Pernak-Pernik Seserahan Ini Punya Keunikan Makna Seru

Contoh bentuk Seserahan

Seserahan memang jadi salah satu komponen penting dalam prosesi pernikahan. Seserahan atau Srah-srahan atau Peningset atau Hantaran pernikahan pun mengambil banyak rupa. Seperti apa saja kah?

Arti ‘seserahan’ atau upacara srah-srahan adalah momen dimana calon pengantin pria menghadiahkan sejumlah barang ke orang tua pengantin wanita – khususnya ke pengantin wanita.

Lebih jauh lagi, momen ini menjadi pernyataan rasa syukur dan doa serta harapan demi membangun keluarga baru dalam mahligai pernikahan.

Yang menarik nih, banyak bentuk seserahan yang tentunya dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pihak keluarga pengantin wanita, seperti:

1  Seperangkat alat sholat

Untuk yang berkeyakinan muslim ini menjadi simbol kalau rumah tangga kedua pengantin harus dilandaskan dan berpegang teguh pada agama. Dengan kata lain, alat sholat jadi simbol pengingat kedua pengantin untuk selalu ingat pada Tuhan.

Contoh bentuk Seserahan (http://www.seputarpernikahan.com)

2  Seperangkat busana putri (atau wanita)

Dalam tradisi Jawa, busana putri bisa mengambil rupa bahan kebaya atau kain jarik. Keduanya dapat muncul dalam berbagai motif batik.

Baca juga: Motif Batik Indonesia

Jangan salah, ada makna dibalik seserahan ini. Maknanya adalah agar pengantin pria maupun pengantin wanita harus pintar menjaga privasi mereka terhadap pihak lain. Positif, bukan?

3  Buah-buahan

Untuk seserahan satu ini memiliki makna yang mulia, bertujuan agar cinta diantara sepasang calon pengantin bisa mendapatkan buah atau momongan anak yang sholeh atau sholehah yang bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat serta negara.

Tentu saja pilihan buah-buahan harus segar dan dikemas dengan cantik!

4  Satu set suruh ayu

Salah satu bentuk persembahan seserahan ini memang kesannya simpel. Tapi jangan salah, meski seserahan ini berupa set daun sirih ini justru mewakili doa dan harapan untuk keselamatan kedua pengantin dalam kehidupan baru yang mereka bangun ke depannya.

5  Perhiasan

Perhiasan memang jadi seserahan yang terlihat begitu kemilau. Tapi tentu saja seserahan satu ini tak bersifat wajib. Balik lagi ke alokasi dana apakah cukup atau tidak. Seserahan ini biasanya berupa serangkaian perhiasan kalung, cincin, gelang dan anting-anting yang nilainya tergantung dari pilihan sang pengantin.

Sudah ngeh bakalan memakai seserahan seperti apa?

Sumber: mahligai-indonesia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.