7 Tips Aman dari Gempa Untuk Traveler

Kerusakan gempa di Parigi Moutong

Gempa Palu mesti jadi pengingat bahwa Indonesia ada di daerah cincin api yang rawan gempa. Jangan lupa dengan tips aman gempa dimanapun traveler berada.

Indonesia menjadi pertemuan lempeng-lempeng dunia. Hal ini membuat Indonesia sangat riskan dengan adanya gempa. Tak terkecuali di daerah wisata.

Bagi traveler yang sedang liburan, harus tahu beberapa kiat agar tetap aman dan tenang. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (1/10/2018), berikut ini kiat-kiat saat menghadapi gempa:

1. Tetap tenang

Saat gempa berlangsung, usahakan untuk tetap tenang. Pikiran yang tenang memudahkan traveler dalam proses evakuasi dan menyelamatkan diri.

2. Berlindung di bawah meja

Jika sedang berada di dalam ruangan, traveler bisa segera berlindung di bawah meja. Ini meminimalkan risiko traveler tertimpa reruntuhan.

Ilustrasi Gempa Bumi (http://news.analisadaily.com)

3. Jangan pakai lift

Kalau sedang berada di dalam gedung, traveler sebaiknya turun menggunakan tangga bukan lift. Sehingga saat listrik padam, traveler tidak terjebak di dalam lift.

4. Jangan bawa barang

Saat terjadi gempa, selamatkanlah diri. Membawa barang hanya akan memberatkan traveler dalam proses evakuasi. Ransel yang besar bisa mengganggu saat evakuasi.

5. Tinggalkan kendaraan

Traveler yang sedang dalam perjalanan dan merasakan gempa, diharapkan untuk meninggalkan kendaraan. Sehingga meminimalisir kejadian terkurung di dalam kendaraan.

6. Cari tempat lapang

Saat gempa, cobalah untuk mencari tanah lapang dan menjauhi gedung. Traveler bisa berkumpul bersama warga lain agar saat evakuasi tak ada yang hilang. Biasanya ada titik-titik evakuasi yang sudah ditentukan.

7. Jauhi pantai

Tsunami sangat sulit untuk diprediksi. Jika sudah terjadi gempa, ada baiknya traveler menjauh dari pantai. Segeralah lari ke tempat yang lebih tinggi dan berlindung.

Sumber: detik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.