Wisata Belanja di Kota Sukabumi Jawa Barat

Bonti

Kota Sukabumi merupakan salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Kota ini terletak 120 km sebelah selatan Jakarta dan 96 km sebelah barat Bandung, dan wilayahnya berada di sekitar timur laut wilayah Kabupaten Sukabumi serta secara administratif wilayah kota ini seluruhnya berbatasan dengan wilayah Kabupaten Sukabumi.

Sentra Kerajinan Batik Sukabumi

b829b-corakbatikBatik Sukabumi

Batik Sukabumi memiliki corak dan warna yang khas. Corak batik khas Sukabumi yang cantik dipadupadankan dengan warna-warna cerah dan ceria, hingga selalu diburu pembeli, baik oleh warga Sukabumi sendiri maupun luar kota bahkan sampai ke luar negeri. (Baca: Batik Sukabumi)

Sentra kerajinan Batik terletak di Kota Sukabumi, sebagai berikut:

  • Rumah Batik Lokatmala di jalan Sriwidari No.95 Kota Sukabumi
  • Rumah Batik Sukabumi di jalan R.A Kosasih No.66 Kota Sukabumi
  • Rumah Batik Kenari di jalan Kenari 2 No 4 Kota Sukabumi
  • Rumah Batik Melati di jalan Siliwangi, Kota Sukabumi

Industri Kreatif

Pengrajin Boneka Kebonjati (Bonti)

Bonti (http://jabarprov.go.id)

Terletak di Kampung Kebonjati Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, bersama keluarganya, Asep Setiawan memanfaatkan limbah yang dihasilkan dari perusahaan tekstil. Limbah pabrik berupa sisa potongan-potongan bahan-bahan kainternyata disulap menjadi suatu karya yang menarik dan bisa menghasilkan rupiah.

Beragam limbah tekstil (http://jabarprov.go.id)

Asep bisa terus menghasilkan karya kreatif dan inovatif dengan cara mendesain berbagai motif boneka, dompet, sarung bantal, dan ikatan rambut.

Pengrajin lukisan dari pelepah pisang

Hasil lukisan dari pelepah pisang (http://jabarprov.go.id)

Seorang Perajin yang mengembangkan kreasinya, yaitu Rahmat Sadeli, warga Barostugu, Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Dengan bakat alamiahnya ia melukis di atas pelepah pisang manggala. Semula hasil kreasinya kurang dikenal masyarakat, tapi kini dikenal banyak orang pemesan pun mulai berdatangan ke rumahnya. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, bahkan dari Negara Arab Saudi. Hasil lukisannya berupa gambar binatang, manusia, pemandangan dan kaligrafi.

Pengrajin Bumerang

Acun dengan hasil kreasinya berupa Bumerang berbentuk Kujang, senjata tradisional Jawa Barat

Hendi Setiadi (38) alias Acun perajin Bumerang saat meniti hobi yang akhirnya menghasilkan pendapatan untuk keluarganya itu.

Acun mengembangkan bakatnya itu di Kota Sukabumi sambil bekerja menjadi penjaga sekolah di MTSN (Madrasah Tsanawiyah Negeri) Warudoyong, Jl. Pramuka No. 3, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Keahliannya itu kemudian mendapat apresiasi dari kepala sekolah tempatnya bekerja.  Biarpun Bumerang asli Australia tapi cita rasanya pasundan, Bumerang hasil kreasinya berbentuk Kujang, senjata khas daerah Jawa Barat.

Pengrajin Sapu Ijuk

Beragam sapu ijuk dari RW 06 Kota Sukabumi (https://jabar.pojoksatu.id)

Usaha rumahan yang dirintis oleh RW 06, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa barat terus dipertajam, salah satu bukti usaha rumahan di RW ini adalah pembuatan produk unggulan sapu ijuk yang dikabarkan pemasarannya sudah menembus luar daerah. Diketahui, usaha yang digeluti sejak 1970 ini sudah dipasarkan ke sejumlah wilayah mulai dari Bogor, Cianjur hingga Jakarta.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.