Tempat Wisata Pantai di Jawa Timur yang Keren dan Unik

Pantai Pulau Merah Banyuwangi saat Sunset

Pantai merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang paling banyak menjadi tempat jujugan para wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri. Memasuki akhir pekan ini, tidak enak rasanya jika tidak ada agenda untuk berlibur bersama keluarga, teman, kolega maupun gebetan. Apalagi ditambah dengan semakin maraknya destinasi wisata pantai yang menarik mata untuk berelaksasi. Mengingat rutinitas harian yang padat, baiklah kiranya akhir pekan ini anda berpelesir ke pantai sekedar menghilangkan rasa penat.

Bukan hanya Bali saja yang memiliki spot bagus untuk masalah pantai, wilayah Jawa Timur juga tidak kalah eloknya dalam hal jenis pantai yang sangat indah dan alami. Pantai memang destinasi tempat wisata yang tepat untuk menyegarkan pikiran setelah disibukkan dengan urusan pekerjaan di kantor. Maka kami akan merangkum beberapa jenis pantai yang bisa anda jadikan referensi di akhir pekan ini. Penasaran? Berikut kami sajikan pantai indah di Jawa Timur yang wajib anda kunjungi akhir pekan ini!

1. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Banyuwangi memang sangat kaya akan pantai, dan hal inilah yang menjadikan Banyuwangi lebih dikenal oleh dunia. Hampir setengah wilayah Banyuwangi dikelilingi pantai, dan salah satu pantai yang kian dilirik para wisatawan adalah pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah terletak di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini merupakan bagian dari pantai selatan dan masih satu rangkaian dengan Pantai Teluk Ijo, Pantai Sukamade, dan juga Pantai Pancer. Jarak tempuh dari Banyuwangi kota ke lokasi adalah 60 km, atau kurang lebih memakan waktu 3 Jam perjalanan.

Pantai ini memiliki pasir putih yang terhampar luas sepanjang 3 km. Dimana tidak jauh dari bibir pantai tersebut Terdapat bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 m. Di bagian timur, wisatawan disuguhi dengan pemandangan pegunungan. Sedangkan di bagian barat, wisatawan disuguhi dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Saat Sunset

Selain pemandangan menawan yang dimilikinya, pantai Pulau Merah memiliki ombak yang sangat bagus setinggi 2 meter dengan panjang kurang lebih 300 meter yang dikelilingi oleh pohon mangrove. Infrastruktur seperti jalan, transportasi umum sangat mendukung. Kondisi jalan sangatlah bagus, yang mana sudah menggunakan aspal hitam.

Ketika anda berencana ingin menginap dan menghabiskan malam di Pantai Pulau Merah, anda dapat menyewa homestay disekitar pantai yang disediakan oleh warga setempat. Harga sewa nya relatif murah jika dibandingkan dengan penginapan tempat wisata lain, yaitu mulai dari Rp.100.000 per malam. Anda dapat memilih homestay sesusai dengan fasilitas yang anda inginkan. Fasilitas homestay yang diberikan, seperti kamar tidur, bed, TV, AC dsb tergantung dari harga yang anda inginkan. Selain dapat menikmati keindahan panorama Sunset, anda juga akan bertemu dengan banyak sekali bule yang juga menginap di area Homestay tersebut.

Keamanan berwisata di Pantai pulau merah sangat diutamakan. Terdapat petugas yang menjaga sekaligus mengamankan apabila ada kecelakaan atau sesuatu yang tidak di inginkan, terutama kepada mereka yang melakukan renang di Pantai. Terdapat tower setinggi 5 meter yang digunakan oleh petugas ini untuk memantau dan memastikan keamanan keadaan di sekitarnya.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Saat Sunset (https://phinemo.com)

2. Pantai Papuma di Jember

Salah satu pantai yang eksotis di Jawa Timur patut anda kunjungi adalah Pantai Papuma di Jember. Buat wisatawan yang pertama kali datang, pasti akan terkesima dengan kemolekan Pantai Papuma. Pantai Tanjung Papuma terletak di Kecamatan Wuluhan, 45 km arah selatan Kota Jember.

