Ombak Pantai Matanurung Memikat Peselancar Asing

Para pemenang kategori surfing wanita, Aceh Internasional Surfing Championship (AISC) – Simeulue Pro 2018,  diraih oleh peselencara asal Australia Vittoria Farmer sebagia juara pertama, juara dua oleh Kalani Jhonson, juara tiga Cinta Hansel dan juara empat oleh Tania Isquerdo. Ketiganya berasal dari Bali, Indonesia.(http://disbudpar.acehprov.go.id)

Pantai Matanurung terletak di Kecamatan Teupah Tengah, Kabupaten Simeulue, Naggroe Aceh Darussalam, menyimpan pesona wisata bahari yang mengagumkan. Dikenal bukan hanya dari hasil lautnya berupa lobster, tempat ini menjadi idaman peselancar dunia.

Pantai Matanurung menjadi salah satu tempat wisata di Aceh karena karakter ombak lautnya yang berbatasan langsung dengan samudera lepas, hingga menghasilkan ombak bisa mencapai 5 meter yang bergulung panjang (Long Tube Barrels), yang sangat dicari para peselancar dunia.

Para pemenang kategori surfing pria, Aceh Internasional Surfing Championship (AISC) – Simeulue Pro 2018, Liam O’Brien asal Autralia, juara dua Elliot Paerata-Reid dari Selandia Baru dan juara tiga dan empat Ketut Agus dan Dede Suryana peselancar asal Bali, Indonesia (http://disbudpar.acehprov.go.id)

Bagi pengunjung yang tidak bisa berselancar jangan bersedih, karena Anda bisa menikmati keindahan laut dengan snorkling. Selain ombak dan keindahan laut, para peselancar dan pengunjung lainnya akan dimanjakan dengan panorama alam yang luar biasa di Pulau Simeulue. Lokasi yang menjadi andalan antara lain Pulau Si Umat, Teupah Barat, dan Simeulue Timur.

Transportasi

Untuk mencapai Simeulue, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dari Jakarta ke Medan sekitar 2 jam. Kemudian berlanjut terbang menggunakan penerbangan perintis menggunakan pesawat jenis Cessna atau Foker bertiket Rp 500.000 sampai Rp 750.000. Waktu tempuh Medan – Simeulue saat cuaca cerah adalah 1 jam dan 10 menit.

Rio Waida peselancar muda asal Nias melakukan antraksi pada perlombaan Aceh Internasional Surfing ChampionShip (https://www.acehbisnis.co)

Sedangkan melalui jalur darat dan laut dari Kota Banda Aceh, pengunjung bisa melewati darat terlebih dulu ke Meulaboh dengan jarak tempuh empat jam. Lalu, naik kapal Feri dari Meulaboh ke Simeulue sekitar 12 jam. Alternatif lain, dari Aceh Selatan dengan jarak tempuh delapan jam ke Simeulue.

Akomodasi

Baneng Island Resort, salah satu resort terbaik di Simeulue yaitu Baneng Island Resort yang berlokasi di Pantai Busung, Jalan Matanurung, Dusun Telaga Indah, Desa Busung, Kec. Tepah Tengah. Posisi resort ini cukup strategis bagi Anda yang suka panorama alam dan ketenangan.

Fasilitas Resort ini memiliki fasilitas berupa cottage kayu dengan dua ranjang per kamar dan juga kamar yang  dikhususkan bagi backpacker. Harga bisa nego tergantung paket yang Anda pilih. Ada paket yang  enyediakan transportasi dari dan ke bandara, boat untuk ke pulau, mobil, maupun sepeda motor. Ia dapat dihubungi via laman www.simeulue.com atau CP : +62 813 6082 5014 / +62 813 7723 1555

Waktu Terbaik

Untuk mendapat ombak yang bagus untuk berselancar dari bulan Agustus hingga Desember.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.