Tarian Tradisional Jember Jawa Timur

Tari Petik Kopi

Jember juga dikenal sebagai kota Tembakau karena kota ini merupakan salah satu penghasil tembakau terbesar di Indonesia sejak masa kolonial Belanda. Tembakau Jember diekspor ke sejumlah pasar internasional. Cerutu Jember konon merupakan yang terbaik kedua di dunai setelah Kuba. Meski Jember tidak memiliki budaya asli, akan tetapi justru budaya kombinasi antara budaya Madura dan Jawa ini akan menjadikan Jember memiliki keunikan tersendiri.

Tari Lahbako

Tari Lahbako (http://www.negerikuindonesia.com)

Merupakan tarian tradisional yang menggambarkan kehidupan para petani tembakau di Jember, Jawa Timur. Tarian ini dipentaskan oleh beberapa penari perempuan dengan gerakan yang menggambarkan aktivitas para petani di ladang atau kebun tembakau, menjadi salah satu icon kota Jember.

Sejarah

Tari Lahbako ini diciptakan pada tahun 1980-an yang diprakarsai oleh Bupati Jember pada saat itu. Tarian ini terinspirasi dari keseharian masyarakat Jember yang sebagian besar merupakan petani tembakau. Daerah Jember sendiri merupakan salah satu daerah penghasil tembakau terbaik dan terbesar di Indonesia. Selain itu juga merupakan bentuk penghargaan terhadap peran perempuan Jember terhadap industri tembakau di sana. Karena sebagian besar pengerjaan pada produksi tembakau dilakukan oleh perempuan.

Tari Petik Kopi

Tari Petik Kopi (https://lokalkarya.com)

Gerakan-gerakan yang ada dalam tari petik kopi menggambarkan aktivitas masyarakat saat memetik kopi. Tari tradisional ini merupakan perpaduan unsur gerak tari Jawa Timuran. Tari ini juga menggambarkan keanekaragaman  etnis yang ada dalam masyarakat Jember.

Tari Petik Kopi (https://rasakopi.com)

Sang Koreografer dari tari petik kopi ini adalah Soeparmin Ras, lahir di Jawa Timur. Beliau sempat mengenyam pendidikan tari di STKW Surabaya selama dua tahun. Pernah juga belajar tari di Padepokan Lemah Putih bersama Suprapto Suryodarmo di Surakarta. Sejak tahun 1970 sudah terlibat dalam grup Chandra Wilwatikta, yang setiap bulan berpentas di Taman Candra Wilwatikta.

 

One thought on “Tarian Tradisional Jember Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.