Dari kota Jember, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun, saat memasuki kawasan pantai ini harus ekstra hati-hati karena masih rusak dan waspada jika hujan, pasalnya jalanan tanah dan licin. Pantai Papuma dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Papuma, karena letaknya yang menjorok laut dan disebut sebagai tanjung. Seperti kita tahu tanjung adalah daratan kecil yang menjorok ke laut, sedangkan Papuma berasal dari akronim “pasir putih malikan”. Malikan adalah nama yang diberikan oleh Perhutani setelah mulai membuka lokasi wisata ini.

Pantai Papuma Jember di Pagi Hari

Rasa puas akan terbayar ketika anda sampai ke Pantai Papuma ini. Banyak batu besar dan landscape yang menawan. Ombak di sana termasuk besar dan agak berbahaya jika dipakai untuk snorkeling. Tipikal pantai-pantai selatan Jawa yang menghadap langsung Samudera Hindia ombaknya begitu besar. Tetapi yang perlu dicatat, pantai-pantai di sana sangat memanjakan mata. Sebelum memasuki kawasan pantai anda akan melewati wisata hutan yang sebagian besar ditanami pohon jati. Selanjutnya setelah masuk gerbang area wisata anda akan melihat hutan yang dipenuhi pohon-pohon yang masih alami seperti palem, serut dan beragam pohon kecil lainnya. Konon hutan ini masih menyimpan berbagi macam flora dan fauna tropis, seperti berbagai jenis burung dan juga lutung yang bergelantungan di pohon.

Setelah melewati hutan malikan anda akan disuguhi hamparan pasir putih yang bersih. Di sepanjang pasir putih sebelah barat terdapat perahu-perahu nelayan yang sedang bersandar. Apabila ingin melihat nelayan turun dari kapal datanglah antara jam 11.00 sampai 13.00 dan anda bisa membeli langsung ikan hasil tangkapan nelayan untuk dibakar di pinggir pantai. Lebih praktis lagi paling enak bakar ikan.

Pantai Papuma Jember Saat Sunset

Yang membuat cantik pemandangan pantai di sana karena banyaknya karang-karang, di mana jika sedang surut anda bisa melihat jelas karang-karang ini. Ada tujuh karang besar di Papuma. Deretan pulau karang ini memiliki nama sendiri-sendiri yang diambil dari tokoh pewayangan seperti, Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, dan Pulau Kajang. Ada juga Pulau Kodok karena pulau karang ini bentuknya mirip dengan kodok raksasa yang timbul tenggelam di tengah laut.

Untuk masalah penginapan jangan khawatir, jika wisatawan ingin bermalam di Tanjung Papuma terdapat beberapa vila yang disewakan oleh pengelola wisata dari pihak Perhutani. Harga penginapan bervariasi tergantung fasilitas yang tersedia, seperti kamar ber AC, single bed, kamar mandi dalam, TV dan beranda kecil. Tarif berkisar Rp 300.000 – Rp 400.000.

3. Pantai Tambak Rejo di Blitar

Pantai Tambakrejo Blitar (https://www.jejakpiknik.com)

Pantai Tambakrejo Blitar merupakan salah satu dari deretan pantai selatan di Kota Blitar yang patut untuk anda kunjungi. Pantai Tambakrejo sangat memanjakan anda dan di dukung dengan fasilitas yang cukup lengkap sehingga membuat anda tertarik dan betah berlama lama di Pantai Tambakrejo ini. Wisata Tambakrejo Blitar ini Berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Blitar.

Pantai berpasir putih yang terletak kurang lebih 30 km sebelah selatan Kota Blitar ini terletak di sebuah teluk dengan garis pantai mencapai 10 km.

Menikmati Sunset di Pantai Tambak Rejo Blitar

Selain kampung nelayan, di bibir Pantai Tambakrejo terdapat tempat juga pelelangan ikan sehingga anda dapat membeli hasil laut tangkapan nelayan yang masih segar. Pantai ini juga terkenal dengan ritual larung sesaji yang dilakukan setiap tahun di bulan Oktober. Pantai ini terbagi menjadi 3 bagian, dimana bagian pertama berada di ujung timur yang berupa pantai berpasir, kemudian bagian tengah pantai dengan pemecah ombak dan paling barat merupakan pantai yang saat ini sedang dibangun dermaga kapal.

