Tempat Surfing Terbaik di Indonesia

Berselancar di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau (https://gpswisataindonesia.info)

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau memiliki kekayaan alam yang sangat beragam. Juga merupakan negara memiliki beragam lautan yang banyak spot untuk surfing dan juga sungai yang dapat untuk surfing.

Sahabat GWI Indonesia Banget, mencoba mengumpulkan spot Surfing yang ada di Indonesia.

Provinsi Nanggoe Aceh Darussalam (NAD)

Ombak di pantai Lhoknga ((https://travels-indonesia.com))

Di provinsi NAD ini diketemukan banyak tempat surfing yang mendunia yaitu:

  1. Kabupaten Aceh Besar. Pantai Kuala Cut dan Pantai Lhoknga, terdapat enam titik meliputi, Left Hander Point, Cemara Right Point, Peak Point, Point Suri, Out Side Right Hander dan Suri Point.

Peta Kabupaten Aceh Besar (https://abdurrahman-ahmad.blogspot.com)

2. Kepulauan Simeulue terdapat delapan titik yang strategis untuk berselancar yakni pantai Nancala, pantai Matanurung, pantai Busung, pantai Alus-alus, Pantai Salur, Pantai La’ayon, Pulau Batu Berlayar, Pulau Mincau, dan Pulau Teupah.

Peta Kabupaten Simeulue (https://acehnews.net)

3. Kepulauan Banyak terdapat 12 titik ombak untuk selancar yang cukup panjang dan mencapai ketinggian 6 meter yang tersebar di pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Titik selancar yang paling banyak dikunjungi oleh peselancar adalah pantai Amandangan dan pantai Pelanggaran di pulau Bangkaru.

Kepulauan Banyak, Singkil (https://tmnoumi.blogspot.com)

Pantai Sorake dan Pantai Lagundri Nias Selatan, Sumatera Utara

Pantai Sorake dan pantai Lagundri terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Jarak pulau Nias sendiri sekitar 125 kilometer dari Pulau Sumatera Utara. Letaknya memang sedikit terpencil, namun karena itulah yang membuat pantai ini masih asri dan menjadi favorit para wisatawan khususnya para peselancar. Jarak antara Pantai Lagundri dan Pantai Sorake hanya 2 km, berlokasi sekira 12 km dari Telukdalam, ibu kota Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Bono Muara Sungai Kampar, Riau

Bono adalah gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Pulau Sipora merupakan pulau kecil yang sangat stategis dari ke 4 pulau besar yang ada di Mentawai, Sumatera Barat. Posisi pulau Sipora sendiri tepat berada di tengah-tengah antara kepulauan Pagai dan pulau Siberut. Di pulau ini pula terletak ibu kota kabupaten Kepulauan Mentawai, yakni Tua Pejat. Pulau ini menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun manca negara, karena di sekitar pulau ini terdapat beberapa tempat wisata berselancar yang sangat memukau. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pulau Sipora untuk berselancar adalah pada bulan april hingga oktober setiap tahunnya. Walaupun demikian, pengunjung masih dapat menikmati gulungan ombak yang menantang di pulau ini hampir sepanjang tahun.

Pantai Tanjung Setia Lampung Barat, Lampung

Pantai Tanjung Setia ini sudah dikenal oleh turis mancanegara namun belum oleh masyarakat lokal. Pantai ini menjadi salah satu tempat favorit dan terbaik di dunia untuk olahraga air. Ombak di pantai ini termasuk salah satu ombak tertinggi di dunia karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak di pantai ini bisa mencapai tinggi 6-7 meter dengan panjang 200 meter.

Provinsi Banten

Provinsi Jawa Barat

Pantai Watu Karung, Pacitan, Jawa Timur

Kota Pacitan memang kota yang memiliki gugusan pantai selatan yang begitu indah selain di Yogyakarta. Keindahan pantai-pantai yang terdapat di balik pegunungan seperti Pantai Klayar, Pantai teleng Ria yang sudah terkenal di Pacitan ternyata masih mempunyai keesotikan pantai yang lain dan berbeda dengan pantai lainnya. Pantai Watu Karung yang kelebihannya adalah sebagai tujuan tempat olahraga surfing di Pulau Jawa dan juara dunia surfingpun pernah merasakannya disini.

Pantai Plengkung (G-Land), TN Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur

Pantai yang juga dikenal di kalangan surfer sebagai G-Land ini memiliki ombak dengan ketinggian 6 hingga 8 meter sepanjang 2 kilometer. Ombak di Pantai Plengkung juga mempunyai 7 gulungan dengan interval sekitar 5 menit akibat tekanan air laut dari Kutub Selatan. Salah satu bukti ketenarannya adalah di pantai ini pernah diselenggarakan lomba surfing tingkat internasional atau yang dikenal dengan “Banyuwangi G-Land International Team Challenge”. Lomba ini diikuti oleh 12 tim peselancar dari delapan negara, yaitu Australia, Prancis, Amerika, Inggris, Selandia Baru, dan Indonesia.

Provinsi Bali

Provinsi NTT

Provinsi Papua

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.