Tempat Pentas Seni Budaya di Kota Depok Jawa Barat

Adegan pementasan seni Topeng Kinang

Depok termasuk kedalam wilayah atau provinsi Jawa Barat, tapi bahasa yang digunakan di daerah Depok adalah bahasa betawi karena kebanyakan orang depok adalah orang pindahan atau migrasi dari Jakarta. Suku Betawi itu sendiri berasal dari hasil perkawinan antaretnis dan bangsa dimasa lalu.

Orang Betawi sangat menghormati budaya yang mereka warisi. Terbukti dari perilaku kebanyakan warga yang mesih memainkan lakon atau kebudayaan yang diwariskan dari masa ke masa seperti lenong, ondel-ondel, gambang kromong, dan lain-lain.

Sanggar Seni Gong Si Bolong

Salah seorang penerus penjaga Gong Si Bolong, Buang Jayadi

Jalan Tanah Baru, Gang Empang III no. 9, RT/RW: 01/07, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Gong Si Bolong merupakan kesenian gamelan yang muncul di antara sebagian orang di pinggiran Depok, yaitu di kalangan warga Tanah Baru, Depok.  Kesenian Gong si bolong juga merupakan paduan antara seni musik dan tari Tayub, yakni sebuah tarian yang menceritakan suasana panen dengan gerakan bernuansa silat.

Komposisi alat musik yang mempermegah Gong Si Bolong adalah Gong, Gendang, Bende, Rebab, Terompet, Keromong, serta Saron.  Para pemainnya berjumlah 12 anggota yang masing-masingnya memainkan alat-alat musik tersebut. Namun sekarang, kesenian Gong si Bolong sudah mulai kurang diminati oleh masyarakat Kota Depok.

Topeng Kinang Putra Cisalak

Adegan pementasan seni Topeng Kinang berjudul “Kena Batunya” dari Sanggar Kinang Putra Cisalak kota Depok yang diselenggarakan Balai Pengelolaan Taman Budaya Jabar di Gedung Kesenian Rumentang Siang Bandung (https://www.antarafoto.com)

Topeng Kinang Putra Cisalak merupakan kesenian khas Depok. Sanggar kesenian topeng yang beralamat di Jl. Gadog Raya, Gg Melati No 51 RT 03/07, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, didirikan oleh Bapak Djiun (Alm) dan Ibu Kinang (Alm) pada tahun 1918. Keduanya mempunyai tekad yang sama yaitu melestarikan seni budaya Betawi.

“Total keseluruhan anak-anak yang kita kader, untuk  musiknya ada 12 anak, sedangkan untuk tari 30 orang anak. Kita akan tetap eksis sesuai dengan amanah para orang tua yang telah mendahului kita yang meminta agar kesenian ini tetap tetap eksis”, kata Makmun Hanafi, sekretaris pengurus Topeng Kinang Cisalak.

Taman Merdeka Fun Area

Taman Merdeka (http://tribunnews.com)

Taman Merdeka namanya, berada dan diapit oleh di Jalan Merdeka Raya, Kecamatan Sukmajaya, Depok II Tengah, Kota Depok, tempat untuk pentas seni budaya kota Depok, para pelajar  dari tingkat SD sampai tingkat SMA.

Balai Rakyat Depok 1

Gedung Balai Rakyat Depok 1, terletak di Jl. Bangau Raya, Depok Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16432

Balai Rakyat Depok 2

Gedung Balai Rakyat Depok II, terletak di Jl. Merdeka, Sukmajaya, Mekar Jaya, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411.

Ayodya Pala – Indonesia Art Center

Sanggar Tari Ayodya Pala saat tampil dalam pagelaran Karya Misi Budaya Selaras Nusantara di Aula Lantai 10 Balaikota Depok (https://www.depok.go.id)

Ayodya Pala berpusat di Ruko Mall Depok Blok A No. 9 Jl. Margonda Raya Kav 88 Kota Depok Jawa Barat 16423, Website: https://ayodyapala.com/

Ayodya Pala merupakan suatu lembaga yang berdiri sejak 24 April 1980, sangat konsisten dalam melestarikan seni budaya tradisional Indonesia.

Sangggar Betawi Ngumpul

Gelar Budaya Depok

Jl. Raya Tanah Baru No. 74, Beji, Kota Depok. Pemilik Sanggar Kesenian Betawi Ngoempoel H Ir Nuroji, dengan menampilkan beberapa kesenian dari sanggar Betawi yang berada di Kota Depok, Nuroji berharap kedepannya kesenian tradisional dapat tumbuh-kembang di antara gelombang budaya dari luar.

Rumah Seni Asnur

Rumah Seni Asnur (https://www.depok.go.id)

Rumah Seni Ansur terletak di komplek Perumahan Kavling UI, Jalan Cahaya Titis, RW 002 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Depok.

Asrizal mendirikan Rumah Seni Asnur, bermula dari kerinduan adanya gedung kesenian di Kota Depok. Menurut dia, berdirinya rumah seni harus bersifat presentatif sehingga bisa digunakan berkumpulnya para seniman di Kota Depok.

Asrizal mengharap sebagai jadi tempat kegiatan seni dan budaya di Kota Depok akan kembali bergairah, terus bergerak, dan bermanfaat bagi pelaku seni di Kota Depok, Jawa Barat hingga Indonesia dalam memperkuat jati diri dan karakter anak bangsa Indonesia.

House of Dreams Kota Depok

Kegiatan anak-anak di House of Dreams Kota Depok (https://kadosahabat2013.blogspot.com)

Kp Lio, di belakang stasiun depok baru, yang deket jalan baru yg menghubungkan Stasiun Depok baru dengan Jl. Dewi Sartika itu

Kami mengajak semua relawan yang mempunyai talenta bisa melatih drama, menari dan membuat puisi untuk bisa bekerja sama dengan kami, Pertunjukan ini bermaksud untuk membangkitkan kepercayaan diri dari adik adik yang kami bina, juga mengasah talenta mereka sekalian memberikan mereka pengetahuan tentang alam dan budaya Bangsa Indonesia.

 

One thought on “Tempat Pentas Seni Budaya di Kota Depok Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.