Senja di pantai ini menawarkan keindahan yang eksotis, meskipun begitu tidak banyak orang yang menikmati keindahan ini,  Mungkin karena orientasinya liburan di pantai dan takut terlalu malam karena keesokan harinya akan bekerja.

Untuk Harga tiket masuk Kawasan Wisata Tambakrejo Blitar ini cukup terjangkau, Pengunjung akan di kenakan Rp.3000/orang,- dan untuk parkirnya anda di kenakan tarif 3000/motor. Pantai Tambakrejo ini juga berdekatan dengan Pantai Gondo mayit yang keindahannya tidak kalah menarik.

4. Pantai Banyu Tibo di Pacitan

Pantai Banyu Tibo Pacitan

Dari kesekian pantai yang ada di Pacitan Jawa Timur, Pantai Banyu Tibo bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi anda yang ingin menikmati eksotisme pantai selatan. Meskipun dikenal dengan kota seribu goa, akan tetapi kota yang satu ini juga memiliki deretan pantai-pantai yang tidak kalah menarik dengan batu karang yang menjulang tinggi dan butiran pasir putihnya yang sangat layak untuk Anda nikmati. Pantai ini sendiri berada di komplek wisata Pantai Pacitan, tidak begitu jauh dari Goa Gong.

Jika Anda mencari-cari dimana lokasi Pantai Banyu Tibo Pacitan, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mencarinya. Lokasi Pantai Banyu Tibo ini berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, bagian selatan dari Pacitan. Untuk mencapai ke sana, rute Pantai Banyu Tibo Pacitan yang bisa anda pilih sangat bervariasi, tergantung dari mana anda menentukan titik keberangkatan. Lokasi pantai ini berada sekitar 40 km dari pusat Kota Pacitan ke arah barat, dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi selama kurang lebih satu jam.

Jika anda dari arah barat, anda dapat mengikuti rute Pantai Banyu Tibo dari Solo. Jaraknya memang cukup jauh, dengan jarak sekitar 100 km atau sekitar 3 – 4 jam. Jika Anda dari Solo, terdapat dua rute alternatif, bisa melalui Pracimantoro atau Kota Wonogiri. Kedua rute tersebut sama-sama nyaman, tergantung anda mau melewati jalan yang mana. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, sepanjang perjalanan jangan lupa menikmati pemandangan sekitar ya. Pepohonan hijau yang berbaris sangat mengindahkan mata sepanjang perjalanan.

Pantai Banyu Tibo Pacitan

Jika dibandingkan dengan pantai yang lain, Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur ini memiliki pemandangan yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Bahkan pemandangan ini termasuk jarang anda temui ketika berlibur ke pantai, yaitu sebuah fenomena alam berupa air terjun yang langsung jatuh ke pantai, yang mana menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang datang ke pantai ini. Tentu pemandangan seperti itu tidak bisa anda jumpai di setiap pantai, dan di pantai ini lah anda dapat melihatnya secara langsung.

Nama “Banyu Tibo” sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti air yang terjatuh. Nama ini berasal dari air terjun yang berada di pantai tersebut. Air terjun ini seakan sudah menjadi identitas dan ikon bagi Pantai Pacitan Banyu Tibo, Kabupaten Pacitan itu sendiri. Jadi, di pantai ini suasana keindahan pantai bertemu dengan indahnya air terjun pegunungan yang mana Pacitan itu sendiri dikelilingi oleh berbagai gunung dari segala penjuru.

Untuk harga tiket masuk Pantai Banyu Tibo Jawa Timur ini tidak terlalu mahal, masih sangat terjangkau. Anda tidak perlu khawatir untuk biaya masuk, karena untuk anak-anak sendiri akan dikenakan biaya sebesar 2.000 rupiah per orang ketika hari biasa, dan 3.000 rupiah ketika hari libur. Sementara, untuk dewasa akan dikenakan biaya 3.000 rupiah per orang ketika hari biasa dan 5.000 rupiah ketika hari libur. Untuk parkir pun relatif murah hanya 5.000 untuk parkir mobil. Sangat terjangkau bukan? Jadi Anda tidak perlu khawatir bahwa datang ke pantai ini akan membuat kantong Anda semakin tipis.

