Tempat Pentas Seni Budaya di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat

Seperti pada umumnya masyarakat yang berdomisili di bagian tengah Jawa Barat, pola kehidupan masyarakat Kabupaten Purwakarta didominasi oleh kultur budaya Sunda. Sejalan dengan perkembangan zaman yang ditandai oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, masyarakat Purwakarta banyak dipengaruhi oleh budaya asing.

Namun demikian, budaya masyarakat pada dasarnya tetap bernuansa budaya Sunda dan nilai-nilai agama, terutama agama Islam. Mayoritas penduduk Kabupaten Purwakarta adalah pemeluk Agama Islam (muslim) dan sisanya adalah non-muslim. Dengan kata lain, penduduk Purwakarta adalah masyarakat beragama.

Gedung Teater Yudhistira    

Gedung Teater Yudhistira (https://newspurwakarta.com)

Terletak di Jl. Ganda Negara No.25, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41111.

Gedung ini menjadi tempat berekspresi warga Purwakarta, bisa bersastra dan berteater. Gedung teater ini berkapasitas 500 kursi penonton, untuk menyuguhkan tontonan film layar lebar, bisa digunakan untuk menampilkan opera atau bahkan ‘jam session’ bersama artis-artis terkenal.

Taman Maya Datar

Taman Maya Datar (https://www.teluklove.com)

Terletak di Komplek Pendopo Kabupaten Purwakarta, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41111

Taman Maya Datar (https://www.teluklove.com)

Taman Maya Datar tampil begitu cantik dengan bunga-bunga di sekelilingnya, serta dua air mancur yang dilengkapi dengan pencahayaan yang ciamik. Macan putih yang melambangkan Prabu Siliwangi pun seolah mengaum gagah di muka taman.Meski Taman Maya Datar biasa berfungsi sebagai lapangan alun-alun kota yang biasa digunakan untuk pelbagai upaca resmi, namun taman cantik ini juga dibuka untuk masyarakat luas pada pagi dan sore hari.

Tempat terselenggaranya pergelaran Festival Budaya Dunia 2015, sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun Kabupaten Purwakarta ke-184.

Sanggar Seni Tari

Sanggar Putra Purna Yudha
Jl. Basuki Rahmat, Gg.Seledri RT 46/02, Sindang kasih, Purwakarta
Telp.: 0813 8731 6280, 0813 8731 6280
Website:  http://sanggar-putrapurnayudha.blogspot.com

Sanggar Tari Putra Purna Yudha Purwakarta, mengukir banyak prestasi sepanjang eksistensinya dalam melestarikan kesenian sunda. Sanggar ini telah membawa harum nama Purwakarta di tingkat provinsi maupun nasional. Di Tahun 2018 meraih juara 1 dan 2 katagori rampak umum. Wajar jika Sanggar Putra Purna Yudha menjadi kebanggan masyarakat Purwakarta.

Sanggar Tari Puspatika

(https://insta-stalker.com)

Terletak di Jl. Kapten Halim, Gg. Adung, RT.004/RW.02, Kertajaya, Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41172.
Telp.: +62 878-7978-6116
FB: https://www.facebook.com/PadepokanSekarPanggungPurwakarta/

Sanggar yang melahirkan anak – anak muda yang menekuni dan berpartisipasi dalam melestarikan salah satu kesenian yang menjadi simbol jawa barat.

Sanggar Tari Dangiang Padjadjaran

(https://www.facebook.com)

Terletak di Perum Panorama Indah Blok E4/32, Purwakarta 41115
FB: https://www.facebook.com/pages/Sanggar-Tari-Dangiang-Padjadjaran-Purwakarta/1678326742484821

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.