Museum – Museum di Jambi

Infografis Museum Seantero Jambi, Desain: Jhoni Imron (https://kajanglako.com)

Kekayaan sejarah dan budaya di provinsi Jambi melimpah. Bagaimana generasi sekarang dapat melacaknya? Museum adalah salah satu tempat yang tepat menjawab keingintahuan kita tentang sejarah dan budaya tersebut.

Kota Jambi
Museum Siginjei

Sebelum Siginjei, museum ini bernama Museum Negeri Jambi. Museum ini menampilkan kekayaan alam, wisata, sejarah dan keanekaragaman budaya suku asli provinsi Jambi yaitu Melayu, Batin, Rimba, Anak Dalam, Kerinci, Pindah dan Penghulu. Museum ini juga secara khusus menampilkan koleksi perhiasan emas dari masa kerajaan Melayu kuno.

Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Memuat sejarah perjuangan rakyat Jambi, khususnya saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Pesawat terbang Catalina disewa oleh Dewan Pertahanan Daerah Jambi dari seorang mantan penerbang RAAF (Royal Australian Air Force) bernama Kobley, untuk kepentingan perjuangan mempertahankan dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Museum Rumah Adat Jambi

Berada di dalam kompleks kantor gubernur Jambi tepatnya di Taman Mayang Mangurai dekat pintu keluar kantor gubernur di Jl. Ahmad Yani, Telanaipura, Kota Jambi. Museum ini menempati rumah adat Jambi yang bernama Kajang Lako. Museum ini menampilkan pakaian adat kabupaten kota se-provinsi Jambi.

Museum Zoologi

Museum Zoologi dan klinik Hewan yang terletak di Kompleks UPT Kebun Binatang Taman Rimbo Pal Merah Jambi, Jl. Sunaryo No. 94 Talang Bakung, Jambi. Memuat koleksi hewan-hewan yang telah diawetkan.

Museum Gentala Arasy

Terletak di Menara Gentala Arasy, Kelurahan Arab Melayu, Kecamtan Pelayangan, Kota Jambi. Memuat sejarah masuknya Islam (pesantrean dan karya ulama) di provinsi Jambi khususnya di kawasan Seberang Kota Jambi.

Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi

BPCB bukan tergolong museum, sebagaimana Siginjei. BPCB Jambi merupakan unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang pelestarian cagar budaya baik situs, kawasan maupun benda-benda arkeologi. Namun di ruangan konservasi dan preparasi BPCB Jambi terdapat temuan-temuan arkeologis masa lampau Jambi dan daerah lain yang menjadi tupoksi dan kewenangan kelembagaannya. Untuk melihat temuan-temuan tersebut hanya dapat dengan surat izin tertulis untuk kepentingan penelitian. Dengan demikian, kantor BPCB Jambi menjadi penting dikunjungi oleh para peneliti. Alamat: Jl. Samarinda, Kotabaru, Kota Jambi.

Kabupaten Muaro Jambi
Pusat Informasi Candi Muaro Jambi

Menampilkan koleksi artefak dari kawasan Percandian Muaro Jambi. Museum Balai Pelestarian Cagar Budaya ini berada di kompleks Percandian Muaro Jambi. Alamat: Desa Danau Lamo, Maro Sebo, Kab. Muaro Jambi

Museum kecil ini berada di kompleks candi Muaro Jambi, tidak jauh dari candi Gumpung. Menampilkan sejarah, penjelasan dan beberapa koleksi artefak dari candi Muaro Jambi. Termasuk sebuah arca Prajnaparamitha nan cantik. Sayang, pemandu tidak selalu berada di dalam kantor informasi.

Pusat Informasi Candi Muaro Jambi
Kompleks Candi Muaro Jambi, Ds. Danau Lamo, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi
Buka : Senin-Minggu 08.00 – 17.00

Tiket : Gratis

Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Museum Desa Air Hitam Laut

Museum ini menempati sebuah ruang kecil di dalam kompleks pesantren Wali Peetu Air Hitam Laut Alamat: Desa Air Hitam Laut, Kec. Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Menyimpan pecahan keramik dari Dinasti Sung, pecahan bom dan nisan kuno zaman kesultanan Melayu Jambi.

Kabupaten Merangin
Museum Geopark Merangin

Museum ini terletak Jl. Mayor Syamsuddin Uban, Pasar Bawah, Bangko (eks Kantor Dinparbudpora Kabupaten Merangin), Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi

Museum Geopark Nasional Merangin ini menyimpan fosil-fosil bebatuan dan tetumbuhan yang umurnya ratusan juta tahun; kekayaan alam, dan berbagai alat rumah tangga, alat pertukangan dan alat kesenian masyarakat Merangin.

Rumah Tuo Rantau Panjang

Terletak di Kelurahan Kampung Baruh, Rantau Panjang, Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Rumah adat asli suku Batin di Rantau Panjang sekitar 30 menit dari Kota Bangko. Rumah ini dihuni oleh keturunan ke-14 dari raja Puyang Bungkuk, leluhur suku Batin. Di rumah ini juga tersimpan perkakas rumah tangga seusia rumah. Dengan demikian, keberadaan rumah seisinya dapat memberi gambaran kepada kita mengenai sejarah dan budaya tempatan.

Kota Sungai Penuh
Museum Iskandar Zakaria

Museum pribadi ini terletak di Jl. RA Kartini, Dsn. Nek, Kelurahan Dusun Baru, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Museum milik budayawan Iskandar Zakaria ini menyimpan artefak prasejarah dan sejarah yang tersebar diberbagai penjuru daerah di Kerinci.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.