5. Pantai Kedung Tumpang di Tulunggagung

Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung berlokasi di desa Pucunglaban, Kecamatan Pucunglaban, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Tempat wisata yang satu ini wajib anda kunjungi karena memiliki gugusan tebing karang dan membentang luas disisi barat Pantai Blabak hingga sisi timur Pantai Globok, oleh karena itu pantai ini tidak memiliki hamparan pasir.

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung sebetulnya sudah ditemukan cukup lama, akan tetapi baru ramai dibicarakan ketika masuk ke media sosial seperti facebook sehingga mulai ramai dikunjungi banyak orang mulai tahun 2015.

Pantai Kedung Tumpang ini termasuk salah satu pantai yang unik. Anak-anak muda biasanya menyebutnya dengan pantai antimainstream. Keistimewaannya karena pantai ini memiliki laguna dengan warna air yang bening dan jernih. Selain itu, Pantai Kedung Tumpang memang agak unik dari pantai-pantai yang lain. Biasanya dipantai anda bisa bermain pantai kejar-kejaran. Tapi jangan harap anda menemukan pasir di pantai ini. Karena disana hanya akan menemukan gugusan karang dan batu kapur saja.

Pantai Kedung Tumpang

Kolam-Kolam di kedung tumpang terbentuk secara alami karena kerasnya hantaman ombak laut selatan yang mengenai tebing-tebing karang. Jadi jangan heran kalau air di kedung tumpang juga asin walaupun tidak se asin air laut. Biota laut yang hidup di kedung tumpang pun memang biota laut yang biasa hidup di pantai berkarang.

Salah satu larangan di Pantai Kedung Tumpang yang wajib dipatuhi adalah soal waktu bermain atau berenang di laguna-laguna alami. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan karena sapuan ombak, waktu terbaik untuk berenang di Pantai ini adalah saat pagi hari dimana air laut sedang surut. Sayangnya terkadang larangan ini kerap tidak diindahkan sehingga beberapa wisatawan harus menerima konsekuesinya terseret ombak hingga ke tengah laut. Bukan hanya berenang saja yang dilarang saat air sedang pasang. Untuk selfie atau swafoto di sekitar karang Pantai ini pun sangat dilarang karena sangat berbahaya terseret ombak yang ganas.

6. Pantai Pasir Putih di Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo (https://www.tabloidwisata.com)

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan sebuah pantai yang terletak di Selat Madura dengan pasir putih bersih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Pantai ini sangat populer bagi masyarakat Jawa Timur hal itu dikarenakan wisata ini menawarkan sejuta panorama yang menakjubkan. Ketika berkunjung ke wisata ini anda akan menjumpai warna warni koral dan ikan ikan lucu yang berkerumun di terumbu karang.

Pantai Pasir Putih Situbondo terletak di jalur Pantura Jawa Timur, tepatnya di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan. Lokasinya yang strategis membuat Wisata Pasir Putih ini mudah untuk ditemukan. Untuk masalah akses ke pantai Pasir Putih, ada dua rute yang umumnya di lalui ketika hendak berkunjung ke wisata ini, yaitu dari arah timur dan dari arah barat. Apabila berangkat dari arah timur, maka rute yang harus ditempuh adalah Banyuwangi langsung menuju Situbondo. Apabila berangkat dari arah barat, maka rute yang harus ditempuh adalah Probolinggo langsung menuju Situbondo. Kedua rute ini berada di jalur Pantura. Dengan melewati jalur Pantura, sesampainya di Situbondo anda akan menjumpai papan nama dimana lokasi pasir putih berada.

Pantai Pasir Putih Situbondo

Sesuai dеngаn namanya Pantai Pasir Putih Situbondo mеmаng memiliki pasir putih bersih alami уаng ѕаngаt memikat. Bukan hаnуа pasir pantai уаng memikat, tеtарі keindahan bаwаh laut уаng cukup membuat аndа terkagum dеngаn keindahannya. Dikarenakan keadaan laut уаng bersih membuat kehidupan bаwаh laut Pantai Pasir Putih menjadi sehat.

