Wisata Belanja di Kabupaten Bekasi Jawa Barat

Kerjainan dari buah Berenuk

Kabupaten Bekasi adalah sebuah Kabupaten di Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Kota Cikarang. Kabupaten Bekasi ini berada tepat di sebelah timur Jakarta, berbatasan dengan Kota Bekasi dan Provinsi DKI Jakarta di Barat, Laut Jawa di Barat dan Utara, Kabupaten Karawang di Timur, serta Kabupaten Bogor di Selatan.

Kabupaten Bekasi dikenal dengan kota industri, diantaranya kawasan industri Jababeka, Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, EJIP, Delta Silicon, MM2100, BIIE, dan sebagainya. Kawasan-kawasan industri tersebut kini digabung menjadi sebuah Zona Ekonomi Internasional (ZONI).

Kampung Batik Seruci Tarumajaya

Kampung Batik Seruci Tarumajaya

Pengrajin batik khas Betawi terletak di Kampung Kebon Kelapa RT002 RW005, Kelurahan Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Motif batik betawi Bekasi lebih menggambarkan ciri khas daerah Bekasi, seperti mangon (gotong-royong), dana nandur (tanam mundur), dan rawa.

Pengrajin Daur Ulang

Donal, pengrajin limbah kayu (https://bekasi.pojoksatu.id)

Pengrajin Daur Ulang terletak di Kampung Kandangroda RT 01/04, Kelurahan Serang, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Limbah perusahaan yang dimanfaatkan Donal adalah kayu bekas diubah menjadi menjadi perkakas cantik seperti tempat obat, rak sepatu, lukisan di kayu dan juga mainan anak-anak, sudah mulai dilirik di daerah lain seperti Karawang, Bogor, dan Jakarta.

Pengrajin Berenuk Cibarusah

Beragam Kerajinan dari buah Berenuk di Kabupaten Bekasi (https://cibarusahcenter.blogspot.com)

Pengrajin ini berada di Perumahan TNI POLRI Cibarusah Jaya Blok C2 Nomor 19 Kelurahan Cibarusah Jaya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Buah Berenuk, sebesar buah Melon (https://id.wikipedia.org)

Dikutip dari id.wikipedia.org, Berenuk (Crescentia cujete) adalah tumbuhan berbentuk pohon asal Amerika Tengah dan Amerika Selatan tropis. Daunnya tersusun khas, tiga berpasangan. Buahnya, sebesar buah Melon dan dapat dipakai sebagai bahan obat. Buah berenuk kerap dianggap sebagai buah maja.

Di tahun 2009, Dadi iseng coba memetik satu buah berenuk, lalu ia simpan di pelataran rumahnya untuk dikeringkan dan ternyata jadi batok, akhirnya naluri seni nya langsung jalan dan menjadikan batok berenuk tersebut jadi toples.

Buah Berenuk, sebesar buah Melon (https://cibarusahcenter.blogspot.com)

Dadi menjelaskan butuh proses sekitar tiga minggu untuk mengubah buah berenuk menjadi toples dan bentuk kerajinan lainnya hingga siap pakai. Berenuk yang diambil dari pohon terlebih dahulu di jemur di bawah sinar matahari selama dua minggu. Setelah kering, tahap selanjutnya adalah isi buah berenuk dikeluarkan hingga kosong. Lalu, batok berenuk dihaluskan, dilakukan pengecatan dan dibentuk beragam motif seperti motif batik dan motif tempe.

Sentra Industri Bambu Bojong Mangu

Peserta Pelatihan Pembuatan Produk Bambu (https://www.topibambu.com)

Terletak di Desa Bojong Mangu, Kelurahan Bojong Mangu, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Pemda Kabupaten Bekasi mengadakan BimTek kepada pelaku usaha khususnya yang sudah memiliki bekal menganyam atau produk berbahan baku bambu.

Kekayaan alam potensi lokal khususnya hutan bambu di Masyarakat Bekasi memiliki 50 ha yang harus di kembangkan agar potensi bambu yang di miliki di desa bojongmangu ini dapat memiliki nilai ekonomi tinggi jika di banding jual bahan atau batangan secara utuh, diubah menjadi katagori kerajinan, furnitur dan interior.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.