Taman Wisata Mangrove Sukadana Kayong Utara Kalimantan Barat

Taman Mangrove Sukadana (https://www.indo-kaya.com)

Taman Mangrove Sukadana terletak di Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

Area mangrove di Pulau Kalimantan seluas 978.200 Ha. Kalimantan Barat dengan hutan mangrove seluas 342.600 Ha. Salah satu kawasan yang memiliki peranan ekologis sangat tinggi adalah kawasan hutan mangrove yang ada di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Luasan Hutan Mangrove di kecamatan Sukadana adalah 17.780 Ha yang merupakan salah satu lokasi berdekatan dengan kawasan persawahan yang menjadi pencaharian penduduk setempat (Badan Pusat Statistik Kabupaten Kayong Utara, 2016).

Flora

Taman Mangrove Sukadana (https://www.indo-kaya.com)

Komunitas jenis tumbuhan di Hutan Mangrove Kecamatan Sukadana ditemukan sebanyak 7 jenis yang terdiri dari 5 famili. Vegetasi tumbuhan yang dominan ditemukan yaitu jenis semai, pancang dan pohon yaitu Avicennia alba, Bruguiera gymnorrhiza, Rhizophora apiculata, Ceriops decandra dan Xylocarpus granatum namun ditemukan dua jenis hanya pada fase semai yaitu Acrostichum speciosum dan Acanthus ilicifolius. Setywan et al. (2004) dan Aditya et al. (2010), menjelaskan bahwa dominannya jenis tumbuhan yang dijumpai pada pesisir mangrove pada kawasan Rhizophora yaitu dari jenis tumbuhan Avicennia, Sonneratia, Rhizophora, Bruguiera, Ceriops, Lumnitzera, Excoecaria, Xylocarpus, Aegiceras, Scyphyphora dan Nypa dikarenakan toleran terhadap air asin di sepanjang pantai, muara sungai, teluk dangkal, delta, tanjung dan selat yang berada dalam jangkauan pasang surut.

Sedangkan di Taman Mangrove Sukadana, Desa Sutera vegetasi jenis pohon Rhizophora sp. dan Xylocarpus sp. mendominasi, sedangkan bagian tengah dan saling bercampur vegetai pancang atau tegakan Rhizophora sp., Ceriops decandra dan Brugueira sp.

Fauna

Ikan Glodok (https://hejogeulis.wordpress.com)

Fauna yang ada di Taman Mangrove Sukadana berupa, Kera, Burung. Biawak dan lain sebagainya.

Menikmati keindahan Taman Wisata Mangrove Sukadana bisa dengan menyusuri jembatan panjang yang membelah hutan bakau, jembatan ini terbuat dari papan kayu belian yang didesain sedemikian rupa dengan hiasan kiri kananya tanaman bakau yang nampak indah, yang bisa anda jadikan tempat untuk berfoto bersama keluarga maupun sahabat saat berada di Taman wisata tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.