Spot Surfing di Pulau Nias, Sumatera Utara

1

Berselancar di Sorake, Teluk Lagundri

Nias (bahasa Nias Tanö Niha) merupakan kepulauan yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera, Indonesia, dan secara administratif berada dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini merupakan pulau terbesar dan paling maju di antara jejeran pulau-pulau di pantai barat Sumatera, dihuni oleh mayoritas suku Nias (Ono Niha) yang masih memiliki budaya megalitik. Daerah ini memiliki objek wisata penting seperti selancar (surfing), rumah tradisional, penyelaman, fahombo (lompat batu).

Pulau Nias terkenal dengan ombak kelas dunia, dan peselancar masih menjadi segmen terbesar pengunjung ke Nias. Kisah tentang bagaimana gelombang di Teluk Lagundri ditemukan oleh tiga orang Australia pada tahun 1975 telah menjadi legenda dan telah menginspirasi para peselancar petualang di seluruh dunia.

Gelombang utama di Lagundri biasanya termasuk dalam berbagai daftar gelombang terbaik di dunia. Hal ini dianggap sebagai hander yang paling sempurna dan konsisten di Indonesia. Ini juga sangat mudah diakses dengan titik masuk ke ombak hanya beberapa menit dari wisma.

Dengan Sorake sebagai dasar penjelajah selancar, awal menjelajahi Nias dan pulau-pulau terdekat mencari ombak. Setelah Hinakos, Telos dan Afulu ditemukan, menawarkan peselancar dengan gelombang yang berbeda dan pengalaman yang lebih bervariasi. Peselancar memiliki empat bidang yang berbeda untuk dipilih, masing-masing dengan nuansa yang berbeda. Karena perjalanan menjadi lebih mudah di Nias, banyak surfer mengunjungi beberapa daerah ini selama mereka di Nias.

Jadi bagaimana bisa ombak yang menakjubkan tidak membuat Nias menjadi Bali yang lain? Keterpencilan, kurangnya infrastruktur dan bencana alam telah membuat kelangkaan pembangunan pariwisata di wilayah ini, yang sebenarnya adalah kabar baik bagi para peselancar. Selama musim rendah di Sorake Anda dapat berbagi gelombang dengan beberapa orang asing dan anak-anak setempat. Di tempat-tempat seperti Afulu dan Hinakos Anda bahkan bisa memiliki gelombang untuk diri sendiri di tengah-tengah musim tinggi. Nias masih memiliki nuansa yang sangat jauh dari yang lain, terutama di tempat-tempat seperti Asu dan Afulu.

Tempat Surfing

Lagundri – Nias Selatan

Teluk Lagundri terletak di selatan Nias. Di sisi barat teluk merupakan gelombang yang paling terkenal dan tempat di mana semua peselancar telah berkumpul di daerah yang disebut Pantai Sorake.

The Points

The Point hanya ada di Sorake, merupakan hander kelas dunia yang menempatkan Nias di peta. Ini baik sepanjang tahun dan di musim ombak ketika para peselancar dan fotografer datang ke Nias secara khusus untuk acara-acara ini. Gelombang sangat mudah diakses, terletak tepat di depan wisma Sorake Beach. Peselancar memasuki air saat istirahat di karang yang disebut Keyhole, dan kemudian mendayung selama satu atau dua menit untuk mencapai barisan.

Kiddies Corner

Tepat di dalam Point adalah area dengan ombak yang lebih kecil di mana anak-anak lokal dan para pemula nongkrong. Meskipun ombaknya tidak besar, sungguh menakjubkan melihat apa yang anak-anak lokal melakukan di sini.

Indikator

Indikator berada lebih jauh di teluk, tetapi masih sangat mudah diakses dari Sorake. Gelombang ini terutama terjadi selama musim ombak dan untuk yang berpengalaman dan berani hati karena patah dekat dengan karang. Indikator mendapatkan nama mereka dari mana peselancar di Point mencari set yang masuk.

Timur Lagundri

Kebanyakan orang datang ke Nias, di sepanjang jalan pantai timur dari bandara. Di sepanjang jalan ini, tepat di sebelah timur Teluk Dalam, ada beberapa ombak yang patut dikunjungi.

Rock Star – Desa Hilistaro

Ini adalah gelombang tahu terbaik di utara Teluk Dalam. Ini adalah hander kanan dan dapat dengan mudah dilihat dari jalan di sepanjang pantai. Bintang rock adalah salah satu ombak di Nias yang bisa ditelusuri sepanjang tahun.

8-frame / DP / Dipi – Desa Hiliduha

Gelombang selatan Rockstar yang di bawah kondisi yang tepat dapat menghasilkan beberapa barel kiri dan kanan yang besar. Peselancar harus mendekat untuk melihat apakah itu melanggar. Hanya peselancar berpengalaman!

Antara Rock Star dan Teluk Dalam ada banyak hander kiri dan kanan yang memuncak saat ombak bagus. Beberapa dapat dilihat dari jalan; yang lain membutuhkan bush bush melalui hutan. Bawalah salah satu anak lokal dari Sorake untuk menunjukkan jalan, atau naik perahu dari Sorake.