Andа bіѕа menyewa kapal untuk dараt berlayar disekitaran pantai, untuk biayanya sekitar Rp 75.000 ѕаmраі Rp 100.000,-. Bеbеrара kapal јugа memiliki kaca уаng membuat аndа dараt melihat keadaan dibawah laut.

Dі Pantai Pasir Putih аndа јugа dараt menyewa alat snorkeling untuk dараt menikmati pemandangan bаwаh laut. Biaya sewa peralatan snorkeling аdаlаh sekitar Rp 50.000,-. Untuk ombaknya Pantai Pasir Putih terbilang kecil dan tenang. Andа рun dараt berenang lebih jauh dаrі bibir pantai tаnра rasa takut. Keadaan pantai уаng bersih dan bentuk pantai уаng oval membuat аndа dараt melihat keindahan hamparan pasir pantai уаng dipadu dеngаn hijaunya pepohonan уаng cukup rindang.

Pada sore hari аndа dараt melihat keindahan sunset atau matahari terbenam dеngаn cukup jelas. Banyak pengunjung mengabadikan pemandangan indah tеrѕеbut dеngаn foto-foto. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone аndа untuk mengabadikan pemandangan indah tersebut. Biaya masuk pantai pasir putih sekitar Rp 5.000 ѕаmраі Rp 6.000,- dan untuk parkir kendaran seperti mobil sekitar Rp 3.000 dan untuk motor sekitar Rp 2.000,-.

7. Pantai Pelang di Trenggalek

Pantai Pelang Trenggalek (https://www.sharetempatwisata.com)

Kawasan Trenggalek, yang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur, merupakan salah satu destinasi liburan yang menarik untuk anda sambangi. Di Trenggalek ini sendiri, anda bisa mendatangi banyak sekali destinasi liburan yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pantai Pelang. Pantai yang berada dikawasan Desa Wonocoyo ini, merupakan satu diantara sekian banyak pantai yang ada di Trenggalek ini, dan menjadi destinasi wisata menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Pantai yang ada di Trenggalek ini, merupakan salah satu pantai dengan kondisi topografinya yang khas, seperti yang ada di Tanah Lot, Bali. Kawasan wisata yang satu ini, memiliki pemandangan alam dengan perbukitannya yang indah, dan tebing tinggi menjulang, dengan nuansa pasir pantainya yang menarik. Selain itu, pulau yang ada di dekat bibir pantai ini, menjadikan wilayah pantai ini secara keseluruhan mirip seperti yang ada di Tanah Lot, Bali.

Destinasi liburan yang satu ini, berada disekitar kawasan Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, yang mana merupakan salah satu destinasi wisata dengan panorama alamnya yang memukau indah. Wisata yang satu ini, memiliki setidaknay sekitar 2 km garis pantai, dengan luas sekitar 10 hektar. Untuk masuk kedalam pantai dengan segudang potensi pemandangan alamnya yang menawan ini, anda akan dikenai tiket masuknya sebesar 8 ribu rupiah.

Pantai Pelang Trenggalek (https://ksmtour.com)

Di Pantai Pelang ini sendiri, memiliki ombak yang relatif tenang, namun, anda tidak diperkanankan untuk berenang dikawasan pantai ini, untuk berjaga-jaga keamanannya. Aktivitas yang menarik di Pantai ini adalah dengan menyaksikan lanskap memukau yang ada di perbukitan. Dari balik perbukitan ini, anda bisa melihat pemandangan pantai Pelang yang menawan, serta hamparan bebatuan besar dan kecil yang bertebarah disekitar pantainya. Selain itu, pemandangan pantai yang indah dan sejuk terdapat disekitar kawasan Pantai yang satu ini.

