Tempat Surfing Terbaik di Indonesia

Bono berselancar di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau (https://gpswisataindonesia.info)

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau memiliki kekayaan alam yang sangat beragam. Juga merupakan negara memiliki beragam lautan yang banyak spot untuk surfing dan juga sungai yang dapat untuk surfing. Indonesia begitu disukai oleh peselancar asing atau dunia karena memiliki banyak ragam ombak. Mau jenis ombak apa saja, ada di Indonesia.

Sahabat GWI Indonesia Banget, mencoba mengumpulkan spot Surfing yang ada di Indonesia.

Provinsi Aceh

Ombak di pantai Lhoknga ((https://travels-indonesia.com))

Samudera Hindia dan Selat Malaka mengapit Provinsi Aceh. Posisi geografis ini menciptakan pantai-pantai cantik di daerah paling ujung barat Indonesia.

Indonesia dinilai tepat bila dijadikan destinasi utama para surfer mancanegara, karena Indonesia memiliki ombak yang konsisten dari Aceh hingga Papua. Bahkan di Sumbawa Barat sendiri, ombaknya sudah terkenal sejak tahun 90-an oleh wisatawan mancanegara.

Spot Surfing di Aceh

Peta Wisata Kabupaten Simuelue (https://pijarkecillibrary.wordpress.com)

Provinsi Sumatera Utara

Di provinsi Sumatera Utara spot Surfing ada di Pulau Nias, terkenal dengan ombak kelas dunia, dan peselancar masih menjadi segmen terbesar pengunjung ke Nias. Kisah tentang bagaimana gelombang di Teluk Lagundri ditemukan oleh tiga orang Australia pada tahun 1975 telah menjadi legenda dan telah menginspirasi para peselancar petualang di seluruh dunia.

Spot Surfing di Pulau Nias, Sumatera Utara

Provinsi Riau

Bono adalah gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

Bono Muara Sungai Kampar, Riau

Spot Surfing Bono

Provinsi Sumatera Barat

Pulau Sipora merupakan pulau kecil yang sangat stategis dari ke 4 pulau besar yang ada di Mentawai, Sumatera Barat. Posisi pulau Sipora sendiri tepat berada di tengah-tengah antara kepulauan Pagai dan pulau Siberut. Di pulau ini pula terletak ibu kota kabupaten Kepulauan Mentawai, yakni Tua Pejat. Pulau ini menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun manca negara, karena di sekitar pulau ini terdapat beberapa tempat wisata berselancar yang sangat memukau. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pulau Sipora untuk berselancar adalah pada bulan april hingga oktober setiap tahunnya. Walaupun demikian, pengunjung masih dapat menikmati gulungan ombak yang menantang di pulau ini hampir sepanjang tahun.

Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Spot Surfing di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (https://www.centroone.co.id)

Spot Surfing di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (https://wannasurf.com)

Provinsi Lampung

Pantai Tanjung Setia Lampung Barat, Lampung

Spot Surfing di Lampung

Pantai Tanjung Setia ini sudah dikenal oleh turis mancanegara namun belum banyak dikenal oleh masyarakat lokal. Pantai ini menjadi salah satu tempat favorit dan terbaik di dunia untuk olahraga air. Ombak di pantai ini termasuk salah satu ombak tertinggi di dunia karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak di pantai ini bisa mencapai tinggi 6-7 meter dengan panjang 200 meter.

Provinsi Banten

Banten banyak memiliki spot atau titik selancar yang mendukung untuk latihan. Spot tersebut tersebar dari Pantai Sawarna, Bagedur, Muara Binuangeun, Pulau Tinjil, Pulau Deli, Ujung Kulon, Pulau Panaitan, Tanjung Lesung, Pantai Carita, Pantai Pasauran, Pantai Jambu, Pantai Bandulu Anyer dan Pulau Sangiang.

Spot Surfing di Banten

Provinsi Jawa Barat

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Provinsi Jawa Timur

Pantai Watu Karung, Pacitan, Jawa Timur

Kota Pacitan memang kota yang memiliki gugusan pantai selatan yang begitu indah selain di Yogyakarta. Keindahan pantai-pantai yang terdapat di balik pegunungan seperti Pantai Klayar, Pantai teleng Ria yang sudah terkenal di Pacitan ternyata masih mempunyai keesotikan pantai yang lain dan berbeda dengan pantai lainnya. Pantai Watu Karung yang kelebihannya adalah sebagai tujuan tempat olahraga surfing di Pulau Jawa dan juara dunia surfingpun pernah merasakannya disini.

Pantai Plengkung (G-Land), TN Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur

Pantai yang juga dikenal di kalangan surfer sebagai G-Land ini memiliki ombak dengan ketinggian 6 hingga 8 meter sepanjang 2 kilometer. Ombak di Pantai Plengkung juga mempunyai 7 gulungan dengan interval sekitar 5 menit akibat tekanan air laut dari Kutub Selatan. Salah satu bukti ketenarannya adalah di pantai ini pernah diselenggarakan lomba surfing tingkat internasional atau yang dikenal dengan “Banyuwangi G-Land International Team Challenge”. Lomba ini diikuti oleh 12 tim peselancar dari delapan negara, yaitu Australia, Prancis, Amerika, Inggris, Selandia Baru, dan Indonesia.

Provinsi Bali

Provinsi NTT

Provinsi Papua

admin

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Ombak Pantai Matanurung Memikat Peselancar Asing

Tue Sep 11 , 2018
Para pemenang kategori surfing wanita, Aceh Internasional Surfing Championship (AISC) – Simeulue Pro 2018,  diraih oleh peselencara asal Australia Vittoria Farmer sebagia juara pertama, juara dua oleh Kalani Jhonson, juara tiga Cinta Hansel dan juara empat oleh Tania Isquerdo. Ketiganya berasal dari Bali, Indonesia.(http://disbudpar.acehprov.go.id) Pantai Matanurung terletak di Kecamatan Teupah […]

Terjemahan

Disewakan Kamar H-1216, Apartemen Mares 2, Depok, Jawa Barat

Wisma “Putranto” Kos dekat Sekip UGM Yogyakarta

Hipertensi “The Silent Killer”

Kalung Etnik Kalimantan Selatan

Imunitas anak & Essenzo Cinnamon Bark Essential Oil