Pantai Nancala Spot Surfing di Kepulauan Simeulue NAD

Pantai Nancala, Kabupaten Simeulue, NAD (https://www.tempat.me)

Kepulauan Simeulue atau Simalur merupakan pulau besar yang berada di barat Sumatera. Berada kurang lebih 150 km dari lepas pantai barat Aceh, juga merupakan pulau pemerintahan Kabupaten Simeulue di tengah Samudra Hindia, dengan gugusan kepulauan yang terdiri dari 41 pulau besar dan kecil.

Pantai Nancala terletak pada Desa Nancala, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk berkunjung ke pantai ini, para travelers harus menempuh jarak sekitar 27 kilometer dari Kota Sinabang. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum seperti becak motor, atau juga menyewa mobil untuk menuju ke pantai ini.

Pantai Nancala, Kabupaten Simeulue, NAD (https://www.indosurfingrepublic.com)

Pantai Nancala menawarkan keindahan pantai lengkap dengan pasir putih dan hamparan karang hitam. Tak hanya itu, gulungan ombak menantang juga menjadi daya tarik bagi para peselancar dunia.

Pada tahun 2015 lalu, Pantai Nancala menggelar event perlombaan selancar internasional bertajuk Aceh Internasional Surfing Championship. Perlombaan ini diikuti oleh puluhan peselancar dunia dari dalam dan luar negeri. Beberapa negara seperti Jerman, Australia, Prancis, Kanada dan juga peselancar lokal turut ambil bagian pada perlombaan yang akhirnya dimenangkan oleh peselancar asal Bandung bernama Dede Suryana.

Pantai Nancala, Kabupaten Simeulue, NAD (https://www.safariku.com)

Ombak dengan ketinggian 5 meter, laut bersih, dan langit cerah menjadi idaman banyak peselancar. Apalagi, Simeulue belum banyak dikunjungi orang sehingga membuat peselancar leluasa menyalurkan hobinya. Ombak laut di Kabupaten Simeulue sangat bagus untuk surfing dan olahraga jet ski, karena memiliki ombak besar hampir sama dengan Laut Papua, Lombok, Maluku, Sulawesi, Bali, dan Sumbawa.

Spot Surfing

Bagi peselancar, setidaknya terdapat delapan titik yang strategis untuk berselancar yakni pantai Nancala, pantai Matanurung Busung, pantai Alus-alus, Pantai Salur, Pantai La’ayon, Pulau Batu Berlayar, Pulau Mincau, dan Pulau Teupah.

Waktu Terbaik

Ombak yang bagus, bergulung panjang (long tube barrels) untuk berselancar dari bulan Agustus hingga Desember setiap tahunnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.