Tarian Tradisional Magetan Jawa Timur

Magetan merupakan kota kecil yang asri terletak di bagian paling barat dari propinsi Jawa Timur. Kabupaten Magetan berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Gunung lawu menjadi ikon dan kebanggaan kabupaten Magetan yang mana gunung ini menjadi penopang  besar dalam pertumbuhan ekonomi masyarakatnya khususnya di bidang pariwisata. Kabupaten Magetan memiliki segudang tarian tradisional dan tarian kreasi baru yang masih lestari hingga sekarang.

Tari Nirmala

Tari Nirmala (https://pariwisatamagetan.wordpress.com)

Kata “NIRMALA” itu sendiri berasal dari dua suku kata yaitu “nir” yang dalam bahasa jawa berarti “tidak”, dan kata “mala” yang berarti “kesukaran” yang mencerminkan kehidupan Dusun Wonomulyo yang hidup dalam kedamaian dan kemuliaan.

Tari Nirmala (https://pariwisatamagetan.wordpress.com)

Tarian ini mengangkat tema sosial dengan ide tari yaitu “Mobyor Masyarakat Dusun Wonomulyo”, menyangkut kehidupan masyarakat dusun wonomulyo yang penduduknya memiliki latar belakang yang bervariasi, namun kerukunan antar warganya masih terjalin sangat baik. Hal tersebut terlihat pada tradisi upacara Bersih Desa hingga upacara Galungan, masyarakat Wonomulyo memiliki toleransi yang sangat tinggi. Gambaran kehidupan seperti itu menjadi inspirasi Ferry Cahyo Nugroho, S.Pd selaku koreografer menjadi sebuah sebuah karya seni dalam bentuk tarian, dilakukan oleh 7 orang penari.

Tari Bandol

Tari Bandol diciptakan oleh seniman Kabupaten Magetan yaitu Sarwo Edy Santoso dan Imam Joko. Tari ini menceritakan tentang kegagahan prajurit gondokusuman masa kerajaan Mataram Islam yang melawan penjajah Belanda yang hendak menjajah Kabupaten Magetan.

Tari ini memiliki nilai filosofis kepahlawanan, kewibawaan, persatuan, rasa saling peduli, pantang menyerah dan sifat kerjasama (kebaikan). Tari bandol merupakan hasil dari perlombaan tari yang dilakukan dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Magetan yang menginginkan adanya tarian khas Kabupaten Magetan.

Tari ini sering di tampilkan dalam berbagai acara di Kabupaten Magetan, seperti upacara temu temanten, hari jadi Kabupaten Magetan dan larung sesaji. Tari Bandol sudah dijadikan ekstrakulikuler di sekolah-sekolah di Kabupaten Magetan.

Tari Retno Wulandari

Tarian yang berkisah mengenai sosok pahlawan wanita Bumi Mageti (Magetan) yang sangat besar rasa cinta tanah air dan bela negaranya. Bersama-sama dengan teman sebayanya dia menghimpun dan menyusun kekuatan mengusir Belanda dari bumi kelahirannya.

Tari Gondang Kasih

Tarian ini merupakan gambaran dua sisi berbeda, merah dan putih, yang saling memberi warna dan kekuatan. Gerak tari ini dipersembahkan sebagai ungkapan rasa hormat dan terima kasih kepada segenap undangan yang telah berkenan hadir.

One thought on “Tarian Tradisional Magetan Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.