10 Peralatan Wajib Anda Bawa Saat Touring Motor

Tool Kit

Kegiatan touring motor tentu saja menjadi sebuah kegiatan yang  terasa menyenangkan. Ditambah lagi jika rute perjalanan yang ditempuh melewati beragam medan jalanan dengan panorama alam nan indah. Pastinya perjalanan touring motor Anda akan semakin menyenangkan!

Namun apalah arti perjalanan yang menyenangkan, apabila Anda justru menemui kesulitan akibat kurangnya persiapan saat ingin melakukan touring motor. Karena itulah, apa sudah menyiapkan 10 peralatan yang wajib Anda bawa saat touring motor?.

1. Jaket Anti Hujan

Jaket menjadi salah satu pakaian yang paling penting untuk dibawa saat touring motor. Sebab Anda akan menghabiskan banyak waktu di jalanan dengan kondisi dan cuaca yang tak tentu. Dengan penggunaan Jaket Anti Hujan, Anda pun bisa terhindar dari rasa kedinginan dan pakaian Anda terhindar dari basah karena hujan.

2. Pakaian Ganti dan Alas Kaki Nyaman

Selain jaket, pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman juga wajib Anda bawa. Sebab Anda akan melakukan perjalanan jauh, dan bisa saja memakan waktu lebih dari 1 hari. Karena itulah, membawa pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman menjadi penting.

Untuk alas kaki, sesuaikan dengan tema dan atau rute touring motor yang Anda akan tempuh. Sedangkan untuk pakaian ganti, penggunaan kaus lengan pendek atau t-shirt juga bisa jadi pilihan Anda sebagai pakaian ganti selama touring motor.

3. Obat-obatan dan Kotak P3K

Ketersediaan obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan touring motor wajib adanya. Bukan hanya sebagai pertolongan pertama di kala terjadi kecelakaan, ketersediaan obat-obatan penting dan kotak P3K juga berguna jika Anda mengalami gejala tidak enak badan saat berpergian.

4. Uang Tunai

Bagi sebagian orang, membawa uang tunai mungkin terlihat beresiko. Padahal, hal ini sebenarnya diperlukan saat Anda melewati rute touring motor yang daerahnya tak memiliki ATM atau bank sekalipun. Hanya saja, selalu pisahkan uang Anda di beberapa tempat tertentu di luar dompet Anda, sekedar untuk berjaga-jaga dari kemungkinan Anda mengalami pemerasan atau dompet Anda hilang saat berkendara.

5. Tool Kit

Untuk mempermudah Anda selama perjalanan touring motor, motor Anda wajib disediakan dengan tool kit. Setidaknya untuk kerusakan minor seperti baut-baut motor yang terasa longgar, atau mengganti beberapa part minor di motor, Anda masih bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan mekanik di bengkel motor.

6. Flat Tire Repair Kit

Perangkat ini mungkin bagi sebagian pengguna motor saat berpergian touring tak begitu penting. Tapi, jika motor Anda mengalami kebocoran ban saat touring, maka perangkat ini sangat berguna. Dilengkapi dengan pompa/tabung gas, obeng, serta lem dan karet untuk tambal ban, kini menambal ban motor Anda bisa dilakukan dengan cepat dan seorang diri.

7. Pisau Lipat

Melengkapi tool kit, pisau lipat multifungsi pun menjadi salah satu peralatan yang wajib Anda bawa saat touring. Kegunaan pisau lipat ini bukan hanya untuk kebutuhan motor saja, tapi juga bisa berguna untuk Anda. Setidaknya, pastikan pisau lipat yang Anda gunakan memiliki banyak pilihan pisau, sekaligus dalam kondisi masih tajam.

8. Senter dan Pemantik Api

Penggunaan senter dan pemantik api cukup berguna di kala perjalanan touring motor Anda sudah memasuki waktu malam hari. Jika senter berfungsi sumber cahaya di kala malam hari, penggunaan pemantik api juga mampu menjadi penyelamat di kala Anda harus menyalakan api untuk memasak atau sekedar api unggun.

9. GPS atau Peta fisik

Kemajuan teknologi membuat teknologi navigasi Global Positioning System (GPS) menjadi mudah digunakan, bahkan di kala Anda sedang melakukan touring motor sekalipun. Hanya saja, penggunaan GPS seringkali terhalang oleh sinyal di Indonesia yang tak terlalu baik, sehingga peta fisik masih menjadi andalan utama saat berkendara touring motor. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika GPS dan atau peta fisik ini selalu tersedia saat Anda ingin melakukan touring motor.

10. Power Bank

Untuk Anda yang memiliki smartphone dengan konsumsi daya boros, tersedianya power bank sangatlah berguna di kala touring motor. Dengan kapasitas daya yang besar, power bank siap menjamin smartphone Anda selalu memiliki daya yang cukup untuk Anda gunakan di kala perjalanan. Pastinya, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi saat mengikuti touring motor.

Sumber: carmudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.