Wisata Sejarah di Kota Batu Jawa Timur

1

Kota Batu pada waktu jaman Pemerintahan Belanda merupakan daerah yang terkenal dengan sebutan klein Switserland (Swiss kecil) karena panorama indahnya yang menyerupai negeri Swiss. Lokasi permukiman ini hampir menyerupai bukit-bukit kecil yang di atasnya di bangun rumah-rumah Belanda dengan bentuk dan ciri yang tidak berbeda dengan rumah Belanda pada umumnya.

Hotel Kartika Wijaya

Hotel Kartika Wijaya (https://www.booking.com)

Terletak di Jl. Panglima Sudirman No.127, Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, didirikan oleh keluarga Sarkies yang berasal dari Armenia pada tahun 1891 sebagai vila tempat peristirahatan untuk keluarga Sarkies.

Hotel Kartika Wijaya (https://www.traveloka.com)

Selain mendirikan hotel di Malaysia dan Singapura, Hotel Majapahit (dulunya Hotel Oranje, kemudian Hotel Yamato) di Surabaya yang bersejarah itu juga didirikan dan dikelola oleh Sarkies bersaudara pada zamannya. Semuanya masih berfungsi dan lestari.

Taman Rekreasi Selecta

Taman rekreasi Selecta (@gpswisata)

Taman rekreasi ini terletak di Jalan Raya Selecta No. 1, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini berada di sebelah barat laut Kantor Kepala Desa Tulungrejo, atau sekitar 1,2 kilometer dari Informasi Wisata Desa.

Taman rekreasi Selecta (@gpswisata)

Selecta ini didirikan oleh Franciscus de Ruijter de Wildt pada tahun 1928. Ruijter de Wildt adalah seorang Belanda kelahiran Banyumas pada 24 Februari 1891. Ia adalah putra Jacobus Franciscus de Ruijter de Wildt, seorang administrator Pabrik Gula Klampok di Banyumas (administrateur van de suikerfabriek Klampok te Banjoemas).

Taman rekreasi ini dikelilingi oleh Gunung Arjuno, Welirang dan Anjasmoro, yang memiliki ketinggian 1.150 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara berkisar antara 15ᵒ C – 25ᵒC.

Gedung Simon Stock

Gedung Simon Stock (https://photobucket.com)

Gedung ini terletak di Jalan Panglima Sudirman No. 59, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Lokasi gedung ini berada di samping SD Kristen Sang Timur.

Dahulu, Gedung Simon Stock ini adalah sebuah gereja Katolik yang bernama Gereja Santo Simon Stock, yang didirikan pada tahun 1939 dengan kapasitas hanya untuk sekitar 250 jemaat saja.

One thought on “Wisata Sejarah di Kota Batu Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Sejarah di Kabupaten Malang Jawa Timur

Fri Dec 28 , 2018
Lawang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Malang, dikenal sebagai kota peristirahatan sejak zaman penjajahan Belanda. Karena itu tidak mengherankan bila sampai saat ini masih banyak ditemui bangunan kuno bergaya Belanda di Lawang, termasuk stasiun kereta api yang merupakan salah satu persinggahan kereta api jalur Selatan dari Surabaya ke Malang. Hotel […]