Menemukan Batik di Dalam Air

Ikan bermotif Batik

Setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional sebagai bagian dari kebanggaan bangsa. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Batik Nasional karena sesuai dengan penetapan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada 2 Oktober tahun 2009 lalu.1. Sea World Ancol akan ikut memeriahkan Hari Batik Nasional

Indonesia memiliki banyak sekali motif batik. Motif Solo, Yogyakarta, dan Cirebon merupakan beberapa motif yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Namun ternyata Jakarta juga memiliki Batik unik khas betawi, yang salah satunya disebut Batik Terogong. Motif dan warna batik betawi ini sangat unik dan kental akan budaya betawi, seperti ondel-ondel, tanjidor, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Sea World Ancol akan ikut memeriahkan hari batik dengan mengadakan event spesial yang memperkenalkan Batik Terogong. Bukan hanya edukasi tentang batik khas betawi saja, Sea World Ancol juga ikut mendukung UMKM yang kreatif dan memberdayakan masyarakat sekitar seperti pengrajin batik terogong. Para pengrajin ini akan menunjukkan kemampuannya sekaligus mengajak para pengunjung untuk ikut coba membuat motif Batik Terogong. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2018.

Baca juga: Penetapan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional

2. Sea World Ancol memiliki koleksi ikan bermotif batik

Ikan bermotif Batik

Bukan Sea World Ancol namanya jika tidak mampu menghadirkan sesuatu yang unik. Di Sea World Ancol kita dapat menemukan batik di dalam air dari ikan-ikan yang memiliki pola tubuh seperti batik. Beberapa biota yang Sea World Ancol hadirkan di bulan Oktober ini memiliki pola batik atau nama batik, seperti ikan Batik Oscar yang dapat ditemukan di akuarium aquascape Iwagumi. Lalu kenalan juga dengan indahnya corak tubuh ikan Discus yang menyerupai pola batik mega mendung di akuarium aquascape Biotope. Ada juga ikan Mandarin yang tampil unik dan menggemaskan dengan pola garis biru oranye terang seperti batik pesisir yang beraneka warna.

Baca juga: Motif Batik Indonesia

3. Anak-anak pasti akan menyukai wahana baru di Sea World Ancol

Ikan bermotif Batik

Anak-anak juga dijamin tidak akan bosan, karena mereka juga dapat membatik dalam akuarium khusus di wahana baru Sea World Ancol, yaitu “Magic Aquarium”. Di wahana ini ikan-ikan dengan berbagai pola batik dapat diwarnai sesuai dengan imajinasi anak-anak. Mereka juga bisa berenang di dalam Magic Aquarium yang pastinya seru dan menyenangkan.

4. Sea World Ancol sedang mengadakan promo Kids Free Ticket

Ikan bermotif Batik mirip Mega Mendung

Tidak perlu khawatir mengenai tiket masuk. Di bulan Oktober ini Sea World Ancol menyelenggarakan program Kids Free Ticket. Jadi, setiap pengunjung yang membeli 2 tiket akan mendapatkan 1 tiket gratis untuk anak-anak berusia 0 – 12 tahun. Hemat dan seru bukan?

5. Tersedia pula tiket dengan harga khusus

Satu lagi yang istimewa. Jika datang sebelum pukul 10 pagi, pengunjung akan memperoleh program Early Bird dimana cukup membeli tiket masuk sebesar Rp65.000 saja. Jadi, tunggu apa lagi? Mari berwisata sambil belajar di Sea World Ancol!

Sumber: idntimes

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.