Hutan Mangrove Sedari Cibuaya Karawang Jawa Barat

Hutan Mangrove Sedari (https://jalanjalankebumi.blogspot.com)

Hutan Mangrove Sedari terletak di pantai Sedari, Dusun Tirtasari, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memiliki panjang pantai 4 km serta hutan mangrove sekitar 40 ha.

Fenomena ini juga terjadi di sepanjang pesisir pantai Dusun Tirtasari, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Karawang, Jawa Barat. Data Kepala Dinas Pertanian Kehutanan Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Karawang menunjukkan terjadinya penurunan luasan bakau di kawasan ini, yaitu dari 1.186,1 ha (1993), menurun drastis menjadi hanya 233,7 ha (Agustus 2013). Fakta ini sangatlah meresahkan, khususnya bagi Isan Setiawan yang kemudian menjadi sosok pembawa perubahan di kawasan ini.

Hutan Mangrove Sedari (https://www.facebook.com)

”Masyarakat sekitar yang banyak berprofesi sebagai nelayan dan petambak ikan memiliki pemikiran awam bahwa hutan mangrove sangat merugikan mereka. Dengan semakin hijaunya hutan mangrove, akan mengundang kawanan burung yang mengganggu ikan-ikan yang sedang dibudidayakan. Hal itu yang membuat hutan mangrove di desa ini dibabat habis dan kayunya dijadikan kayu bakar,” imbuhnya.

Isan percaya bahwa hutan ini perlu segera diperbaiki sehingga dapat dikembalikan ke fungsinya sebagai kawasan hutan mangrove. Pada 2012, bekerja sama dengan Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) dan Koalisi Masyarakat Demokrat Pemantau (Komdep), Isan memprakarsai berdirinya Program Orang Tua Asuh Pohon (OTAP). OTAP menargetkan penanaman bakau sebanyak 200.000 pohon dalam lima tahun dengan melibatkan partisipasi masyarakat dan karyawan.

Isan Setiawan (https://sindonews.com)

Kegiatan rutin program OTAP terdiri atas penyuluhan, pembelian bibit bakau, penanaman, pemantauan tanaman dan evaluasi program. Dalam program ini, karyawan dan keluarga menyumbangkan bibit pohon untuk ditanam di daerah pesisir. Setiap bibit pohon senilai Rp. 60.000 dan setiap bibit pohon yang disumbangkan, maka perusahaan juga menyumbangkan dengan nilai yang sama.

Jenis Mangrove

Sedekah pohon Mangrove (https://www.pepelingkarawang.org)

Jenis bakau yang ada antara lain Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Rhizophora Stylosa, Avicennia marina, Sonneratia alba, Lumnitzera racemosa, sedangkan vegetasi lainnya adalah Dolichandrone spatacea, Acrostichum aurecum, Acanthus ilicifoleus.

One thought on “Hutan Mangrove Sedari Cibuaya Karawang Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.