Desa Wisata Adat Madobak Mentawai Sumatera Barat

Desa Wisata Adat Madobak (http://traveltodayindonesia.com)

Desa Wisata Adat Madobak yang terletak di Kepulauan Mentawai, Kecamatan Siberut Selatan, Provinsi Sumatera Barat ini terbilang menjadi desa yang masih kental dengan adat dan tradisional budayanya.

Keindahan tradisional adat di Desa Madobak ini semakin indah, karena letak desa yang berada di hulu sungai Siberut Selatan, berdekatan dengan desa-desa lain seperti Ugai dan Matotonan yang juga menjaga keunikan tradisional adatnya.

Terletak di hulu sungai Siberut Selatan. Untuk mencapai desa ini mulailah dari Muara Siberut, Anda harus mengambil rute Purou-Muntei-Rokdok-Madobak-Ugai-Butui-Matotonan. Setiap desa memiliki keunikan budaya masing masing.

Potensi Adat Budaya

Desa Wisata Adat Madobak (https://www.wacana.co)

Merupakan kawasan desa yang masih sangat asri, alamnya masih bersih, dan dihuni komunitas masyarakat yang masih memegang tradisi adat Mentawai yang kuat.

Upacara tradisional ini biasanya dilakukan selama pernikahan, pekerjaan dari rumah baru, untuk memfasilitasi penyembuhan atau untuk mengusir roh jahat. Dukun di ketiga desa masih mempertahankan penggunaan pakaian dan ikat kepala (Luat) terbuat dari manik-manik berwarna-warni. Beberapa penduduk setempat juga memiliki tato Mentawai tradisional yang terbuat dari pewarna arang tebu dan kelapa. Tato ini dibuat dengan menggunakan paku atau pin, dan dua potong kayu sebagai landasan dan palu. Menurut masyarakat setempat, proses tato ini sangat menyakitkan.

Potensi Alam

Air terjun Kulu Kubuk (https://google.co.id)

Di Desa Wisata Adat Madobak, sangat terkenal dengan air terjun Kulu Kubuk yang dingin. Air terjun ini memiliki dua tingkatan dengan tinggi 70 meter.

Follow me!

One thought on “Desa Wisata Adat Madobak Mentawai Sumatera Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.