Selain pantainya yang indah dan menawan, salah satu yang menarik dari Pantai Pelang ini sendiri adalah air terjunnya. Disela-sela batuan karang, tidak jauh dari pantai, anda bisa mendapati air terjun dengan ketinggian 25 meter, yang tentu saja akan menjadikan salah satu tempat favorit para wisatawan. Konon air terjun yang ada di Pantai Pelang ini, bisa menjadikan anda lebih awet muda. Jadi, Pantai yang ada di Trenggalek ini, merupakan salah satu destinasi liburan yang seru dan cocok untuk disambangi ketika berada di Trenggalek. Semoga bermanfaat, dan selamat berlibur.

8. Pantai Balekambang di Malang

Pantai Balekambang Kabupaten Malang

Destinasi wisata selanjutnya yang wajib anda kunjungi adalah pantai Balekambang yang berada di Malang selatan ini. Pantai Balekambang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Dari pusat kota Malang, pantai ini dapat dicapai sejauh 60 kilometer ke arah selatan. Akses menuju pantai ini sudah cukup memadai. Jalannya telah diaspal mulus meski anda harus tetap berhati-hati dengan beberapa tanjakan dan kelokan yang tajam. Sepanjang perjalanan, anda akan dimanjakan dengan deretan pepohonan menghijau yang membuat udara menjadi sangat sejuk dan segar.

Saat berada di bibir pantai, wisatawan akan disuguhi oleh hamparan lautan luas dengan air berwarna biru jernih, deburan ombak yang tidak terlalu besar dan panorama khas pantai yang berkarang. Pantai Balekambang adalah tipikal pantai yang bersih dan tertata dengan rapi.

Suasana tenang dan udara sejuk khas pantai dapat menjadi obat mujarab bagi anda untuk melepaskan penat dan menenangkan diri dari hiruk pikuk kota. Di seberang pantai, wisatawan juga dapat menyaksikan panorama beberapa pulau seperti Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni yang semuanya terhubung dengan jembatan.

Pantai Balekambang Kabupaten Malang

Pantai Balekambang tergolong dalam gugusan pantai selatan, artinya letak pantai ini yang berada di wilayah selatan Pulau Jawa maka membuatnya masuk dalam golongan tersebut. Sebagaimana pantai-pantai selatan lain di Pulau Jawa, Pantai Balekambang pun kaya akan cerita-cerita mitos dan kepercayaan masyarakat yang lekat dengan hal-hal mistis.

Salah satu mitos yang paling berkembang di pantai ini adalah tentang berakhirnya hubungan asmara bagi pasangan muda yang belum menikah secara sah jika mereka datang berkunjung bersama, Mitos lainnya adalah konon air laut Pantai Balekambang dapat membuat orang menjadi awet muda.

Maka jangan heran bila wisatawan akan menjumpai orang-orang yang berendam di air laut atau sekadar mengusapkan air ke wajah mereka. Tentulah ini semua hanyalah mitos, artinya kebenaran akan cerita-cerita di atas berpulang kembali kepada keyakinan masing-masing dan tak perlu dipersoalkan dengan serius.

9. Pantai Pulau Gili Noko Bawean di Gresik

Pantai Pulau Gili Noko Bawean

Terakhir destinasi wisata di Jawa Timur yang harus anda kunjungi adalah Pantai Pulau Gili Noko Bawean yang berada di Pulau Bawean yang masih masuk dalam kawasan Kabupaten Gresik. Pulau kecil dengan luas sekitar 1.000 meter persegi yang dikelilingi pasir putih dan air laut yang bening tersebut memang sangat mempesona. Di Pulau Noko, pemandangan laut bukan hanya berhias indahnya langit.

Birunya laut semakin menakjubkan dengan pemandangan gunung-gunung dari kejauhan. Selain itu, airnya juga tenang hingga bisa memantulkan sinar matahari. Pantai yang dangkal membuat pasir putih di bawahnya terlihat sangat jelas. Belum lagi, di bawah lautnya terdapat beragam biota laut, berbagai jenis ikan, dan terumbu karang yang indah. Sangat cocok bagi wisawatan yang doyan snorkling.