Utara Lagundri

Di utara Lagundri juga ada beberapa ‘rahasia’ ombak. Dengan perahu itu cukup lurus ke depan, dari Sorake hanya berkendara sekitar 8 km di sekitar tanjung yang merupakan sudut barat daya Nias. Pergi darat lebih bersifat petualangan tetapi sangat menyenangkan. Daerah ini sangat indah dengan banyak pantai liar yang tak tersentuh oleh pembangunan. Panduan selancar Gaya Gee sering membawa peselancar ke utara ‘rahasia’ Lagundri dan beberapa guesthouses terkadang juga mengatur perjalanan ke daerah ini. Periksa kondisi dengan peselancar lokal sebelum menuju ke tempat-tempat ini.

Sobatu

Sobatu adalah penangan kanan yang dikenal sebagai salah satu tempat “gelombang besar” di Pulau Nias. Ini hanya untuk peselancar berpengalaman! Untuk mencapai gelombang ini cukup berjalan keluar dari Lagundri bay (barat) selama 20 menit.

Walohiu (secret left)

Hander kiri cocok untuk semua tingkat yang dapat menghasilkan tong epik tergantung pada gelombang dan arah angin. Gelombang ini terletak di dekat muara sungai dan membutuhkan 20 menit berkendara, diikuti dengan 30 menit berjalan di hutan, atau 20 menit dengan Boat. Untuk sampai ke sana dari Sorake naik ke bukit ke desa Botohili. Berkendara ke barat laut di jalan kecil di atas punggung bukit menuju desa Hilisalo’o. Ada jalan yang dibangun sampai ke pantai. Jika belum siap, parkirlah di desa dan berjalanlah. Biasanya Anda bisa mengajak anak-anak di desa untuk menunjukkan jalan.

Sunset Bay (secret right)

Hander kanan untuk semua tingkatan terletak beberapa kilometer di utara Walohiu, di pantai yang indah dan panjang. Sedikit misi untuk mencapai, tetapi tempat yang bagus untuk menghabiskan hari dan bermain-main di pantai istirahat.

Hinakos – Nias Barat

Berselancar di Asu, salah satu ombak terbaik di Sumatera

Hinakos adalah sekelompok pulau di lepas pantai barat Nias. Ada dua ombak kelas dunia yang terkenal di sini dan beberapa ‘rahasia’, cukup untuk membuat peselancar yang berpengalaman senang. Tiga surf camps terletak di Pulau Asu yang juga memiliki gelombang terbaik. Semua kamp surfing di sini memiliki speed boat yang membuat pergi ke dan dari ombak sangat nyaman. Ombak di sini jarang ramai dan peselancar telah dikenal memiliki ombak untuk mereka sendiri bahkan selama musim ombak. Biasanya peselancar yang datang ke Hinakos berpengalaman karena tidak ada istirahat pantai yang mudah di sini.

Asu

Penangan kiri sempurna kelas dunia menyediakan tabung dan manuver cepat dari 2 hingga 15 kaki. Ketika angin selatan bertiup, Asu adalah salah satu gelombang terbaik di Kepulauan Sumatera. Gelombang ini terletak di ujung utara Pulau Asu dan perjalanan memakan waktu 1 hingga 15 menit tergantung pada kamp selancar mana Anda menginap.

Bawa

Gelombang ini sangat menyebar yang dibuat oleh Tom Curren “di luar batas” video Rip Curl. Bawa tidak pernah datar dan tidak pernah ramai. Terletak 14 kilometer tenggara Pulau Asu.

Hinako Secrets

Ada beberapa ombak besar di sekitar Pulau Hinako seperti Bombie, Hamutala, dan beberapa lagi hak dan kaki ‘rahasia’. Ketika kondisi menguntungkan, pemandu selancar di Asu akan memberi tahu Anda.

Nias Utara

Ada beberapa ombak bagus di Nias Utara yang dapat diakses dengan speedboat dari Asu. Ketika kondisinya tepat, surfcamps di Asu dapat mengatur perjalanan ke Afulu, Salonako, dan beberapa tempat lain di sepanjang pantai barat Nias.

Afulu – Nias Utara

Berselancar Afulu di pantai utara-barat Nias

Nias Utara adalah sudut tenang dari Nias dengan beberapa pantai terbaik di seluruh pulau. Ini juga mendapat beberapa selancar hebat! Gelombang yang paling dikenal hanya dikenal sebagai Afulu, yang merupakan nama desa terdekat. Dalam beberapa kilometer dari Afulu ada beberapa tempat ‘rahasia’ lain yang dapat diakses untuk peselancar berpengalaman dan liburan pantai untuk pemula.

