Museum Siginjei Jambi

Museum Siginjei Jambi (https://www.kompasiana.com)

Museum Siginjei Jambi berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 1, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Bangunan museum ini dibuat menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat di Jambi.

Penempatan batu pertama pembangunan Museum Negeri Jambi dikerjakan oleh Gubernur Jambi, Maschun Sofwan, S. H. pada tanggal 18 Februari 1981 pada tempat seluas 13. 350 m² dengan luas bangunan 4. 000 m². Peresmian museum ini dengan nama Museum Negeri Propinsi Jambi dikerjakan pada tanggal 6 Juni 1988 oleh Menteri Pendidikan serta Kebudayaan, Prof. Dr. Fuad Hasan. Dengan berlakunya UU No. 22 th. 1999 mengenai Otonomi Daerah, jadi Museum Negeri Propinsi Jambi dirubah namanya jadi Museum Negeri Jambi, sesuai sama Ketentuan Daerah nomer 15 th. 2002.

Museum Siginjei Jambi (https://www.serujambi.com)

Perubahan nama Museum Negeri Jambi menjadi Museum Siginjai ini berdasakan Peraturan Gubernur Nomor 26 tahun 2012. Dipilihnya nama Siginjai sebagai pengganti, karena merupakan nama sebilah keris yang digunakan oleh Orang Kayo Hitam, sebagai Raja Jambi di masa lalu dalam membela negeri Jambi. Keris Siginjai sampai saat ini masih tersimpan di Museum Nasional di Jakarta, dan duplikatnya tersimpan di museum ini.

Koleksi

Sebagai suatu museum umum, Museum Siginjei Jambi mengumpulkan dan merawat semua jenis koleksi umum, yaitu benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah yang meliputi :

Geologika

Benda koleksi yang  merupakan Objek disiplin ilmu geologi antara lain Meliputi batuan, mineral, fosil dan benda-benda bentukan alam lainnya (permata, Granit, andesit dll).

Biologika

Burung Merak

Benda koleksi yang masuk katagori benda objek penelitian atau dipelajari oleh disiplin ilmu biologi, antara lain berupa; tengkorak atau kerangka manusia, tumbuh-tumbuhan atau hewan.

Ethnografika

Salah satu koleksi Ethnografika (https://www.kompasiana.com)

Koleksi yang menjadi objek penelitian atau disiplin ilmu antropologi, benda-benda tersebut merupakan hasil budaya atau menggambarkan identitas suatu etnis

Arkeologika

Koleksi Arkeologika

Koleksi yang menjadi objek penelitian/disiplin ilmu arkeologi, seperti Peninggalan masa prasejarah “Batu selendrit, kapak batu, dll.

Historika

Koleksi yang menjadi disiplin ilmi sejarah, sejak masuknya budaya barat, benda yang berkaitan dengan peristiwa sejarah.

Numismatika dan Heraldika

Medali ini diberikan oleh Kesultanan Turki sebagai tanda persahabatan dengan Sultan Taha Saifuddin dalam perjuangan melawan Belanda di Jambi (https://rachnasandika.com)

Koleksi mata uang dan lambang, seperti tanda jasa dll

Filologika

Koleksi yang menjadi objek penelitian filologi berupa naskah kuno dll.

Keramologika

Koleksi keramaik terbuat dari tanah liat yang dibakar dengan suhu tertentu, seperti : piring, mangkok, dll

Seni Rupa

Koleksi seni yang mengekspresikan pengalaman artistik manusia melalui objek dua dan atau tiga dimensi.

Teknologika

Koleksi yang menggambarkan perkembangan teknologi tradisional sampai dengan teknologi modern.

Museum Siginjei Jambi
Jl. Urip Sumoharjo No. 1, Telanaipura, Kota Jambi
Buka : Selasa – Minggu, 08.00 – 15.00, Jumat 08.00 – 11.00, Senin dan hari libur tutup
Tiket : Rp 2.000,- dan Rp 1.500,-

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.