular Phyton Phyton reticulatus (tengah bawah) dan Gagak Halmahera Corvus validus (kanan bawah).

Fauna Mangrove Halmahera, seperti Pergam Laut (Ducula bicolor), Nuri Pipi Merah (Geoffroyus geoffroyi), Kakatua Putih Cacatua alba (tengah atas), Ular Phyton Phyton reticulatus dan Gagak Halmahera (Corvus validus). Selain itu diketemukan ikan kepiting raksasa, kerang merah (bia wei), cacing laor, dan lain sebagainya.

Sumber: dody94

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.