Afulu

Terletak di ujung selatan Pantai Walo, ini adalah hander kidal berkualitas tinggi yang menawarkan wahana tube yang bagus. Berselancar yang baik di semua tingkatan air pasang, tetapi karena angin lepas pantai awal, biasanya paling baik di pagi hari. Ini adalah gelombang lanjutan lanjutan karena berakhir sangat dekat dengan karang. Hanya sekitar sudut di awal pantai ada istirahat pantai untuk pemula untuk bermain-main dengan. Akses yang paling mudah adalah dari ujung pantai kemudian mengayuh di sekitar bebatuan menuju ombak. Hanya beberapa ratus meter dari ombak adalah Afulu Retreat, satu-satunya tempat surfing di Nias Utara.

Ada beberapa gelombang lagi di daerah itu; saudara Markmur dan Darius Zalukhu Di Afulu Retreat dapat membantu Anda menemukan lokasi-lokasi ini. Sebagian besar dari mereka dapat dilihat dari jalan, tetapi mungkin membutuhkan sedikit berjalan.

Pantai Pasir Merah (Red Sand Beach)

Hander kanan dengan titik istirahat yang lembut, di suruh oleh peselancar menengah ke atas saat ombak naik. Ini baik untuk pemula karena tidak terlalu dekat dengan karang. Gelombang ini terletak 150 meter dari ujung utara Pantai Pasir Merah dan dapat dengan mudah dicapai dari Afulu. Arahkan ke utara sejauh 6 kilometer, sampai mencapai pantai tepat di samping jalan. Gelombang dapat dilihat dari ujung utara.

Papan Tanda Putih (White Sign)

Lambat dengan tangan kiri yang besar membutuhkan tingkat keterampilan sedang hingga rata-rata. Gelombang ini lebih ramah pengguna daripada Afulu karena airnya dalam di sini, dan tidak sedekat mungkin dengan terumbu. Akses bisa rumit karena garis pantai terdiri dari kerikil karang yang tajam. Gelombang ini terletak di lepas pantai antara Pantai Walo dan Pantai Merah dan dapat dengan mudah dicapai dari Afulu. Lihatlah oceanside untuk tanda beton putih tua dan ikuti jejak kecil ke pantai.

Pantai Pasir Putih (White Sand Beach)

Penangan yang baik tetapi tidak konsisten, 200 meter dari ujung utara Pantai Pasir Putih. Gelombang ini sebagian besar berselancar dengan mengunjungi charter surfing, tetapi juga mudah diakses dari pantai. Gelombang ini terletak 2,5 kilometer di selatan Afulu.

Salonako

Hander kanan ini dapat memberikan wahana yang menantang. Ini juga bagus di tanah yang membengkak lebih besar. Sementara menawarkan berselancar kelas dunia di bawah kondisi yang tepat itu agak tidak konsisten. Gelombang itu terletak hampir 1 kilometer di lepas pantai, di depan sebuah desa kecil bernama Salonako. Salonako berjarak 13 Kilometer di selatan Afulu. Peselancar berbasis darat perlu menyewa perahu. Gelombang ini sebagian besar berselancar oleh surf-charter atau perjalanan sehari dari Asu.

Telos – jauh ke selatan

Home Break di depan Telo Surf Villa

Pulau Batu (Pulau Pulau Batu), adalah kelompok Kepulauan antara Nias dan Mentawai yang terletak tepat di khatulistiwa. Peselancar memanggil seluruh nusantara ‘Telos’, yang merupakan nama pulau dengan pelabuhan utama. Telos ditemukan oleh peselancar petualang dari Sorake dan untuk waktu yang lama hanya dikunjungi oleh charter surfing. Sekarang ada enam resor selancar berbasis darat di sini dan beberapa wisma lokal. Sebagian besar resor surfing terletak di barat laut Telos di dan sekitar Telo, Sipika dan Kepulauan Sibaranun. Satu-satunya pengecualian adalah Desa Berselancar yang terletak di ujung selatan Telos. Jika Anda tinggal di salah satu transportasi resor akan dimasukkan dan Anda akan bepergian dengan pesawat charter kecil atau speedboat. Pelancong independen harus membuat pengaturan sendiri. Apapun cara Anda melakukannya, itu adalah sedikit misi untuk sampai ke Telos. Tapi begitu di sini Anda mendapatkan mengapa orang terus datang kembali, meskipun ada biaya tambahan dan usaha. Ini adalah tepi luar batas surfing Sumatra di mana masih memungkinkan untuk berselancar sepanjang hari hanya dengan beberapa orang di atas ombak.

Diambil dari laman wannasurf.com, terdapat spot Surfing di Pulau Nias, Provinsi Sumatera Utara, sebagai berikut:

Bukan lokasi di Pulau Nias

Sumber: visitniasisland

One thought on “Spot Surfing di Pulau Nias, Sumatera Utara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Spot Surfing di Mentawai Sumatera Barat

Tue Dec 4 , 2018
Beragam jenis ombak di Kabupaten Mentawai (https://www.pinterest.com) Menghadap langsung ke  Samudera Hindia, Kepulauan Mentawai dianugerahi keindahan alam laut yang mengagumkan dan ombak yang konsisten tiap tahun. Memiliki 107 pulau dengan 4 pulau utama yang berpenghuni, yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan, ombak di kepulauan […]