Untuk menuju Bawean, dari Surabaya bisa ditempuh dengan pesawat perintis. Sayangnya, jadwal penerbangan hanya seminggu dua kali dan kapasitas pesawat juga cuma 15 orang. Sementara dari Gresik, bisa menggunakan kapal penyeberangan dengan tarif Rp 150 ribu untuk kapal cepat dengan waktu perjalanan sekitar 3,5 jam.

Taman bawah lautnya

Dari Bawean, penyeberangan menuju Gili Noko ditempuh sekitar 15 menit dari Pamona menggunakan kapal nelayan yang tarifnya Rp 300 ribu. Kapal nelayan ini bisa ditumpangi sampai 15 orang, dan tarif tersebut termasuk perjalanan pulang-pergi ke Pulau Noko.

Meski memiliki keindahan yang luar biasa, Gili Noko belum bisa dinikmati secara maksimal. Penyebabnya, di pulau tanpa penghuni tersebut hingga sekarang hanya memiliki fasilitas sebuah gasebo kecil yang berada di bagian tengahnya. Toilet, mushola, rumah makan atau bahkan warung dan sejumlah fasilitas umum lain belum ada di sana. Demikian halnya bagi yang gemar snorkling atau berenang di laut.

Saat siang hari, anda juga akan kesulitan mencari tempat berteduh. Alhasil, jika wisatawan berkunjung ke Noko tanpa membawa persiapan sama sekali, di sana mereka hanya bisa menikmati indahnya pemandangan yang ada. Dan bagi Anda yang hendak ke sana, jangan lupa membawa minum sendiri. Sebab, di Pulau Noko juga belum ada penjualan makanan atau minuman sama sekali. Jika tidak membawa minum, Anda pun harus menahan haus sampai kembali.

10. Pantai Pulau Gili Labak di Madura

Pantai Pulau Gili Labak (https://www.idntimes.com)

Gili Labak adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Ibukota Kecamatan Talango berada di Pulau Puteran. Pulaunya membentang sepanjang 5 hektar dan dapat dikelilingi kurang dari sejam.

Peta jalur menuju Pulau Gili Labak

Untuk mencapai pulau Gili Labak, dibutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan laut dari pelabuhan Kalianget di Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep. Letak Kecamatan Kalianget sendiri persis di sebelah barat pulau Talango dengan laut pemisah berjarak hanya 500 meter.

Di pulau Gili Labak, anda dapat beraktivitas Snorkeling atau Diving (https://wisatapriangan.co.id)

Gili labak dikenal memiliki biota laut yang beragam, Selain itu pulaunya dikelilingi oleh pasir putih bersih. Pengunjung akan disambut oleh taburan pasir putih, air laut yang jernih, serta parairan pinggir pantai yang tenang. Warga asli Gili Labak ramah terhadap wisatawan namun perlu diperhatikan pula bahwa kebanyakan dari mereka hanya bisa berbahasa Madura.

11. Pantai Sembilan Pulau Gili Genting di Madura

Pantai Sembilan Pulau Gili Genting (https://www.idntimes.com)

Pantai yang terkenal di Gili Genting ini adalah Pantai Sembilan. Sesuai namanya, pantai ini bentuknya mirip angka sembilan dengan laguna air di tengahnya. Maka itu destinasi wisata yang berada di pesisir Gili Genting ini memiliki daya tarik yang kuat. Sebelum ke Gili Labak, wisatawan biasanya mampir ke Gili Genting lebih dahulu. Gili Genting sendiri terletak di Kecamatan Gili Genting, Sumenep, Madura.

Pantai Sembilan Pulau Gili Genting (https://travelingyuk.com)

Dengan air yang biru juga hembusan angin sepoi-sepoi, menjadikan tempat ini sebagai jawaban paling tepat untuk melepas penat. Pun panoramanya yang memanjakan mata. Begitu pula dengan wilayah airnya, kamu dapat bebas berenang tanpa takut menginjak atau merusak terumbu karang. Karena perairan pantai Sembilan di dominasi oleh pasir.

Demikian pantai eksotis di Jawa Timur yang bisa anda kunjungi di akhir pekan besok. Tentunya masih banyak sekali tempat wisata pantai di Jawa Timur yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Dan, selamat menikmati akhir pekan anda!!

Sumber: inspirasijatim

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.