Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu (https://en.wikipedia.org)

Museum Negeri Bengkulu merupakan tempat penyimpanan koleksi benda-benda bersejarah dan adat budaya masing-masing suku yang terdapat diantaranya adalah koleksi pakaian pengantin dan pakaian adat, alat-alat rumah tangga, senjata tradisional, bentuk-bentuk rumah adat, tulisan huruf Ka ga nga dan peninggalan-peninggalan masa prasejarah mulai dari masa peradaban batu sampai perunggu.Selain itu, ada peninggalan kerajinan kain tenun yang terdiri dari masyarakat Enggano dan aneka jenis motif kain besurek. 

Museum Bengkulu mulai dibangun pada tahun 1978. Namun, museum ini baru difungsikan pada 3 Mei 1980. Pada awalnya, Museum Negeri Bengkulu bertempat di Benteng Marlborough. Tiga tahun kemudian, tepatnya 3 Januari 1983, museum ini menempati gedung baru di Jalan Pembangunan No.8 Padang Harapan. Museum yang diresmikan oleh Drs. GBPH Poeger, Dirjen Kebudayaan pada waktu itu.

Koleksi

Museum ini memiliki dua ruangan pameran, yakni ruang Pameran Tetap dan Pameran Temporer. Di kedua ruang pameran inilah, pengunjung dapat melihat 3.660 koleksi yang meliputi bidang biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika/heraldika, filologika dan keramologika.

Koleksi yang ada antara lain:

Nekara atau Berumbung

Merupakan benda yang terbuat dari bahan perunggu yaitu timah campuran tembaga, benda tersebut dibuat pada zaman perunggu. Benda tersebut pada zamannya berpungsi sebagai genderang perang dan dapat juga digunakan untuk perlengkapan upacara.

Bilik Pengantin

Bilik pengantin merupakan salah satu syarat dalam adat Bengkulu jika suatu keluarga hendak menggelar pernikahan. Tentu saja bilik ini disediakan bagi mempelai baru untuk menikmati malam pertama mereka sebagai pasangan suami istri. Perlengkapan yang harus ada dalam bilik pengantin antara lain katil (ranjang) yang diselimuti kelambu tujuh lapis berwarna dasar merah. Kelambu ini tampak mewah dengan hiasan sulaman benang emas.

Mesin Cetak Uang

Namanya mesin cetak Drukkey Popular dengan merek Golden Press. Mesin cetak produksi Amerika Serikat ini dibuat pada 1930. Drukkey Popular inilah yang dipakai oleh pemerintah Indonesia untuk mencetak uang merah. Uang merah merupakan sejenis Oeang Republik Indonesia (ORI) yang difungsikan sebagai alat tukar-menukar yang sah khusus di wilayah Bengkulu.

Tempayan Kubur

Merupakan salah satu koleksi yang sangat unik. Jadi, pada masa lalu, jasad dikubur disertai dengan tempayan yang berisi harta bendanya. Para peneliti menyebut tempayan itu bisa juga berisi makanan. Masyarakat pada masa itu menganggapnya sebagai bekal anggota keluarga di alam kubur. Benda-benda kuno yang ditemukan dari dalam tanah itu dibersihkan lalu direkonstruksi terlebih dahulu sebelum dipajang di museum ini.

Kain Besurek

Motif besurek yaitu huruf Arab (aksara Hijaiyah). Namun, jangan salah sangka. Meski menggunakan huruf Arab, tulisan di kain besurek bukanlah ayat Alquran atau hadis Nabi. Motif-motif ini tidak menjalin kata sehingga tidak bisa dibaca dan tidak bermakna.

Baca juga: Batik Besurek Bengkulu dan Batik Kaganga Bengkulu

Tenun Enggano

Kerajinan kain tenun suku Enggano di Museum Bengkulu tak kalah menarik. Enggano merupakan salah satu suku pribumi Bengkulu. Mereka mendiami Pulau Enggano, pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia. Pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Sejak zaman dulu, suku Enggano telah piawai menenun kain. Di museum ini tersimpan banyak kain tenun Enggano beragam motif dan warna.

Aksara Kaganga

Bengkulu juga punya aksara daerah, namanyaKaganga. Aksara kuno ini dahulu dipakai oleh Suku Rejang sebagai bahasa tulis. Karena itulah, aksara Kaganga dianggap sebagai simbol peradaban Suku Rejang. Hebat ya mereka. Pada zaman prasejarah mereka sudah mengenal literasi.

Tidak semua benda yang ada di museum ini ditempatkan dalam ruangan pameran, hal itu untuk menjaga agar tidak rusak dan hilang, karena benda koleksi itu tidak hanya mempunya nilai sejarah saja sehigga benda tersebut dirahasiakan.

Museum Negeri Bengkulu
Jl. Pembangunan No. 8, Padang Harapan,
Kecamatan Gading Cempaka, Bengkulu 38223
Telp. : (0736) 22098
Faks. : (0736) 28550

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.