Begini Cara Mengatasinya Gatal Setiap Pakai Perhiasan

Cincin emas putih

Banyak wanita menyukai perhiasan. Kilau dari perhiasan bisa membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik. Namun, tidak semua wanita bisa menoleransi menempelnya logam mulia tersebut di kulit. Beberapa kulit wanita menunjukkan reaksi berlebihan saat menggunakan perhiasan. Apakah gatal-gatal setelah menggunakan perhiasan menandakan Anda alergi logam?

Gejala alergi logam

Pernahkah Anda memakai perhiasan seperti kalung, anting, atau gelang, kemudian kulit terasa gatal dan kemerahan? Jika iya, bisa jadi Anda alergi terhadap logam. Gatal dan timbul bercak merah merupakan gejala awal bahwa kulit memiliki alergi dengan perhiasan yang menempel di tubuh.

Rasa gatal yang timbul akibat kontak dengan logam biasa dikenal dengan istilah dermatitis kontak. Hal ini diakibatkan karena adanya kontak antara logam dengan kulit. Logam yang berisiko menimbulkan alergi adalah logam yang mengandung nikel. Nikel dapat ditemukan pada beberapa produk seperti tali jam tangan, perhiasan dari logam besi,  ikat pinggang, bingkai kacamata, kancing baju atau celana, dan jepit rambut .

Kepekaan terhadap nikel cenderung lebih banyak dialami wanita dibandingkan pria. Hal ini karena wanita lebih banyak menggunakan perhiasan, perbandingannya dua banding satu. Nikel merupakan  logam berwarna putih yang biasanya digunakan sebagai campuran pada logam lain terutama perhiasan.

Alergi pada nikel akan terlihat saat kulit penderita alergi bersentuhan dengan logam yang mengandung nikel. Alergi nikel ini akan makin parah dengan adanya keringat. Penderita akan mengalami rasa gatal yang muncul 15-20 menit setelah benda bersentuhan dengan kulit. Gejala di kulit bisa muncul dalam waktu satu jam. Bila penderita tidak berkeringat maka perhiasan yang mengandung nikel bisa digunakan dalam waktu beberapa jam tanpa ada gejala.

Salah satu koleksi perhiasan emas putih dari Hartadinata untuk Indonesia oleh PT Hartadinata Abadi, Tbk dengan kategorinya berupa musik tradisional, Candi Borobudur, bunga khas Indonesia, fauna khas Indonesia, rumah tradisional, motif Toraja, senjata tradisional, batik, dan wayang (https://lifestyle.kompas.com)

Apa yang harus dilakukan jika Anda alergi logan tapi tetap ingin memakai perhiasan?

Untuk Anda yang memiliki alergi nikel, pastikan kulit terhindar dari kontak dengan logam dalam waktu lama, terutama ketika cuaca sedang panas dan berkeringat. Gejala-gejala alergi nikel umumnya muncul ketika kulit bersentuhan dengan logam dalam waktu 12 hingga 48 jam.

Sering kali gejala tersebut muncul pada kulit yang terekspos dengan logam. Namun, dapat pula muncul pada area kulit di bagian tubuh lainnya. Gejalanya antara lain, kulit kasar, kering, bentol, gatal, kemerahan, atau berubah warna.

Jika Anda melepas perhiasan, maka gejala pada kulit akan sembuh dalam waktu beberapa hari. Bila seseorang yang intoleran terhadap nikel masih ingin menggunakan perhiasan, Anda mungkin bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

  • Meminta perhiasan besi Anda dilapisi atau dichrom dengan emas
  • Membeli perhiasan dengan tanda hipoalergenik
  • Menggunakan perhiasan dari perak yang tidak mengandung nikel atau stainless steel tanpa nikel
  • Membeli perhiasan emas asli minimal 18 K
  • Hindari menggunakan perhiasan besi secara terus menerus, gunakan hanya pada saat tertentu saja
  • Hindari penggunaan lotion, sabun mandi, parfum pada perhiasan besi Anda

Alergi logam yang telah terlanjur Anda derita bisa Anda obati dengan menghentikan penggunaan perhiasan dan memberikan lotion calamine untuk mengurangi gatal. Anda juga bisa menggunakan salep khusus antiradang dan anti alergi yang bisa Anda dapatkan dari pemeriksaan ke dokter. Jika gejala alergi logam Anda memburuk atau meluas maka segera hubungi dokter Anda untuk memeriksakan diri secara langsung dan mendapatkan pengobatan yang sesuai keluhan Anda.

Sumber: hellosehat

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.