Kuliner Khas Kabupaten Karawang Jawa Barat

Potensi wisata kuliner di Kabupaten Karawang, Jawa Barat sebenarnya cukup tinggi tetapi karena belum tergarap secara serius, menyebabkan pemasukan bagi pemerintah daerah lewat cakupan sektor pajak belum tergali optimal. Padahal, jika digali dan dikembangkan, wisata kuliner tersebut bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak restoran.

Baca juga: Camilan Khas Kabupaten Karawang Jawa Barat

Pepes Walahar  

Pepes Walahar (https://www.inspiradata.com)

Pepes walahar makanan khas Karawang, pepes bervariasi yaitu pepes usus, pepes jambal, pepes ayam, pepes tahu, pepes ikan mas, pepes oncom, pepes jamur, dan pepes teri.

Pepes Walahar H. Dirja terletak di Jl. Bendungan Walahar, Walahar, Kutapohaci, Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41363

Soto Gempol

Soto Gempol (https://www.inspiradata.com)

Soto Gempol makanan khas Karawang, sudah ada sejak tahun 1980-an, pertama kali dibuat dan dipopulerkan oleh Haji Abdul Syukur dan Hajjah Fatimah. Soto Gempol ini agak mirip dengan soto betawi yang banyak dijual orang, kuah Soto Gempol berwarna lebih kekuningan.

Rasa soto yang nikmat, akan terasa lebih nikmat dengan tambahan teburan emping, daun bawang. Soto gempol ini mempunyai 4 varian rasa yang nikmat, yakni rasa daging, ayam, usus dan babat.

Soto Gempol Raya (d/h Soto Gempol Hj. Fatimah) terletak di Jl. Rangga Gede No.45, Tanjungpura, Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41316.

Soto Tangkar

Soto tangkar (https://pegimakan.id)

Soto tangkar makanan khas Karawang ini terbuat dari daging sandung lamur yang dimasak sedemikian rupa dengan campuran bumbu khas kemudian diaduk hingga mendidih. Terakhis sajikan soto tangkar ini bersama dengan nasi putih hangat dan juga es teh sebagai menu makan siang anda.

Soto tangkar Mang Nean terletak di Jl. Dewi Sartika No.23 – 38, Nagasari, Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41312.

Soto Sadang

Soto Sadang (http://www.masakandapurku.com)

Soto Sadang merupakan masakan khas Karawang, yang memiliki rasa asam dan gurih ini sangat segar sekaligus membikin ketagihan. Per porsinya, biasanya disajikan daging sapi atau ayam dalam jumlah yang banyak. Kuahnya bening dan terkesan seperti acar yang diberi kuah ketika pertama kali melihatnya. Disajikan saat cuaca dingin sangat nikmat seekali.

Soto Sadang terletak di Jl. Veteran No. 12, Sadang, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41118

One thought on “Kuliner Khas Kabupaten Karawang Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.