Kuliner Khas Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Kabupaten Cianjur dikenal dengan kualitas berasnya yang enak dan gurih. Juga anda akan menemukan berbagai ragam kulinernya yang khas bila anda mampir ke Cianjur, silahkan eksplor kulinernya.

Baca juga: Camilan Khas Cianjur Jawa Barat

Geco

Geco (https://www.idntimes.com)

Geco merupakan singkatan dari tauge dan tauco, makanan khas daerah Cianjur ini memiliki tampilan yang mirip dengan kupat tahu. Hanya saja berbeda pada sajian saus tauconya.

Geco yang terkenal di Cianjur yaitu Geco Nusasari yang berada di Jalan Siti Jenab, Samping Bandoeng Optikal. Geco Nusasari ini isinya yaitu ketupat, toge, tahu goreng, mie aci yang disiram dengan tauco ditambah kecap, cuka, dan sambel.

Laksa Cianjur

Laksa Cianjur (https://cianjursmartcity.blogspot.com)

Laksa terdiri dari bihun, toge, tahu, oncom, telur dan beberapa bahan lainnya yang disiram dengan kuah kuning. Makanan ini paling cocok di nikmati saat pagi hari atau saat hujan.

Laksa bisa ditemukan pasar Suuk, di sekitar Jalan Barisan Banteng dan sekitar Jalan Mokhamad Ali.

Bubur Ayam Cianjur

Bubur ayam Cianjur (https://www.idntimes.com)

Ciri khas dari bubur ayam Cianjur ini yaitu tekstur bubur yang tidak terlalu kental dan tidak encer ditambah berbagai bumbu tambahan seperti bumbu kuning dengan irisan ati dan ampela, bawang goreng, seledri, kacang, suiran ayam dan bisa ditambah dengan toping lain seperti telur rebus dan gorengan.

Bubur ayam yang paling terkenal di Cianjur yaitu Bubur Ayam Sampurna yang berada di Jalan H. Agus Saleh (Bomero City Walk).

Pesmol Kembung

Pismol kembung (https://cianjursmartcity.blogspot.com)

Merupakan masakan khas Cianjur, ikan kembung yang dimasak atau digoreng diberi lumuran jeruk dan garam hingga matang. Kemudian haluskan bumbu-bumbu dan tumis bersama dengan daun salam dan daun jeruk yang tadi telah digeperek hingga harum setelah itu masukan air sebanyak 150 ml lalu tambahkan gula, garam, kaldu hingga mendidih kemudian masukan ikan kembung yang telah tadi kalian goreng aduk hingga bumbu menyusut, pesmol ikan kembung khas cianjur siap disajikan.

Nasi Pepes

Nasi pepes (https://kangapip.com)

Nasi pepes merupakan masakan khas cinajur ini menggunakan bumbu dan rempah banyak ditemui di Indonesia semakin menambah rasa nikmat dan lezat. Yang membuat khasnya lagi adalah aroma yang berasal dari daun kemangi. Cara memasaknya bisa dibakar ataupun dikukus. Nasi pepes ini dapat dinikmati dengan tambahan lauk dan sayuran lainnya yang akan menambah rasa gurih. Dan yang paling penting adalah sambal terasi. Kali ini yang akan dibagikan resepnya adalah nasi pepes yang dikukus. Berikut ini resep dan cara membuatnya.

One thought on “Kuliner Khas Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.