Hutan Mangrove Wanatirta Kulonprogo Yogyakarta

Hutan Mangrove Wanatirta (https://www.nativeindonesia.com)

Hutan Mangrove Wanatirta terletak di Dusun Jangkaran, Desa Pasir Mendit, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Luasan mangrove yang sudah tertanam berkisar enam hektar, yang membentang dari Pasir Pendit hingga Pasir Kadilangu. Saat ini, kawasan menggrove tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah daerah Kab. Kulonprogo sebagai Daerah Perlindungan Mangrove.

Hutan Mangrove Wanatirta (https://www.nativeindonesia.com)

Wanatirta sebagai organisasi yang dibentuk atas kepedulian warga terhadap kelestarian tanaman mangrove berdiri sejak tahun 2009. Kala itu, warga masih berupaya sendiri untuk mengelola hutan mangrove di kisaran sungai Bogowonto ini. Belum ada kepedulian dari pemerintah sama sekali. Warga harus bergilir untuk mengontrol dan mengelola mangrove. Namun, dua tahun terakhir bantuan dari berbagai pihak mulai berdatangan.

Kelompok Wana Tirta sadar bahwa kehidupan di pesisir tentu saja memiliki ancaman baik dalam skala kecil maupun besar yang dapat terjadi setiap saat. Berangkat dengan kesadaran yang sama Saptono Tanjung bersama Yayasan Damar beserta instansi terkait melakukan pendampingan terhadap Kelompok Wanatirta.

Jenis Mangrove

Hutan Mangrove Wanatirta (https://metrotvnews.com)

Mangrove di sekitar muara Sungai Bogowonto memiliki karakteristik unik, tumbuh di areal berpasir dengan arus ombak dan angin yang besar. Akan tetapi, banyak juga kendala yang dihadapi, seperti banyaknya hama, Sumpil (melania atau kerang) yang menempel di batang mangrove dan merusak dan mematikan tanaman mangrove. “Selain itu, abrasi dan buka tutup mulut sungai Bogowonto dan keadaan air pasang yang berkepanjangan,” kata Warso Suwito, Ketua Kelompok Tani Pasir Mendit. Jenis Mangrove yang ada, Rhizophora sp, Avicennia sp, Bruguiera gymnorrhiza, Rhizophora mucronata.

Hutan Mangrove Wanatirta (https://www.cowasjp.com)

Fauna

Pengunjung bisa melihat banyak tanaman mangrove di sekeliling kanan kiri. Juga bisa menjumpai ikan glodog, sumpil, dan kepiting bakau yang ada di bawah jembatan atau rawa.

Hutan Mangrove Wanatirta (https://www.kompasiana.com)

Pengunjung bisa pula naik perahu jika ingin melihat pemandangan sekitar mangrove. Atau ke Goa Mangrove yang mengantarkan Kelompok Tani Pasir Mendit sebagai peraih peringkat ketiga seleksi Kalpataru kategori Penyelamat Lingkungan tingkat DIY tahun 2017.

Informasi lebih lanjut hubungi

Hutan Mangrove Wanatirta
Dusun Jangkaran, Desa Pasir Mendit, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp: +62815 7859 7186 (Warso Suwito)

One thought on “Hutan Mangrove Wanatirta Kulonprogo Yogyakarta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.