Keindahan Hutan Mangrove dengan Terumbu Karang di Maluku Utara

Hutan mangrove Telaga Kum dengan air yang jernih hingga terlihat terumbu karangnya

Hutan mangrove dengan terumbu karang terletak di Telaga Kum, Pulau Mangoli, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara.

Nama Kabupaten Kepulauan Sula di Maluku Utara memang masih jarang terdengar di kalangan Traveler. Namun layaknya aneka destinasi indah di Indonesia, kabupaten Kepulauan Sula menyimpan sejumlah ‘permata yang tersembunyi’, seperti Telaga Kum di Pulau Mangoli.

Hutan mangrove Telaga Kum dengan air yang jernih hingga terlihat terumbu karangnya (https://traveltodayindonesia.com)

Pada umumnya, air di hutan mangrove cenderung keruh dan hijau. Namun lain halnya di Kepulauan Sula, jernih dan dihiasi oleh terumbu karang. Suatu fenomena unik yang jarang dijumpai di hutan mangrove Indonesia.

Aktivitas lain

Salah satu daerah di Maluku Utara yang memiliki keindahan alam begitu cantik adalah Kepulauan Sula terdiri dari 29 pulau, namun hanya lima pulau yang berpenghuni. Antara lain Pulau Sulabesi, Mangoli, Lifmatola, Pas Ipa, dan Pastabulu. Pusat kotanya yaitu Sanana di Pulau Sulabesi.

Wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling, diving, menikmati keindahan panorama laut, hingga berfoto-foto di spot instagramable.

Cara pencapaian lokasi

Hutan mangrove Telaga Kum (https://traveltodayindonesia.com)

Dari Pelabuhan Sanana di Pulau Sulabesi, pulau terbesar di Kepulauan Sula, perjalanan menuju Telaga Kum memakan waktu sekitar 1 jam lebih menggunakan speedboat. Panorama alami sepanjang perjalanan tentu saja tersaji.

Setibanya di mulut telaga, Anda bisa berganti moda transportasi dengan perahu sampan berkapasitas 8-10 orang. Kapal sekelas speedboat memang tidak dapat masuk ke dalam telaga karena ukurannya yang besar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.